Tiara melahap baksonya perlahan. Membiarkan nikmatnya daging sapi bercampur kuah gurih agar tetap bertahan di mulutnya. Sejak dia berhenti kerja, aktivitas andalannya adalah makan bakso di tempat Mang Jajang. Setelah selesai menikmati bakso, biasanya Tiara pulang ke rumah. Sore hari seperti sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk makan bakso. Selain tempatnya yang adem, angin sepoi-sepoi sore hari menambah kenikmatan saat memakan bola daging itu. Tapi biasanya ada saja peristiwa yang membuat aktivitas sorenya terpotong. Seperti kejadian suami istri yang baru saja dilihatnya.
Tiara jadi ingat perkataan Bu Fina. “Kalau cari suami jangan yang pemalas. Nanti kamu tersiksa. Cari suami yang juga mau bantuin ngerjain kerjaan rumah. Itu baru lelaki sejati.”
Si Bapak tadi sudah pasti tidak masuk dalam kriteria lelaki idaman. Gendong anaknya sendiri saja nggak mau, sudah pasti di rumah pun kerjanya hanya ongkang-ongkang kaki. Makan. Merokok. Main ponsel. Tidur. Alasannya pasti karena dia sudah cape bekerja, masa harus ngerjain kerjaan rumah lagi. Kapan istirahatnya??? Padahal kalau dikerjakan dengan berbagi tugas pasti akan cepat selesai dan bisa istirahat sama-sama.
Dasar lelaki. Mau enaknya saja. Untung si Ibu masih setia dengan suaminya. Kalau sudah nggak tahan, paling si istri ninggalin suaminya sambil bawa anak-anaknya. Kalau sudah begitu, baru menyesal. Masih mending kalau cuma kabur, kalau ternyata si istri terpikat kumbang lain, kan tambah berabe jadinya.
Lagipula perempuan menikah bukan untuk dijadikan pembantu yang ngurusin rumah, pakaian, dapur, dan ranjang. Bukan pula untuk dijadikan babysitter yang kerjaannya ngurusin anak. Perempuan menikah untuk menjadi partner suaminya dalam menghabiskan sisa umur di dunia. Sama-sama senang. Sama-sama susah.
Bu Fina juga sering bilang ke Leo, “Kalau kamu mau menikah, kamu harus bisa mencukupi semua keperluan istrimu sama seperti ketika dia belum menikah. Kalau dia biasanya ke salon sebulan sekali, kamu harus bisa bayarin biaya salonnya. Kalau dia biasa beli kosmetik mahal buat perawatan wajahnya agar terlihat cantik, kamu harus bisa biayain. Jangan sampai taraf hidup anak orang menurun ketika menikah sama kamu. Kalau bisa harus naik kualitas hidupnya.” Mungkin ini sebabnya Leo belum juga menikah. Duitnya belum cukup untuk membiayai hidup anak orang.
Mendadak Tiara teringat Bastian. Bila mereka jadi menikah, apakah Bastian akan melakukan hal yang sama seperti Bapak itu? Apakah Bastian mau membantu mengurus anak mereka? Apakah Bastian mau membantu mengurusi pekerjaan rumah? PASTI TIDAK!!! Dia mau enaknya saja. Giliran susah malah kabur. Pada calon istrinya saja dia tidak bisa bertanggung jawab, bagaimana mau bertanggung jawab terhadap anak dan keluarganya kelak. Dasar lelaki sialan.
Tanpa sadar Tiara menusuk bakso dengan garpu sekuat tenaga sampai kuahnya muncrat mengenai mata. Tiara kalang kabut mencari air dan tisu. Matanya pedas. Mang Jajang memberikan air mineral kemasan pada Tiara. Dia langsung menuang air ke bagian matanya sambil mengerjap-ngerjap.
Bastian sialan! Bukan Cuma di kehidupan nyata aja dia nyusahin orang. Dalam pikiran aja dia bisa membuat orang menderita.
***
Leo melewati tempat Mang Jajang biasa mangkal. Sebuah gitar bersarung kulit hitam bertengger di punggungnya. Kemeja kotak-kotak merah, celana jeans biru, dan sneakers hitam putih membuat penampilannya sungguh menawan. Rambutnya pun tertata rapi.
Leo melihat Tiara yang sedang membersihkan matanya dan langsung menghampiri adiknya itu.================================
Siapa yang penasaran sama cast yang aku pakai untuk Bastian???
Rasa penasaran kamu akan segera terobati. Aku kasih bocorannya.
Senyumnya Refal Hady manis banget ya. Pasti banyak cewek klepek-klepek. EkwkkwwYang kemaren udah berasa mau nampol, pingin mukul, pingin gigit, apakah perasaan kalian masih sama seteleh melihat tampang cowok ini?
😁
KAMU SEDANG MEMBACA
SKINNY LOVE
ChickLit[TAMAT] [Telah TERBIT di Penerbit Cerita Kata] Tiara akan menikah dengan Bastian, tapi acara pernikahan mereka batal dilaksanakan karena seorang perempuan mengaku telah dihamili oleh Bastian. Lelaki itu kabur meninggal Tiara yang juga sedang hamil...