Nggak lama mobil mas barga udah sampe depan rumah bokap. Setelah parkir mobil di pekarangan depan, gue bantuin nenteng kantong belanjaan baju ke dalem rumah. Langsung duduk di sofa ruang tamu begitu kelar angkutin barang.
"Gitu, dong. jadi laki mesti kudu setrong biar nggak malu kalo udah punya bini," puji mbak arini yang lebih kedengeran rendahin gue. Tapi gegara masih dongkol sama kejadian di mobil, gue jadi males ladenin. Lagian mbak arini udah curi start dari gue, jadi tambah kesel gue.
"Oya, mak. Arin beliin baju lebaran buat emak sama bapak juga," ucap mbak arini sambil noleh ke emak yang baru keluar dari dapur. "Bentar ya, arin ambilin dulu."
Emak cuman ngangguk, lalu duduk di sebelah gue. "Isal udah beli baju?" tanya emak gue sambil liatin muka manyun gue.
"Udah, mak. Dua malah," jawab gue males sambil senderan ke punggung sofa.
"Trus kenapa muka kamu kusut kayak baju belom kesetrika gitu?" korek emak liat tampang mendung gue.
"Mak?" panggil gue bikin emak kerutin kening. "Emak nggak salah udah lahirin isal?"
Gue liat emak rada kaget. "Kamu ngomong opo toh, le? Udah jelas isal anak emak sama bapak."
"Bukan gitu, mak. Isal cuman kerasa beda aja," jelas gue coba utarain kegalauan gue. Gue pernah baca artikel kalo seseorang jadi homo bisa berasal dari genetika bukan cuma dari pengaruh lingkungan sekitar atau pelecehan seksual semasa kanak-kanak. Gue jadi penasaran barang kali ada kakek buyut dari garis keturunan emak atau bokap yang udah tega warisin gen homo ke dalem diri gue.
"Udah jangan dengerin omongon mbakyu (kakak perempuan dalem bahasa jawa) mu. Isal bakal tetep jadi anak kesayangan emak," kata emak sambil genggam tangan gue. Bikin gue baper.
"Maafin isal ya, mak. Kalo isal ada salah sama emak" ucap gue sambil peluk emak. Bodo amat mau dikata lebay. Gue nggak peduli.
"Besok aja ya, sal. Sekalian saliman lebaran," seloroh emak sambil nepukin pelan punggung gue.
Gue segera lepasin pelukan. "Yowis, mak. Sekalian siapin pecingan cepe (100 ribu) buat isal pas saliman besok," pesen gue becanda sambil ketawa bareng emak.
"Durhaka emang lo sal berani palakin duit emak!" sembur mbak arini nimbrung obrolan kami sambil nenteng baju gamis sama kemeja batik warna senada di kedua tangan.
"Udah tradisi kali mbak kalo lebaran kudu pecingin duit," elak gue sambil buang muka sama sedekapin tangan. Ancur dah aksi mogok bicara gue.
"Iya, sih. Tapi kasihin duit ke anak bocah, bukan anak bangkotan kayak lo!" ralat mbak arini sambil noleh ke emak. "Gimana, mak? Udah serasi belom sama punya bapak?"
"Mending duit kamu ditabung, rin. Jangan borosin buat beli baju lebaran. Gimana kalo ada keperluan mendesak nanti?" tegur emak sambil noleh ke borongan kantong belajaan di sebelah pintu kamar depan samping ruang tamu. "Emak lebaran bisa pake baju apa aja. Pake mukena juga jadi."
"Yah, sesekali nggak apa mak. Kan lebaran nggak tiap hari?" bantah mbak arini dengan ramah.
Emak mendesah berat. "Udah telanjur kebeli, mubazir kalo nggak di pake. Makasih ya, rin."
Mbak arini ngangguk. "Oya, arin juga sekalian beli baju buat bang firman," ujar mbak arini kembali kubekin isi kantong dan keluarin sweter rajut item. "Mak, kira-kira bang firman bakal suka nggak sama sweter pilihan arin?"
"Taruh aja depan pintu. Kalo suka pasti juga bakal di ambil. Kebetulan sekarang udah mulai musim ujan," saran emak sambil angkat bahu.
"Sal, tolong tarohin nih kantong depan pintu bang firman," suruh mbak arini sambil sodorin tuh kantong ke gue.