Setyo
"Om, kami pamit mau pulang".
Ucapku kepada Om Danu ayahnya Indah.
"Eh iya, Yo. Om mau ngomong sesuatu sama kamu. Tapi ngomongnya disana aja yu diteras rumah".
"Setyonya Om pinjam dulu ya".
Ucap Om Danu kepada Ani sembari merangkul bahuku.
"Oh iya om silahkan, Ani juga masih kangen sama Alita".
Ucap Ani sembari kembali duduk dan bermain bersama Alita.
Aku dan Om Danu pun berjalan ke teras rumah. Sesampainya di teras rumah. Kami duduk di kursi Rotan yang menghadap ke pohon mangga yang ada disamping rumah Indah.
"Yo umur kamu sekarang berapa?".
Tanya om Danu kepadaku.
"15 tahun om".
Ucapku.
"Udah gede yah sekarang kamu. Kamu masih inget gak? Dulu kamu sering main sama Indah, dan Ani waktu kalian kecil disini?".
Ucap om Danu sembari menunjuk taman yang ada di teras rumah Indah ini.
"Setyo gak pernah lupa om. Apalagi waktu Indah pernah jatuh dari atas pohon mangga itu, gara-gara mau ngumpet dari Ani pas lagi main petak umpet. Tapi untungnya Setyo langsung nangkep Indah pas mau jatuh. Ya walaupun tangan Setyo sampe baret-baret sih udahnya".
Ucapku sembari tertawa. Aku sudah lama tidak mengobrol dengan om Danu. Ya memang beliau ini jarang dirumah sehubungan pekerjaan beliau sebagai pedagang baju yang terkenal sukses dipapua. Jadi, beliau paling hanya pulang 1 bulan sekali kesini. Dan terakhir kali aku mengobrol dengan om Danu disini sekitar 2 bulanan yang lalu.
"Oh iya, om inget. Om sempet kaget waktu itu. Om kira mangga ada mangga jatuh, tapi om pikir kok suaranya beda gak kayak biasanya, suaranya lebih keras. Pas om ke taman. Om udah ngeliat kamu yang ketindihan sama Indah".
Ucap om Danu sembari tertawa.
"Hahahha Indah itu kebiasaan, waktu itu padahal Setyo udah ngelarang dia buat naik pohon mangga. Eh dia malah ngotot, katanya biar gak ketauan sama Ani. Dan alhasil, baru juga naik sebentar tiba-tiba Indah langsung jatuh".
Ucapku sembari tertawa.
"Memang gitu sih sifat anak om. Memang anaknya keras kepala. Tapi, sekalinya dia udah tau akibatnya, dia gak bakal ngelakuin lagi. Buktinya abis itu dia malah ngerengek ke om biar pohon mangganya di tebang. Katanya dia takut jatuh lagi".
Ucap om Danu.
"Iya om. Indah juga sempet cerita ke Setyo kayak gitu".
Ucapku sembari tersenyum. Om Danu tiba-tiba menghela nafas. Dan tiba-tiba suasana pun menjadi serius.
"Yo."
Ucap om Danu.
Aku yang tadi sedang memperhatikan pohon mangga di depanku langsung berbalik kearah om Danu.
"Om Udah kenal kamu dari lama dan om udah tau sifat kamu kayak gimana. Om sebenerya protektif banget ke anak om. Tapi om berbeda ke kamu, ya karena om udah tau sifat kamu gimana. Sedari kecil kamu sudah jadi tameng pelindung Indah. Om tau sekarang Indah sudah besar dan sudah menginjak masa pubertas. Udah masanya lah yang namanya punya rasa ke lawan jenis. Tapi om khawatir ke anak om kalau dia salah mengambil jalan dan terjerumus ke sesuatu yang negatif. Jadi om mohon ke kamu buat ngejagaan anak om dari semua hal negatif itu".
Ucap om Danu sembari sesekali menoleh ke arahku.
Aku mencoba menjawab permintaan om Danu itu dengan yakin.
"Om. Tanpa om suruh juga aku pasti bakalan selalu ngejagain Indah. Aku juga gak rela om. Kalau misalnya sahabatku sedari kecil disakitin sama seseorang yang baru ia kenal bebera hari saja. Tapi sudah bisa membuatnya sakit. Intinya om. Aku bakal selalu jadi tameng pelindung buat Indah. Jadi om tenang aja".
Ucapku sembari tersenyum kepada om Danu. Senyuman itu menghiasa wajah om Danu. Tampaknya beliau lega karena aku menyetujui permintaannya. Tak lama setelah itu datanglah Ani.
"Om Danu, kayaknya kita mau pulang sekarang soalnya udah jam 5. Takutnya Ibu nyariin."
Ucap Ani.
"Oh iya om gak sadar kalau sekarang udah sore. Maaf ya om ngobrolnya kelamaan".
Ucap om Danu sembari tersenyum.
"Gak kok om, kapan lagi bisa ngobrol lagi kayak gini sama om".
Ucapku. Om Danu pun tersenyum. Setelah itu kami berpamitan kepada om Danu dan Ibunya Indah karena kita akan pulang.
******************
Keesokan harinya. Aku masih terpikir permintaan om Danu yang tampaknya terlihat khawatir karena dia sudah tau kalau Indah sedang dekat dengan laki-laki.
"Woy bro, lu ngelamun aja dari tadi. Ada masalah bukan bro?".
Tepukan di bahuku itu tiba-tiba menyadarkanku dari lamunan ku tentang perkataan om Danu tempo hari. Disini aku, dilapang futsal yang berada dilingkungan sekolahku kebetulan hari ini aku sedang latihan karena aku sedang ada persiapan lomba futsal yang akan diadakan 2 minggu lagi.
"Astaghfirullah, lu kebiasaan rif ngagetin mulu dah".
Ucapku sembari agak kesal kepadanya.
"Lagian lu, daritadi gua liatin kayak gak fokus pas latihan. Kenapa bro, Ada masalah?".
Tanya Arif sembari duduk disebelahku.
"Sebenernya gak ada masalah sih. Cuman gua agak kepikiran aja permintaan om Danu papahnya Indah. Yang nyuruh gua buat ngejagain Indah, gak biasanya beliau kayak gitu. Gua curiga sebabnya si Roy anak basket itu".
Ucapku kepada Arif.
"Oh gitu. Yaudah kalau lu tau sebabnya, mending kita kasih peringatan aja sekarang ke si Roy tuh. Biar dia gak nyakitin Indah. Sekalian kita bawa anak anak biar mereka takut".
Ucap Arif. Akupun menganggukkan kepala dan aku juga berpikir itu ide yang bagus. Ya lebih baik kita beri peringatan dulu sama tu anak munafik yang sosoan baik di depan Indah.
Akupun pergi ke basecamp anak-anak basket bersama yang lain. Sesampainya di basecamp anak basket, mereka terkejut karena melihat kami yang bergerombol seperti ngajak tawuran.
"Yang ngerasa namanya Roy coba tunjukin dirinya".
Ucapku sembari menahan emosi. Sebenarnya aku emosi mau menghajar tuh muka orang munafik. Tapi aku tahan, karena kalau terjadi keributan disini. Pasti bakalan ricuh dan bisa-bisa anak-anak kena masalah.
"Gua Roy, ada apa lu nyariin gua".
Ucap seseorang yang bertubuh tinggi besar, yang langsung berdiri dihadapanku. Posisi kami memang seperti orang yang sedang ingin bertarung. Begitu juga dengan anak-anak yang tampaknya terlihat mulai agak emosi.
"Gua cuman pengen ngingetin ke lu. Jangan coba-coba lu nyakitin Indah lagi. Gua udah tau, lu yang udah ngebuat tangan Indah sampe terkilir. Emang lu gak salah, tapi sekali lagi lu nyakitin Indah. Lu bakal berurusan sama gua".
Ucapku sembari memberi tatapan penuh emosi kepada Roy. Roy tampaknya menahan emosinya karena ia tahu jumlahnya lebih sedikit daripada kami. Jadi ya dia gak mau ambil resiko.
"Emang lu siapanya Indah?Pacarnya Indah?".
Ucap Roy sembari memberi tatapan penuh emosi.
"Gua bukan pacarnya, tapi gua orang yang paling gak rela kalau misalnya Indah ada yang nyakitin. Denger itu".
Ucapku sembari menunjuk telinga Roy. Aku bisa melihat dia mengepal tangannya dengan penuh emosi seperti seseorang yang ingin memukul musuhnya. Tapi setelah aku mengatakan hal itu, aku langsung pergi bersama anak-anak agar tidak terjadi hal yang membuat keributan. Setidaknya aku sudah memberi peringatan kepadanya, jika dia masih ngotot. Tanganku lah yang bakalan pertama mendarat dimukanya itu. Ucapku didalam hati.
Hallo semuanya chapter ini kayaknya bakalan jadi chapter penutup di semester sekarang, tapi insyallah admin bakalan terusin disemester depan. Jadi jangan lupa support admin terus ya biar admin selalu semangat update ceritanya buat next time :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Katakanlah(Slow Update)
RomanceTidak terasa. Indah, Ani, dan Setyo. Sudah menjadi sahabat sejak mereka masih duduk dibangku SD. Mereka hampir setiap hari bermain dengan riang gembira. Kemana pun mereka pergi, mereka pasti selalu bersama. Hari berganti hari mereka pun tumbuh menja...