Terkadang seseorang memberimu pujian hanya untuk membuatmu bahagia atau mereka menyukai sesuatu yang kamu buat atau lakukan.
Apakah kamu pernah berharap semua orang memberimu pujian?
Apakah kamu pernah berharap beberapa orang memperhatikanmu?
Pernahkah kamu merasa kamu benar-benar membutuhkan pujian orang lain untuk membuatmu lebih semangat untuk melakukan sesuatu?
Pernahkah kamu menyadari pujian dapat memberikan efek buruk bagimu?
Pujian adalah racun, pujian membuatmu merasa kamu lebih unggul.Ketika beberapa orang memberimu pujian,Kamu mungkin merasa seperti kamu lebih dari orang lain dan merasa kamulah yang terbaik. Efek buruk dari ini,kamu bisa melupakan rencanamu atau kehilangan keinginan untuk menggapai mimpimu Karena kamu sudah senang dengan pujian orang lain.
Efek buruk lain dari pujian adalah,kamu dapat kecanduan dengan pujian. Jika beberapa orang tidak memberimu pujian,kamu bisa kehilangan keinginan untuk melakukan sesuatu atau berpikir kamu tidak cukup baik, kamu berpikir semua orang membencimu atau kamu berpikir dirimu membuat hal-hal yang buruk dan merasa tak pantas.
Dan efek buruk terakhir dari pujian adalah,kamu dengan mudah mengukur kemampuan, bakat, dan kekuatan dirimu dengan pujian. Jika seseorang mendapatkan lebih banyak pujian darimu,kamu merasa kalah darinya.
Ketahuilah bahwa pujian itu beracun bagimu.
"Terkadang memberi seseorang pujian bisa membuat mereka bahagia dan merasa pantas, tetapi bisa menjadi kalimat beracun yang dapat menghancurkan seseorang".