I wish I could post something. But I'm sorry. I am not really feel good right now. So I will give you some answers that maybe you asked before. And I wrote this session by phone, inside a warm blanket, a playlist of eargasming songs, and a bowl of perfect cooked salted egg Indomie. It's pouring rain here. Bandung getting colder each day.
...
Q: Bang. Juno, Jangan Baper terinspirasi dari mana?
A: Karakter Juno sedikit banyak nyontek saya sendiri. Sementara itu konflik, alur, dan keseluruhan cerita tentu hasil dari buah pikir saya sendiri. Dibantu inspirasi dari banyak referensi.
Q: Kesulitan dalam nyeritain Juno apa?
A: Tentu karena ini Fantasi pertama saya, maka saya perlu belajar cara penuturan yang bagus dan proporsional. Alih-alih baca buku fantasi, saya malah dengerin banyak banget lagu yang nadanya bisa bikin nyaman sel-sel otak saya. Dari sebuah lagu yang tepat, lalu saya akan merasakan warna dan rasanya. Kemudian meraba-raba diksi yang tepat dan gaya penuturan yang lebih sesuai untuk disampaikan.
Q: Chapter paling favorit yang mana Bang?
A: Bagi saya sebuah karya itu seperti anak. Tiap chapter-nya ibarat tumbuh kembangnya. Tiap diksi adalah asupan yang saya berikan. Tentu saya nggak bisa memilih mana yang paling favorit. Intinya saya puas dengan hasil akhir karya Juno ini. Pathetic in lovely way. Hurt in beautiful way. Sorrowful but memorable.
Q: Kenapa bisa nemuin lagu yang tepat buat tiap chapter-nya?
A: Mmm. Sebelum saya nulis sebuah chapter, saya tentukan dulu mana lagu yang tepat. Kalau sudah tepat dan saya cocok dengan nuansanya, selanjutnya saya akan memproses. Karena bagi saya beda lagu beda bahasa ketika menulis. Boleh dikatakan saya bisa bercerita sesuai dengan nada yang saya dengar. Lagu apa pun. Dan saya selalu berusaha menyesuaikan.
Q: Pernah buntu ide nggak selama nulis Juno?
A: Mmm. Sejauh ini belum. Karena ide sudah saya rangkai dalam satu outline dari A-Z. Termasuk plot twist dan adegan paling penting. Saya cuma kadang nggak punya banyak waktu buat nulisnya.
Q: Apa yang bakal paling dikangenin dari proyek ini?
A: Baca komentar kalian.
Q: Karakter yang paling disukai selain Juno?
A: Sid.
Q: Cara ningkatin pede nulis cerita di Wattpad?
A: Mulai dulu aja. Dan jangan melihat ke atas. Kamu punya jalannya sendiri. Berusaha untuk jadi ramah sama pembacamu meski cuma satu.
Q: Pesan untuk yang baru mau mulai nulis di Wattpad, Bang?
- Jangan sungkan untuk belajar. Nanya pengarang idola kadang susah dibalas, kan? Jadi cobalah untuk mencari informasi sendiri dulu.
- Jangan takut ikut kompetisi menulis buat mengasah kemampuan. Misal ikut BWM, Wattys Awards, lomba cerpen, dll.
- Baca baca baca baca baca baca.
- Latihan latihan latihan latihan.
- Pilih bacaan yang emang bagus dari banyak aspek. Jangan yang cuma entertaining.
- Banyakin asupan buku nonfiksi biar kamu kaya informasi.
- Telaten sampai kamu nemu gaya bahasa yang khas.
- Selalu penasaran.
- Jangan sombong.
- Gabung komunitas. Tapi kalau mau gabung dengan komunitas menulis, carilah yang bener-bener bisa membentuk karakter tulisan kamu. Kalau komunitas itu cuma kebanyakan hura-hura, jangan sungkan buat pamit.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Girl From Tomorrow [COMPLETE]
Teen Fiction#𝕱𝖆𝖓𝖙𝖆𝖘𝖎 #𝐒𝐢𝐜𝐤𝐥𝐢𝐭 Juno tidak punya banyak pengalaman soal cinta. Tapi begitu dia jatuh cinta dunianya ikut jatuh semua. Si Ganteng kalem yang melankolis ini tak pernah menyangka akan terjebak dalam cinta yang begitu fantasi. Cinta mema...