keola sudah menyukai varo sejak masih kelas tujuh. dan dalam tiga tahun itu ia belajar cukup banyak.
jadi hari ini biar nona muda keola yang cantik bak putri kerajaan ini memberikan tips untuk kalian yang cintanya bertepuk sebelah tangan seperti keola.
satu, tidak perlu memakasakan. kuncinya adalah ini, kalian tidak perlu memaksakan kalau memang tidak kuat.
kalau kalian merasa move on adalah cara yang baik lakukanlah. tapi keola tidak berpikir seperti itu.
seperti yang sudah dijelaskan pada awal cerita ini, keola tidak mau cintanya sia-sia saja selama tiga tahun, makanya ia tak menyerah.
tapi ia juga lelah berjuang, itu sebabnya ia juga tidak mau berjuang untuk varo lagi.
jadi dia akan diam di tempat, menunggu varo untuk menghampiri atau pergi selamanya.
selama janur kuning belum melengkung pasti masih ada kesempatan kok.
dua, jangan berlarut dalam kesedihan. biasanya cinta sepihak akan terasa sakit dan menyedihkan tapi ada baiknya jika kalian tidak selalu bersedih terus menerus.
hidup akan terus berjalan, menangis terus menerus tidak akan menyelesaikan segalanya.
keola tidak melarang kalian untuk menangis, tapi sebaiknya jangan terus-terusan bersedih.
sejenak saja kemudian bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kalian baik-baik saja, cinta sepihak ini memberi pelajaran pada kalian untuk menjadi pribadi yang lebih kuat.
tiga, kembali perhatikan sekelilingmu. ada saatnya kalian lelah menghadapi hubungan cinta seperti ini.
saat keola lelah ia akan mencoba melupakan semuanya sejenak. seolah ia tak pernah mengenal varo.
keola akan kembali melihat ke belakang, bahwa ada banyak orang yang selalu setia menemaninya.
ketika ia lelah, teman dan keluarga akan jadi tempat bersandar yang terbaik. seperti kelakuan di luar nalar vani dan curhatan mala tentang kakak kelas ganteng yang mendekatinya. atau pelukan karin, kakaknya, yang hangat bak pelukan ibu.
untuk sejenak ia bisa melupakan varo. melupakan semua yang sudah dilaluinya.
dan ketika di esok hari keola terbangun ia akan mendapati bahwa dirinya jauh lebih siap menghadapi hari-hari yang lebih berat.
untuk keola, semua ini pada dasarnya tidak perlu diambil terlalu pusing, lewati saja seperti hari-hari biasa.
tetap hidup bahagia walaupun belum menerima cinta dari dia, kalaupun ia memang yang terbaik pasti Tuhan akan berikan.
sekian tips dari keola.
—anindita—
aku makin ngadi-ngadi aja bikin nih buku wkwkwk, btw wattpad tampilannya berubah ya? aku kaget kirain salah aplikasi dong ㅠㅠ
KAMU SEDANG MEMBACA
anindita | doyjin
Fanfic❝pada jiwa yang bersimpuh, ada raga yang rapuh, dan hati yang ingin berteduh❞ ft. doyoung treasure and yujin izone a' series, sixth book. cover by @IHaveRankDeppression