(4)

33.6K 735 84
                                    

Saat sampe rumah, gue lihat mas barga udah pake koko sama sarung siap berangkat ke masjid. "Dari mana, sal?" tanya mas barga pas liat gue pulang bareng bang ilham.

"Abis nyariin lo, ga. Muterin kampung kayak anak ayam ilang," celetuk bang ilham. Gue segera sikut rusuk bang ilham biar mingkem sambil lempar pelototan maut.

Mas barga cuma senyum liat gue tersipu malu. "Saya cuman abis benerin genteng tadi. Bapak bilang kalo ujan rumah ini sering bocor," jelas mas barga soal alasan ke mana dia sore itu.

"Lah, tapi pae bilang bang barga pergi sama bang imran keliling kampung," bales gue sambil lirik bokap yang lagi seruputin teh anget.

"Selamat ya, sal! Lo udah kena tipu! Hahaha..." ledek bang ilham ngakak sambil tepuk-tepukin kepala gue.

Taek kambing! Bokap tuh ya, udah bangkotan tapi masih aja hobi ngerjain orang! umpat gue dalem ati sambil kepelin tangan pengen nonjok burung bokap. Bodo amat kalo impoten. Gue nggak peduli!

Bokap lambein tangan sambil pasang muka nggak berdosa pas liat gue masuk dapur. "Gimana, sal? Udah ketemu sama mereka belom?"

Gue buang muka dan segera ambil handuk, trus pergi ke kamar mandi, ketimbang ladenin bokap sama bang ilham yang udah kompak ledekin gue depan mas barga. Bikin malu aja!

Kelar mandi gue gabung bareng mereka buka puasa di ruang tengah sambil pasang muka cemberut. Milih duduk samping mas imran yang lagi sibuk ngisi perut. Mas imran emang maruk. Makan apa aja masuk.

Gue dongak pas liat ada tangan naroh paha ayam di piring makan gue dan langsung melengos saat liat senyum jenaka di bibir bang ilham. Bikin eneg sumpah! Pengen muntah!

"Sal, lo mesti banyakin porsi makan biar nggak kerempeng kayak tengkorak berjalan. Abang bisa di gosipin sama tetangga sekampung nggak pernah kasih lo makan," titah bang ilham sambil sendokin tumis kangkung ke piring makan gue.

Tangan gue udah gatel pengen lempar tuh piring ke muka nyebelin bang ilham yang sok baik dan perhatian sama gue. Tapi berubung ada mas barga dan mas imran, terpaksa gue mesti jaga image depan mereka.

"Mau ke mana mak bawa nampan segala?" tanya mbak fitri pas liat emak jalan ke kamar sebelah kanan di ruang tengah itu.

"Biasa, fit. Kasih makan abang kamu," sahut emak sambil naroh tuh nampan depan pintu kamar bang firman. "Cah bagus, makan, nak. Udah buka nih," bujuk emak sambil ketuk pintu pelan. "Nanti bisa sakit loh kalo kamu telat makan."

"Biarin aja, mak. Nanti kalo laper juga bakal ambil makan sendiri," kata mbak arini sambil suapin sesendok nasi ke mulut. "Begitu deh kalo anak laki di manja. Udah gede cuman bisa repotin orang tua aja!" imbuh mbak arini sambil ngelirik ke gue.

Gue cuman nunduk. Yah, mau ngomong apa coba?

"Buruan abisin. Hampir isya tuh," tunjuk bang ilham ke arah jam dinding. "Sayang kalo kita tinggalin ibadah di bulan penuh berkah ini."

Halah, muka babik! Hobi coli tiap mandi aja sok ceramahin gue begini! umpat gue dalem ati. Mending ke parkiran gih, cari spion!

Setelah kelar buka puasa, gue segera ganti baju koko dan celana levis. Meski pake busana muslim, tetep harus tampil modis.

"Isal ... lo mau pergi ke masjid atau nonton konser, sih?" tegur mbak arini pas liat gue baru keluar kamar, gregetan pengen gorok leher gue. "Buruan ganti! Nggak usah pake dandan segala! Kelamaan!"

"Alah, mbak. Nggak usah, ya? Yang penting kan, udah nutupin aurot," bujuk gue sambil pasang muka enosen.

"Tetep aja nggak sopan! Mending sarungan aja, ya?" tolak mbak arini, udah kebal sama bujukan busuk gue. "Mas barga, tolong ambilin sarung di kamar!"

Gelora Cinta saat Mudik Lebaran [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang