NABI ISA A.S

934 66 0
                                    

Nabi Isa AS merupakan salah satu dari 5 Nabi Ulul Azmi . Salah satu mukjizat nabi Isa yaitu, lahir tanpa adanya seorang ayah. Dalam Al-Qur’an, ia disebut Isa bin Maryam atau Isa al-Masih. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 29 M dan ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil di Palestina

Ibu Nabi Isa bernama Maryam dan nabi Isa tidak mempunyai ayah, beliau dilahirkan atas kehendak dan kuasa Allah SWT. dengan tanpa ayah. Beliau lahir pada tahun 622 sebelum tahun hijrah. Kelahiran beliau tanpa ayah ini, merupakan ujian bagi manusia, apakah manusia tidak percaya atas kekuasaan Allah?
Maryam putri Imron bin Matsan, putri yang sholehah. Beliau itu masih gadis remaja. Pada suatu hari datanglah Malaikat Jibril memberi kabar kepadanya, bahwa ia akan memperoleh anak bayi laki-laki. Jibril yang datang kepadanya menyerupakan dirinya sebagai manusia, ditolaknya oleh Maryam dengan ujarnya :

Jauhlah engkau dari sini dan aku berlindung kepada Tuhan  atas kejahatan yang akan terjadi dan aku takut kepada Allah SWT.”

Lalu jibril meniupkan ruh yang suci kedalam rahim siti maryam, dan ia pun hamil. Hal ini dinyatakan dalam al-Qur’an :

Jibril berkata; “Aku ini pesuruh Tuhanmu dan akan memberi khabar gembira, bahwa engkau akan melahirkan seorang anak laki-laki yang suci.” (Q. S. Maryam, ayat 19).

Maryam berkata, sebagaimana terungkap dalam al-Qur’an :
Maryam berkata: “Bagaimana aku akan mendapat anak, padahal aku belum bersuami dan aku pun bukan pula orang yang jahat.”
(Q.S. Maryam, ayat 29).

Malaikat Jibril menjawab :
“Demikianlah akan halnya, Tuhan engkau telah berfirman: “perkara itu amat mudah bagi-Ku, supaya Ku jadikan suatu tanda kekuasaan kepada manusia dengan rahmat-Ku. Dan kejadian itu adalah sesuatu yang diluluskan.”
(Q.S. Maryam, Ayat 21).

KELAHIRAN NABI ISA A.S

Setelah Maryam hamil dan makin lama kandungannya makin besar, maka gemparlah penduduk kampungnya, melihat seorang anak gadis telah hamil. Dan mereka menuduh Maryam telah berbuat serong dengan laki-laki. Alangkah malunya Maryam, karena hamil tanpa suami, apalagi setelah bayi itu lahir, bertambah-tambah mereka memperolok-olokkan dan menghinakannya.

Ia bersyukur kepada Allah SWT, karena diberi kemudahan ketika melahirkan putranya. Tempat kelahiran Isa disebut Baitullaham (Bethlehem), yang berarti "tempat lahir".

 Tempat kelahiran Isa disebut Baitullaham (Bethlehem), yang berarti "tempat lahir"

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kota ini terletak sekitar 9,5 km di selatan Yerusalem. Ketika Nabi Isa lahir, Israil dijajah oleh bangsa Romawi.

Beberapa hari setelah kelahirannya, Nabi Isa dibawa pulang ke kampung ibunya. Orang kampung berdatangan melihat putra Maryam. Mereka mencemoohkan Maryam karena membawa bayi tanpa ayah. Mereka menuduhnya berbuat zina, padahal ia berasal dari keluarga baik- baik.

KISAH PARA NABITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang