(20)

20.7K 554 11
                                    

Ketimbang gabut, gue pilih nonton drama movie di ponsel sambil senderan ke kepala ranjang di kamar depan. Mulai resah pas gue lirik jam digital di pojok kanan atas udah pukul 17:34 sore.

Tumben tuh si babik karbitan belom nongol juga! Biasa sih kalo udah sore gini, dia bakal jalanin ritual senam jari di kamar mandi. Aneh, udah hampir petang dia masih belom pulang. Jangan-jangan...

Gue kibasin kepala buang firasat buruk yang mulai cemarin otak gue pake beragam gambar cuplikan adegan ranjang di kamar hotel. Bikin pikiran gue kebelah, jadi nggak bisa konsen nonton film drama yang bikin baper di layar ponsel gue. Terapi hati gue kalo lagi galau parah. Biar nggak malu kalo kepergok lagi nangis kejer.

Gue cabut headset pas denger pintu depan kebuka trus nggak lama berselang, kepala bang ilham udah aja nongol dari balik pintu trus langsung rebahan di kasur. Tampak kuyu dan kecapekan. Kemeja kusut serta rambut berantakan kayak orang lagi kena depresi berat.

"Puyeng deh, sal. Baru sehari aja udah bikin otak berasap, apalagi sebulan? Bisa meledug kepala abang kali!" keluh bang ilham sambil rentangin kedua lengan ke atas. "Mending jadi kuli bangunan, sal. Cuman capek tenaga aja tanpa bikin kepala botak sebelom ubanan!"

Meski udah coba paku mata ke layar ponsel, tetap aja jelalatan liatin sekujur badan bang ilham yang masih pake setelan kantor lengkap. Kemeja biru pastel yang baru emak beli kemarin di pasar, tampak kesulitan peluk badan kekar bang ilham tanpa bikin kancing kemeja pada mencelat karena nggak sanggup tampung timbunan lemak di perut rada buncit bang ilham. Gue teguk ludah pas liat petak basah pada lipatan lengan kemeja bagian ketiak bikin adek unyu gue kontan kebangun dari masa hibernasi.

Gue kesentak pas tetiba bang ilham udah duduk di sebelah gue. Nggak mau kepergok lagi sange, gue segera ganti posisi duduk ke pinggir ranjang. Ambil pose badan sempurna buat umpetin adek unyu gue yang udah bangun tenda di balik celana levis selutut gue. Plis, deh. Jangan bikin malu gue depan tuh babik, elah!

"Nonton apa, sal?" tanya bang ilham sambil geser badan duduk di belakang gue. Gue pejamin mata sambil tahan napas pas bang ilham pepetin dada ke punggung gue. Trus senderin dagu ke pundak gue. Bisa gue rasa getaran elektrik sama hawa panas merasuk ke pori kulit gue. Pengen lari, tapi ada daya magnet yang tahan badan gue tetep diem di tempat.

"B-bang, bisa geseran dikit? Sesak nih," pinta gue sambil beringsut resah pas sesuatu gedorin pintu anus gue. Duh, gede bengkok nih. Muat nggak ya kalo masuk?

"Udah pas belom?" sahut bang ilham sambil asah pedang di belahan pantat gue. Bikin bokong bohay gue makin belingsatan.

"Geser mundur, elah. Bukan maju, bang!" protes gue sambil coba jaga tangan bang ilham biar nggak main jamah ke zona merah gue. Gue keperanjat pas tetiba lengan bang ilham rangkul pinggang gue trus balikin badan gue hadap ke dada bidang dia bikin alarm tanda bahaya di otak gue berdering nyaring.

Pilihan posisi duduk bang ilham bikin rugi pihak gue. Berasa kayak lagi jalan di atas kulit telor, salah ambil langkah bisa bikin retakan trus ambrol dah. Duh, mesti gimana biar bisa amanin perasaan gue?

"Angkat kepala kamu, sal. Jangan merunduk aja, abang jadi nggak bisa liat," bujuk bang ilham kayak lagi rapal mantra buat bikin gue patuh sama perintah dia.

Gue melengos pas telapak tangan hangat bang ilham sentuh pipi gue. Trus tangkup dan angkat dagu gue bikin kepala gue kontan mendongak. Bisa gue eja setiap rasa yang bersemayam di telaga hitam mata teduh bang ilham. Ada rindu serta hasrat menggelora di sana.

"Bang..." panggil gue meragu pas kepala bang ilham merunduk, memupus jarak bibir kami. Bisa gue rasa tekstur kenyal permukaan bibir bang ilham saat bibir kami melebur.

Ada jeda sedetik sebelum gue sambut ciuman panas bang ilham. Gue segera kalungin lengan ke leher bang ilham trus sambil jambak rambut, gue tarik kepala bang ilham semakin mendekat. Biar bibir bang ilham membenam makin dalam ke lekukan bibir gue.

Tapi apes, lambung gue yang belom keisi sejak sarapan tadi pagi mulai keroncongan. Duh, mau taroh mana muka unyu gue? Ada kantong kertas nggak, thoor?

Bang ilham segera lepasin pagutan bibir gue. "Isi perut aja dulu, sal. Biar nggak pingsan nanti di ranjang," ledek bang ilham sambil turunin badan gue dari pangkuan dia. "Abang juga mau mandi, nih. Gerah."

Gue angkat bahu sambil rundukin kepala. Kepelin tangan pas bang ilham lucutin kemeja trus cantelin ke gantungan baju di belakang pintu kamar. Lalu ambil anduk sambil beranjak keluar.

Gue baru berani angkat kepala pas pintu udah ketutup. Trus samperin kemeja bang ilham, ada perasaan lega pas gue endus kemeja itu tanpa ada aroma parfum wanita keperangkap dalam serat kain biru pastel itu. Satu bukti bahwa bang ilham seharian kerja di kantor bukan main ke hotel.

Gue ketemu emak di dapur lagi siapin makan malam. "Mak, isal bantuin ya," tawar gue sambil berdiri di sebelah emak.

"Tumben rajin, sal. Biasa sih kalo belom di suruh mana mau gerak," sindir emak sambil cubit hidung gue gemas.

"Ih, emak. Kalo pesek gimana? Jelek dong, isal," tegur gue sambil manyun meski tangan masih sibuk aduk jangan gori (sayur nangka). "Mak?"

"Hmm?"

"Gimana sih rasanya jadi emak?" tanya gue bikin emak spontan noleh sambil kerutin kening trus tempelin punggung tangan ke jidat gue.

"Kamu demam, sal? Emak kompres, ya."

"Ih, serius elah, mak!" sungut gue sambil tepis tangan emak dari kening gue. "Enak nggak?"

"Jadi emak?"

Gue anggukin kepala penuh semangat.

"Lah, kamu kuwi lanang sal. Gimana bisa jadi emak? Anak kamu nanti mau lahir dari mana coba? Ada-ada aja kamu sal," sahut emak sambil geleng kepala. Duh, gue mesti jelasin gimana nih?

"Yah, jaman sekarang kan kudu serba bisa, mak. Jadi nggak cuman cewek aja yang mesti kebagian tugas urusin dapur," jelas gue coba kasih opini. "Kalo semisal isal kawin-entah-kapan, trus suami isal sakit--"

"Suami?" potong emak bikin gue langsung kicep pas sadar udah salah omong. Duh, keceplosan gue. Gegara cipokan bang ilham nih jadi bikin gue silap lidah!

"Eh, maksud isal bini mak. Kalo bini isal sakit, masa mesti sewa jasa koki resto sih cuman buat masak?" koreksi gue segera sebelom emak sempat bahas lebih lanjut.

"Oh, jadi isal pengen belajar masak sama emak?" simpul emak bikin gue embusin napas lega karena emak nggak ungkit soal suami gue. Oke, calon suami gue kelak.

"Yah lebih efektif praktik langsung ketimbang baca puluhan buku resep masakan doang," sahut gue melobi hati emak.

"Boleh aja. Tapi omong-omong ... isal beneran udah ada calon?" tanya emak dengan mulus belokin obrolan ke arah topik yang pantang gue bahas sembarangan. "Siapa, sal? Cantik nggak orangnya?" Cantik sih nggak, kalo ganteng mah nggak ketulungan, mak!

"Cuman pengandaian, mak. Bukan betulan isal lagi deket sama seseorang," bales gue coba lurusin kesalah-pahaman emak.

"Buruan kawin, gih. Biar emak bisa mati dengan tenang," sahut emak bikin punggung gue kontan mengigil. "Emak pasti bakalan cemas mikirin kamu di alam kubur kalo nggak ada orang yang bisa jaga kamu, sal."

Gue nggak kuasa liat ketulusan di mata emak yang menatap gue penuh harap. Bikin gue merunduk sambil meremas ujung kaos gue. "Isal nggak bisa, mak. Maaf, tapi isal bakal baek aja kok sama pilihan hidup isal."

"Sal?" panggil emak sambil mengamit dagu gue, trus dongakin kepala gue sejajar sama mata emak.

"Mak, isal ... isal," kata gue tercekat. Duh, kenapa sulit banget sih mengutarakan isi hati?

Tapi emak bisa berempati sama kemelut hati gue. Tanpa sepatah kata, seorang ibu selalu bisa memahami perasaan anak mereka. "Sejak kapan kamu jadi begini, sal?" tanya emak sambil usap kepala gue yang udah tenggelam dalam dekapan emak. "Kebiasaan, deh. Kalo ada masalah pelik selalu kamu simpen sendiri. Lain kali emak nggak mau ada main rahasia di antara kita, paham?"

Gue cuman anggukin kepala sama tumpahin segala gundah yang udah lama menggendap di relung hati. Tau begini, isal bakal mengaku dari dulu mak.

To be continue >>>

Gelora Cinta saat Mudik Lebaran [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang