Alexithymia - Mental Illness

350 29 11
                                    

Indication Of Aiden Mental Illness

So, di Chapter ini aku akan membedah indikasi mental illness-nya Aiden. 

Dan karena kondisi Aiden yang spesial Lee masih memberikan terapi dasar tanpa obat atau tindakan lainnya.

Lee hanya memberikan psikoterapi jenis Terapi Perilaku Kognitif yang bertujuan untuk mengevaluasi pola pikir, emosi, dan perilaku yang menjadi sumber masalah dalam kehidupan pasien aka Aiden. Sebenarnya disini Lee bisa melakukan beberapa tindakan lain yang bisa masuk lebih dalam pada diri Aiden tapi dia harus sesuaikan lagi dengan kondisi kesehatan Aiden. Dari segi pandang psikologi, Aiden ini mengidap  Alexithymia.  

Melihat sesuatu yang lucu, seperti acara komedi di televisi, umumnya bisa membuat kebanyakan orang tertawa hingga terbahak

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Melihat sesuatu yang lucu, seperti acara komedi di televisi, umumnya bisa membuat kebanyakan orang tertawa hingga terbahak. Kebalikannya ketika berhadapan dengan situasi yang memilukan atau menyayat hati, rasa tidak tega atau kesedihan mungkin menyelimuti hati. memainkan peran penting dalam menentukan cara berpikir dan berperilaku untuk mengambil keputusan dan bertindak. Emosi yang dirasakan membantu untuk bertahan hidup, menghindari bahaya, serta berempati dengan orang lain. 

Alexithymia adalah suatu keadaan ketika seseorang tidak mampu mengeluarkan emosinya bahkan ia tidak tau emosi apa yang sedang ia rasakan. Tak jarang ia juga tidak bisa membaca emosi dari lawannya.  

Mengenal Alexithymia,

Sebetulnya setiap orang mungkin saja kadang merasa tidak bisa merasakan emosi alias "mati rasa" sesekali dalam hidupnya. Misalnya saat merasa amat sangat kewalahan dengan segala polemik hidup, pikiran otomatis sudah dipenuhi oleh segala tetek bengek yang berkaitan dengan pekerjaan atau permasalahan yang menyita pikiran itu, sehingga secara emosional justru jadi cenderung kurang responsif ketika mendapat berita baik.

Sampai batas tertentu, reaksi ini masih terhitung wajar. Namun ketika kecenderungan "mati rasa" emosional yang dirasakan sampai menetap dalam waktu lama, terjadi berulang-ulang, serta hingga mengganggu aktivitas dan bahkan merusak hubungan orang tersebut dengan orang lain yang bahaya. Karena pada dasarnya manusia juga membutuhkan peran sosial untuk beradaptasi dan melanjutkan hidupnya.

Lantas kalau tidak bisa merasakan emosi, apa yang terjadi pada penderita Alexithymia?

Secara umum, ciri utama dari alexithymia adalah ketidakmampuan mengungkapkan emosi.

Ketika berinteraksi dengan orang lain, mereka yang mengalami alexithymia cenderung menunjukkan perilaku sebagai berikut:

1. Kesulitan mengenali emosi dan perasaan.
2. Kesulitan membedakan antara emosi dan respons tubuh terhadap emosi tersebut.
3. Kesulitan mengenali serta merespons emosi orang lain, termasuk ekspresi wajah dan nada bicara.
4. Memiliki cara berpikir yang sangat logis dan kaku tanpa menyertakan perasaan.
5. Tidak mampu menyampaikan perasaannya dengan baik.
6. Tidak memiliki mekanisme pengalihan emosi yang baik saat menghadapi stres.
7. Jarang berimajinasi atau berfantasi.
8. Terkesan kaku, menjauhkan diri, tidak punya selera humor, dan cuek terhadap orang lain.
9. Merasa tidak puas akan hidupnya.

(END) Detachment -  Aiden Ann MirendeffTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang