(22)

20K 568 40
                                    

Gue buka mata pas tangan gue raba ruang kosong di sisi lain ranjang. Beranjak duduk trus segera turun dari ranjang. Ketemu bokap sama bang ilham lagi duduk di meja makan sedang emak sibuk siapin sarapan.

Abis basuh muka gue segera bantuin emak masak nasi goreng sama telor mata sapi. Yah, meski gue cuman kebagian goreng telor doang sih. Tapi nggak apa lah, itung-itung buat bekal kalo udah resmi sandang gelar sebagai bini idaman. Duh, kapan ya ada duda tajir pinang gue trus honeymoon ke italy yang terkenal sebagai negara paling romantis. Eh, bener nggak sih?

"Aneh. Kok belom ada siaran berita soal gempa semalem," celetuk emak bikin senyum gue langsung mabor (terbang).

"Masa sih, mak?" tanya gue sambil kerutin kening. "Kok isal nggak ada denger, ya."

"Lah, kamu gimana sih, sal? Padahal getaran gempa cukup berasa sampe bikin ranjang kamar depan bergoyang," gerutu emak bikin pipi gue kontan merona pas sadar sama teguran halus emak soal duel gue sama bang ilham semalem.

"Awas bintitan nanti mak," sahut gue berusaha jaga sikap tetap tenang. "Emang kedengeran ya, mak?"

"Bilangin tuh abang kamu kalo genjot pelan-pelan," sahut emak sambil sibuk tuangin nasi sisa semalem ke tumis bumbu yang udah mendesis di wajan. "Kerangka kayu ranjang kamar depan udah keropos, sal. Kalo patah gimana coba?"

"Inggih, mak," sahut gue lirih sambil lirik bang ilham yang lagi seruputin kopi di meja makan. "Emak nggak ... marah?"

"Emak malah seneng karena kalo udah dapet jatah di rumah abang kamu nggak bakal borosin duit cuman buat jajan cabe kurang gizi di luaran sana," bales emak sambil balikin butiran nasi biar matang merata di wajan.

Gue nggak yakin sama status hubungan kami. Belom ada pengakuan jelas soal perasaan bang ilham ke gue, apa sebatas sex buddy atau ada rasa lebih dari sekadar kakak-adek.

"Loh, kok malah bengong? Keburu gosong tuh telor," tegur emak buyarin lamunan gue.

"E-eh, iya mak. Maap," sesal gue segera angkat telor dari wajan trus taroh ke piring plastik. "Duh, semoga nggak ada lidah yang sekarat pas cicipin telor mata sapi bikinan isal."

Emak senyum simpul sambil geleng kepala. "Kurang puas main ranjang semalem?" selidik emak sambil liatin gue kembali ceplokin telor ke wajan. "Belajar aja dulu sama abang kamu, sal. Kalo udah master, bakal bikin suami kamu betah kelonan di ranjang seharian."

"Ih, emak sotoy dah," gerutu gue sambil tabok pelan lengan emak. "Bang ilham nggak masuk kriteria suami idaman isal."

Sebelom emak bikin malu gue, gue segera bawa telor mata sapi di piring plastik ke meja makan. Berikut sendok sama empat piring bersih. Lalu kami sarapan dengan tenang tanpa bahas soal ranjang goyang semalem.

"Bang, jangan lupa pesenan isal semalem," kata gue ingetin pas bang ilham lagi pake kaos kaki di beranda depan.

"Sip, mau beli berapa?* tanya bang ilham sambil selungkupin kaki ke sepatu pantofel.

"Empat aja cukup," jawab gue sambil benerin sampul dasi rada kendur di kerah kemeja bang ilham. Tertegun pas sadar sama tindakan impulsif gue yang kelewat intim bikin suasana mendadak berubah canggung. "U-udah sana jalan. Keburu macet nanti," gagap gue sambil dorong pelan dada bidang bang ilham menjauh.

Bang ilham juga keliatan rada kaget sama perubahan sikap gue. Biasa sering berantem tiap kali ketemu, tetiba jadi lengket gini macem perangko. Kepengen tempel terus ogah mau lepas.

"Ya udah, sal. Abang berangkat dulu," pamit bang ilham sambil ulurin tangan. "Nggak saliman sama abang?"

Gue dengus sebel meski tetep patuh rundukin kepala trus cium punggung tangan bang ilham. "Tiati, bang. Jangan ngebut di jalan. Kasihan tuh muka buluk abang bisa tambah parah kalo sampe cipokan sama aspal."

Bang ilham geram sambil melarikan jemari ke helaian halus rambut kepala gue. "Santai aja, sal. Meski ada ratusan wanita di luar sana, cuman kamu pemilik hati abang."

