——-
Cerita 02,
Basa Basi Bikin Basi———
Sound On!
Record On!
"-Di ruang ini ada banyak cerita, kenangan, dan juga perasaan yang siap mengudara sebentar lagi-"
"-kembali lagi di Ruang Bersua, tempat dimana kita bercerita dan bertemu-"
Music Intro
Cut!
"Waaa, Sharon, kamu habis potong rambut ya?"
"Ha? Engga kok", ucapnya refleks memegang ramput hitam panjangnya yang kebetulan hari ini diurainya itu.
"Oiya? Masa? Kok kayaknya rambutmu 5cm lebih pendek ya?"
"Aduh Renjun gausa ngaco deh kamu, basa basimu ngga pas banget deh"
Mendengar ucapan Sharon tersebut membuat lelaki itu tergelak, oh iya ngomong-ngomong soal basa basi, kayaknya ngga asing deh bagi mereka. Tapi apa sih basa-basi itu?
"Ngobrolin soal basa-basi ya Sha, kamu tau ngga sih basa-basi itu apa? Esensi dari basa-basi sendiri itu apa?"
"Ya elah Renjun, pake di tanya deh, ya jelas basa-basi itu bentuk tata krama, sebelum memulai pembicaraan, bentuk sopan santun agar lawan bicara kita merasa nyaman—"
Mendengar penuturan Sharon tersebut membuat Renjun tersenyum jahil—sedikit mengejek—seolah dirinya meragukannya, emang iya seperti itu?
"Tapi kalau basa-basi itu bentuk sopan santun dalam obrolan agar membuat lawan lain merasa nyaman, kenapa ada basa-basi yang terkesan basi?"
"Hah? Basa-basi terkesan basi? Maksudnya gimana tuh?"
"Kamu ngga liat open question kita malam ini ya?"
Ya, tema mereka hari inni adalah "Basa-Basi yang Basi", banyak banget kan topik yang dapat digunakan untuk memulai pembicaraan, sayangnya banyak banget orang yang salah memilih topik dan akhirnya membuat orang lain malas untuk melanjutkan pembicaraannya.
Kondisi seperti itulah yang disebut basa-basi yang basi, obrolan yang menyakiti hati lawan bicara secara ngga langsung.
Seperti "Ih kamu kok gendutan ya?", padahal ngga pernah jetemu dan ngga tau kalau dia diet mati-matian buat nurunin berat badannya, atau "Pacarnya mana?", padahal baru aja putus dengan sang pujaan hati.
Banyak banget topik yang bisa digunakan untuk memulai pembicaraan, tapi kenapa sih orang-orang terkadang justru memilih dengan topik yang sensitif?
KAMU SEDANG MEMBACA
Ruang Bersua [ Huang Renjun ] || √
Short StoryRuang Bersua, dari tempat ini semua cerita dan perasaan tersebut mengudara, bertemu dengan hati yang tepat tuk berlabuh.