Sesi Q & A

10.3K 810 122
                                    

Hallow semua 😘 apa kabar?? Selamat tahun baru ya semuanya. Hampir dua bulan kita tidak bersua 😁. Oh ya, ini karya baruku ya. Mungkin ada beberapa pertanyaan yang ada di dalam pikiran kalian, ijinkan aku menjawabnya,

Reader : ErKa, kenapa novel baru tidak di posting di platform lama? Kenapa harus pindah platform?

Aku : Jadi begini, novel ini aku buat tanpa menggunakan outline (kerangka berpikir). Jadi murni asal tulis. Aku tidak tahu nantinya novel ini akan mengarah kemana. Jadi jangan berekspektasi terlalu tinggi ya.

Reader : Kenapa nulis tidak pakai outline?

Aku : Kemarin aku sudah buat 3 outline untuk 3 novel berbeda. Aku berusaha mengembangkan cerita itu, tapi susah untuk dikembangkan. Pada akhirnya aku stuck, tidak mengalami kemajuan. Minta saran dari beberapa orang, pada akhirnya menghasilkan kesimpulan, "tulislah apa yang ingin aku tulis. Jangan berpikir terlalu dalam tentang market share, mainstraim/anti-mainstraim sebuah cerita. Tulislah seperti biasanya."

Okey, pada akhirnya aku benar-benar menulis apa yang ingin kutulis tanpa berpikir tulisan ini akan disukai atau tidak. Ada pangsa pasarnya atau tidak. Tulisannya sudah terlalu mainstraim atau tidak.

Oh ya, kembali ke pertanyaan, mengapa aku posting cerita ini di sini?

Jadi untuk update cerita ini tidak tentu. Update suka-suka hati ketika otak ada ide untuk menulis dan badan tidak sedang lelah. Di platform ini tidak ada ketentuan harus update setiap hari dan tidak mengikat. Sedangkan di platform sebelumnya, bila aku updatenya tidak rutin, akan mempengaruhi level yang berimbas terhadap performaku.

Untuk sementara cerita ini aku update di sini. Nanti setelah episodenya lumayan banyak, aku pindahkan ke platform sebelumnya. Jadi readers yang tidak menginstall aplikasi ini bisa membacanya.

Cukup sekian pengumuman tidak pentingnya. Terima gajih 🤭🙏😘

The Best PartnerTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang