Siang malam yang gue lalui seperti kincir angin yang ditiup angin. Gue merasa ada semangat baru semenjak gue mengenal Doter Meyda. Maklum, sampai sekarang gue memang masih pusing sama pekerjaan yang gak kunjung gue dapat. Tapi dengan kehadiran Dokter Meyda, gue jadi tambah semangat buat melalui hari-hari.
Kayak hari ini, sore abis ngajar les gue buru-buru masuk kamar mandi supaya gak keduluan si Vita. Gue bahagia banget lantaran waktu maghrib mau dateng. Gue berharap bisa ketemu sama Bu Dokter pujaan hati gue, setelah beberapa hari ini gue gak lihat Bu Dokter di masjid. Kata Nilam sih, kemaren-kemaren Bu Dokter keluar Kota. Dan hari ini Bu Dokter Meyda udah balik dari luar Kota. Gue yakin pasti maghrib ini Bu Dokter ke masjid lagi.
Begitu bahagianya gue, sampai-sampai tanpa disadari, gue nyanyi-nyanyi sambil mandi. Selesai mandi gue buru-buru mencari baju koko sama sarung, soalnya gue mau buru-buru ke masjid. Sejenak gue intip langit sore, kayaknya bentar lagi bedug maghrib nih. Baju koko udah ketemu, soalnya menggantung di kastok, tapi....gue masih bingung mencari sarung.
Sampai-sampai gue ngeluarin semua isi lemari, cuma gara-gara mencari sarung. Hari ini gue pingin pakai sarung, biar gue kelihatan tambah ganteng. Mudah-mudahan...gue bisa ketemu dia. Hadduuh akhirnya gue menyerah.
"Hadddduuuuuh dimana...sarung gue! Mana itu sarung satu-satunya lagi. Dan dipakenya kalo lebaran doang, setahun sekali. Eh dua kali, Idul Fitri sama Idul Adha."
"Ooo mungkin Nyokap tahu."
Gue membuka sedikit pintu kamar, trus kepala gue sedikit melongok. "Ibu..tahu sarung Deni gak?"
Setelah gue pasang kedua telinga, teliti mendengar sekitar gue. Ternyata Nyokap gak menjawab. Gue tanya lebih keras, "Ibu...sarung Deni di mana?"
Ternyata Nyokap masih gak menjawab. "Haaa...ke mana sih Ibu."
Gue buru-buru pakai parfum. Abis itu gue memakai baju koko warna coklat muda, tapi gue masih memakai handuk. Setelah itu gue buru-buru turun ke lantai satu, mencari Nyokap ke ruang tengah, tapi ruang tengah ternyata kosong.
Gue juga pergi ke dapur, tapi ternyata di dapur Nyokap juga gak ada, dan rumah ini sepi banget. "Kemana semua orang di rumah ini?"
Gak sampai lima menit, Bokap keluar kamar. Seperti biasa Bokap udah rapi memakai seragam resmi sholat, baju koko putih dan sarung, juga peci.
"Eh Deni. Kamu ini apa-apaan sih! Pakai baju setengah-setengah, ikut-ikutan siapa kamu?!" Di ujung perkataan suara Bokap lebih tegas sambil meneliti gue. Jadinya gue pun tersentak kaget, trus langsung melihat baju sama handuk yang gue pakai.
"Ayo cepat ganti! Sebentar lagi azan maghrib." Bokap tegas sambil melotot.
Gue cuma nyengir sambil garuk-garuk kepala, walau gak gatel. Tetiba terdengar suara motor masuk ke garasi rumah. Pasti itu Nyokap sama si Vita. Gak lama kemudian Nyokap sama Vita masuk ke dalam rumah, tapi wajah Nyokap pucat banget dan lemes. Setelah Vita menuntun Nyokap, Nyokap pun duduk di sofa ruang tengah.
"Ibu dari mana?" Tanya gue sambil mendekati Nyokap.
"Ibu habis dari Dokter." Jawab Nyokap pelan.
"Ibu sakit apa?" Tanya gue sambil duduk di samping Nyokap.
"Ibu gak apa-apa, mungkin cuma masuk angin aja."
Vita membawa segelas teh hangat, trus meletakannya di meja di depan Nyokap. Selang 1 menit azan maghrib berkumandang keras. Tetiba Nyokap meneliti gue yang masih duduk di sampingnya. "Deni, pakaian kamu kok kayak gini? Kamu mau ke masjid atau mau mandi?"
Dengan wajah tegas Bokap menghampiri, trus sejenak duduk di sofa. "Tuh kan, apa Bapak bilang! Cepat ganti handuknya! Trus ke masjid. Kamu ini aneh-aneh aja."
KAMU SEDANG MEMBACA
TUPAI ( TERUNTUK KAMU YANG TAK BISA KUGAPAI )
RandomIni kisah seorang cowok yang baru lulus kuliah S1 jurusan teknik sipil. Cowok rumahan yang nggak dimanja Ibunya ini bernama Deni Sumantri. Nggak tanggung-tanggung si Deni blasteran dari tiga negara. Sayangnya si Deni yang ganteng dan keren ini memp...