"Dih, kasih aja ke pengamen, bang. Isal nggak butuh recehan," cibir gue sambil sedekepin tangan ke dada. Bikin barikade biar nggak luluh sama gombalan bang ilham. Gue tau bang ilham cuman lagi umbar janji semu belaka.

"Ada yang ketinggalan, bang?" tanya gue dengan sebelah alis keangkat pas liat bang ilham turun dari motor vespa trus balik lagi ke beranda.

Mata gue kebeliak pas tetiba bang ilham bungkukin badan trus renguh bibir gue. Meski singkat, namun penuh hasrat. Bikin gue hampir lepas kendali dalam lumutan penuh kenikmatan bibir bang ilham.

"Abang pasti bakal kangen berat di kantor sama bibir kamu, sal," ucap bang ilham begitu ciuman singkat kami berakhir.

Gue anggukin kepala sambil coba kulum senyum pas motor bang ilham menderum trus melesat di jalanan lenggang depan rumah bokap. Letakin tapak tangan ke dada coba tekan rasa membuncah bikin mulut gue menjerit penuh bahagia.

Seharian itu, gue sibuk cari musik instrumental klasik yang cocok sebagai musik pengantar buat nanti malem. Musik beraliran tenang sekaligus sensual. Namun kebanyakan musik relaksasi khusus praktisi yoga, dengan denting lembut piano atau senandung merdu seruling bambu yang membaur sama suara alam.

Jelang sore, gue akhirnya pilih musik dengan ritme yang nggak terlalu pelan dan cepat. Gue bahkan udah puluhan kali latihan biar pentas tari malem nanti nggak berakhir konyol dengan gue jatuh kejerambab gegara kesandungan kaki sendiri. Duh, kocak abis deh kalo sampe kejadian.

Gue segera keluar kamar pas denger derum mesin kendaraan di pekarangan depan. Beralih mode waspada pas liat mobil bella terparkir di sana trus kedipin mata pas bang ilham turun dari mobil bareng bella. Berasa kayak kena prank gue.

"Oya, kenalin ini isal adek saya," kata bang ilham pas sampe di beranda sambil rentangin tangan ke gue yang masih berdiri bengong. "Lalu isal, ini buk bella atasan abang," sambung bang ilham beralih menunjuk bella yang menjulang pongah di sebelah dia.

"Isal mohon pamit, takut ganggu kalo kelamaan di sini," ujar gue setelah jabat tangan sama bella.

"Eh, iya. Sekalian dong bikinin minum! Embak ipar kamu udah haus nih," pinta bella sambil kipasin muka pake tangan pas gue hendak masuk rumah.

"Maaf, anda disabilitas (cacat)?"tanya gue sambil balik badan hadap bella. "Kalo enggak, ambil sendiri di dapur."

"Dih, adek kamu kenapa sih?" tanya bella pas gue udah masuk rumah trus duduk di sofa ruang tamu. Gue penasaran sama keputusan bang ilham, apa dia lebih peduli sama gue atau si bella menor. "Benci banget liat aku mampir kemari."

"Bell, makasih udah anterin saya ke rumah," sahut bang ilham sambil lirik tampang merengut gue.

"Nanti malem aa' free nggak?" tanya bella sambil pasang tampang memelas. "Ladang bella mulai gersang nih, udah sepekan belom kesiram pejuh aa'."

"Sori, bell. Saya udah ada janji malem ini," sahut bang ilham sambil desah panjang.

Muka bella kontan murung. "Trus, aa' bisa kapan?"

"Tunggu aja. Nanti saya kabarin kalo ada agenda kosong," sahut bang ilham setelah merenung sejenak. Trus masuk ke ruang tamu pas mobil bella udah pergi dari pekarangan rumah bokap. "Isal cemburu nih sama bella?"

"Nggak."

"Trus kenapa ngambek gitu?" cecar bang ilham sambil duduk sebelah gue. "Lagian abang sama bella cuman sebatas relasi bisnis. Yah, mesti kadang butuh pelumas sih biar semua urusan bisa berjalan lancar."

"Pake cara gadaiin kontol abang ke sarang lumutan ular betina itu?" tebak gue sambil dengus sinis. Gue berharap bang ilham bakal kasih sangkalan atas tunduhan nggak berdasar gue atau apapun yang bisa jadi indikator kalo hubungan mereka resmi sebatas urusan bisnis tanpa libatin hati.

"Abang nggak punya pilihan," gumam bang ilham sambil tundukin kepala. "Cuman bella asuransi masa depan cerah abang, sal."

Ada sesak menusuk ulu hati pas gue sadar bang ilham udah ingkar janji. Taik!

To be continue >>>

Gelora Cinta saat Mudik Lebaran [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang