Saat tiba dikelas,suasana kelas seperti biasa gaduh,berisik.Ini yang membuat Rachel tidak betah jika berlama-lama dikelas.
"Hay Chel," sapa Tata.
"Hay," balas Rachel sambil tersenyum.
"Kamu nanti mau nggak nganterin aku ke mall," pinta Tata.
"Mau ngapain ke mall?" Tanya Rachel.
"Aku mau cari sepatu sama sekalian beli buku buat Un," ucapnya.
"Boleh juga,sekalian aku juga mau cari buku,"
Sekitar 15 menitan mereka mengobrol,guru jam pertama masuk kelas,yaitu jam nya Bu Saras.
"Selamat pagi semuanya," sapa Bu Saras.
"Pagi bu," jawab semuanya kompak.
"Baik segera keluarkan buku kalian,saya akan memberikan materi sedikit ke kalian!" Ucapnya.
"Baik pada pertemuan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Makna Gramatikal,"
"Jadi makna Gramatikal itu makna yang berubah-ubah pada konteks penggunaannya.
"Dengan kata lain, makna gramatikal tidak jauh dari makna sebuah kata contohnya
Yang pertama "Buku ini berwarna hijau." lalu menjadi "Buku-buku ini berwarna hijau." Jelas Bu Saras."Jadi Makna gramatikal sangat tergantung dari struktur jenis-jenis kalimat yang kalian pilih. Oleh karena itu, makna ini sering disebut makna struktural. Untuk lebih lanjutnya kalian bisa baca buku kalian pada bab Makna kalimat." Jelas lagi Bu Saras.
"Saya akan memberikan kalian tugas saja secara berkelompok," tegasnya.
"Baik anak-anak dengarkan saya untuk tugas minggu ini kalian bisa mencari sebanyak-banyaknya makna Gramatikal pada novel dan kalian bisa mengerjakan dengan kelompok kalian," ucapnya.
"Nah untuk setiap kelompok terdiri dari dua anggota,dengarkan semuanya saya akan membacakan nama anggota kelompok kalian
Putri dengan bian"Chaca dengan indah"
"Bunga dengan aliya"
"Tata dengan vita"
"Rachel dengan Arkan"
Dan sebagainya....
Dan saya juga minta untuk tugas saya selanjutnya kelompoknya tetap ini saja" jelasnya"Duh chel kita nggak bisa satu kelompok,kamu malah sama Arkan," keluh Tata.
"Nggak papa kok ta,lain mapel mungkin kita bisa satu kelompok," ujar Rachel.
"Kalian semua berkumpul dengan kelompok kalian masing-masing,masih ada waktu sekitar 1 jam silahkan berdiskusi,kalian boleh ke perpus atau ke lab Bahasa,kumpulkan tugas minggu depan dalam bentuk presen,saya kembali ke ruang guru,dan jangan buat kegaduhan,selamat siang anak-anak," jela Bu Saras lalu pergi meninggalkan kelas.
"Chel hati-hati aja,Arkan itu orangnya cuek banget,bahkan melebihi si Kevin," ujarnya.
"Huh kevin lagi kevin lagi,ngapain sih bahas itu lagi,males banget kalo nginget-nginget"batinnya.
"Yaudah aku coba nyamperin Arkan dulu ya Ta," ucapnya.
Tata hanya mengangguk.
Rachel melangkah menuju bangkunya Arkan,dengan ragu ia berdiri menghadap Arkan.
"Arkan," panggil Rachel.
Tidak ada sahutan...
"Pantesan nggak denger orang lagi pake hatsat," batinnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Demanding Time [On Going]
Novela JuvenilDemanding Time (5 Maret 2020) Ada rasa yang kubiarkan berlalu begitu saja karena ada perasaan lain yang harus aku jaga,namun diriku mempunyai cara berbeda untuk mengungkapkannya. (Kevin Weda Pratama) Belajar dari dibenci untuk paham arti kebersamaan...