Air Mata Wisuda

473 34 9
                                    

Nama gue Deni. Gue anak rumahan yang gak pernah main game. Gue anak rumahan yang gak main boneka dan juga anak rumahan yang gak manja. Gue anak rumahan yang seneng banget main "Tumpuk-tumpuk". Itu bahasa waktu kecil, waktu gue masih pakai popok kalo mau keluar rumah.

Gue suka banget buat gedung, rumah, tower cran, jembatan, jalan tol, pokoknya semua yang berbau dengan pembangunan. Mainannya juga gampang didapat dan gak perlu keluar uang banyak, cuma pakai balok-balok kayu atau potongan kayu dan puzzel kotak-kotak.

Bokap sama Nyokap sengaja selalu menyiapkan semua mainan itu untuk gue, jadi gue gak merasa bosan di rumah. Semua itu karena Nyokap melarang gue main keluar rumah. Nyokap khawatir banget sama gue yang punya masalah sama jantung.

Kata Nyokap, waktu masih bayi jantung gue pernah bocor. Gue sering keluar masuk rumah sakit. Keadaan Bokap dan Nyokap saat itu gak memungkinkan untuk mengoperasi gue. Jadi akhirnya Nyokap selalu menjaga gue supaya bisa bertahan. Itu kata Nyokap.

Sekarang gue udah gede, gue udah sekolah tinggi dan gak pakai popok lagi. Tapi tetap aja gue gak bisa kecapean. Kalo udah kecapean, badan gue lemes banget, rasanya kayak mau pingsan aja. Mungkin karena aliran darah ke jantung gue ini jadi berkurang.

Dan hari ini adalah hari yang penting banget bagi gue. Sampai-sampai dari semaleman gue kurang tidur. Malah gak bisa tidur mikirin indahnya hari ini. Hari indah yang gue tunggu-tunggu banget.

Karena itu sepulang dari masjid sama Bokap, gue udah ribut mempersiapkan sendiri semua perlengkapan wisuda. Berkali-kali gue cek, selalu gue cek dan selalu gue cek. Gue gak mau di hari yang penting ini jadi rusak gara-gara masalah sepele, karena keteledoran gue.

Nyokap gue yang selalu sholat subuh di awal waktu gak pernah berhenti ngomel, tapi baguslah seegaknya omelan Nyokap selalu mengingatkan kalo hari ini gue bakal diwisuda. Dan itu artinya gak boleh ada perlengkapan wisuda yang ketinggalan, termasuk kaos kaki yang sering lupa gue pakai.

"Deni...bajunya udah disetrika belum? Mau pakai baju yang mana? Celananya juga, semuanya harus rapi." Suara Nyokap keras dari dapur.

"Iya Bu...ini lagi disetrika."

"Trus baju wisudanya udah disiapkan belum? Disetrika juga.....topinya sekalian. Eh, masak topi wisuda disetrika?" Di akhir perkataan suara Nyokap agak pelan.

"Deni topinya jangan disetrika, nanti malah gak jadi topi." Seru Nyokap.

"Iya Bu..." Suara gue keras, sambil sedikit menoleh ke arah suara Nyokap.

"Jangan lupa kaos kaki putih yang sepasang udah Ibu talikan."

"Iya Bu..." Setelah itu gue tersenyum kecil sambil menggelengkan kepala.

Ibu memang Nyokap yang mengerti banget sama kekurangan anaknya. Nyokap juga hapal kalo dari dulu gue sering lupa memakai kaos kaki. Gue sering gak memakai kaos kaki, kalaupun gue memakai kaos kaki pasti sering gak sepasang.

Dan gara-gara kaos kaki juga, gue sering diledek sama temen-temen. Mereka sering ngatain gue cowok cupu, walaupun gue merasa bukan cowok cupu. Gue cowok keren. Badan gue sedikit berotot, dan gue tinggi. Wajah gue juga ganteng, mirip sama.....Iko uwais, yang sering main film laga, walaupun....gue gak bisa berantem.

Mmm kata Nyokap sih, kegantengan gue itu hasil perpaduan dari Thailand, Sunda, sama sedikit Turky. Kata Nyokap juga gue mirip banget sama Kakek, Bapak dari Nyokap yang jatuh cinta dan menikah sama Nenek yang asli orang Sunda.

Oh iya, balik lagi ke kaos kaki. Dari kejadian kaos kaki itu, gue punya sahabat yang...ya...ternyata cupu juga, malah kayaknya lebih cupu dari gue, bentar lagi dia pasti datang.

TUPAI ( TERUNTUK KAMU YANG TAK BISA KUGAPAI )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang