Nabi Zakaria AS, disebut dalam Al Kitab dan juga Al-Quran sebanyak 8 kali. Menurut riwayat, ia diangkat sebagai nabi tepatnya pada tahun 2 SM, tepatnya pada saat ia berusia Sembilan puluh tahun dan ditugaskan untuk memperbaiki Kaum Bani Israil di Palestina.
Nabi Zakaria memiliki seorang putra semata wayang yang bernama Yahya dari istrinya bernama Hanna (ibu saudaranya maryam) yang nantinya juga diangkat menjadi Nabi. Sepanjang hidupnya, Nabi Zakaria sangat mendambakan seoarang anak yang nantinya akan menjadi pewarisnya.
Zakaria memiliki saudara kandung bernama Imran dengan seorang wanita bernama Elisabeth. Riwayat lain menuturkan bahwa istrinya bernama Al-Yashbi’ dimana ia masih merupakan keturunan dari Harun.
Jika ditelaah lebih dalam lagi, maka dapat dikatakan bahwa, nabi zakaria masih memiliki garis keturunan dengan Nabi Sulaiman.Ketika diangkat sebagai nabi pada usia 90 tahun, ia berdoa siang dan malam tanpa henti dan memohon kepada Allah SWT, agar dapat dikaruniai seorang anak yang nantinya akan dapat meneruskan dakwahnya khususnya pada Bani Israil. Nabi Zakaria sangat khawatir akan kondisi kaumnya sepeninggal dirinya jika kelak ia tidak memiliki keturunan untuk melanjutkan tugasnya sebagai Nabi.
Nabi Zakaria sangat khawatir jika Bani Israil akan kembali kepada cara-cara hidup mereka yang penuh dengan kemungkaran dan kemaksiatan, terlebih-lebih jika umatnya berkemungkinan untuk mengubah syariat Musa dengan menambah atau mengurangi isi Kitab Taurat sesuai dengan kehendak mereka.
Nabi Zakaria tiap hari sebagai tugas rutin pergi ke mihrab besar melakukan sembahyang serta menjenguk Maryam anak iparnya yang diserahkan kepada mihrab oleh ibunya sesuai dengan nadzarnya sewaktu ia masih dalam kandungan. Dan memang zakaria lah, yang ditugaskan oleh para pengurus mihrab untuk mengawasi Maryam sejak ia diserahkan oleh ibunya. Tugas pengawasan atas diri Maryam diterima oleh zakaria melalui undian yang dilakukan oleh para pengurus mihrab di kala menerima bayi Maryam yang diserahkan pengawasannya kepadanya itu adalah anak saudara istrinya sendiri yang hingga saat itu belum dikaruniai seorang anak pun oleh Tuhan.
• MARYAM binti IMRAN
Maryam yang disebut-sebut dalam kisah Zakaria adalah anak tunggal dari Imran seorang daripada pemuka-pemuka dan ulama Bani Isra'il. Ibunya saudara ipar dari Nabi Zakaria. Ia seorang perempuan yang mandul yang sejak bersuamikan Imran, dan belum merasa berbahagia jika belum memperoleh anak. Ia merasa hidup tanpa anak adalah sunyi dan membosankan. Ia sangat mendambakan keturunan untuk menjadi pengikat yang kuat dalam kehidupan bersuami-isteri, penglipur duka dan pembawa suka di dalam kehidupan keluarga. Ia berharap akan keturunan, sehingga bila ia melihat seorang ibu menggandung bayinya atau burung memberi makan kepada anaknya, ia merasa iri hati dan terus menjadikan kenangan yang tak kunjung lepas dari ingatannya.
Tahun demi tahun berlalu, usia makin hari makin lanjut, namun keinginan tetap tinggal keinginan dan idam-idaman, tetap tidak menjelma menjadi kenyataan. Berbagai cara dicobanya dan berbagai nasihat dan petunjuk orang diterapkannya, namun belum juga membawa hasil. Setelah, segala daya upaya yang bersumber dari kepandaian dan kekuasaan manusia tidak membawa buah yang diharapkan, sadarlah istri Imran bahwa hanya Allah tempat satu-satunya yang berkuasa memenuhi keinginannya dan sanggup mengaruniainya dengan seorang anak yang didambakan walaupun rambutnya sudah beruban dan usianya sudah lanjut. Maka ia bertekad membulatkan harapannya hanya kepada Allah bersujud siang dan malam dengan penuh khusyuk dan kerendahan hati bernadzar dan berjanji kepada Allah bila permohonannya dikabulkan, akan menyerahkan dan menghibahkan anaknya ke Baitul Maqdis untuk menjadi pelayan, penjaga dan memelihara rumah suci itu dan sesekali tidak akan mengambil manfaat dari anaknya untuk kepentingan dirinya atau kepentingan keluarganya.
KAMU SEDANG MEMBACA
KISAH PARA NABI
RandomPada kesempatan kali ini saya ingin memposting cerita tentang nama-nama 25 Nabi dan Rasul beserta kisahnya. Memang postingan ini terlihat sederhana tetapi kita juga harus mengetahui nama-nama nabi yang wajib kita ketahui dan tentunya bagaimana kisah...