Cari Pisang Ketemu Kertas

112 11 1
                                    

Hari yang cerah, tapi gak secerah hati gue yang kelabu, mendung bahkan sebentar lagi kayaknya gerimis bakal turun. Gara-garanya sampai hari ini gue masih nganggur.

Hah! Kalo gak kuat iman bisa-bisa gue depresi kayak kebanyakan artis luar negeri. Dan ujung-ujungnya memilih bunuh diri. Itu kalo gue gak kuat iman. Soalnya yang ngasih ketenangan disaat menghadapi kerumitan dan tekanan hidup cuma Tuhan.

Beda depresinya sama arti-artis itu, gue gak kerja di luar rumah, gak ada yang ngejar-ngejar dan nyereweti gue, selain si Vita sama Nyokap. Jadi mungkin bisa dibilang gue depresi lantaran dipingit Nyokap. Haddeuuuh! Habis terang terbitlah gelap kayaknya hidup gue.

Satu-satunya yang menguatkan gue juga, perkataan Pak Uztad yang gue denger di masjid, kalo berbuat baik itu jangan kayak bajing luncat, yang setengah-setengah dan gak ikhlas. Sebagai anak yang berbakti gue harus bantu Nyokap, nolongin si Vita resek adik gue, dan ngikutin kebiasaannya Bokap. Siapa tahu...walau gak kerja di kantor kontraktor, nasib gue semulus gedung bertingkat.

Tetiba gue mematung, mikirin gedung bertingkat yang mulus. Hm! Pasti tuh sekolahnya gak lulus-lulus. "Emang gedung bertingkat ada yang mulus?"

Sepulang dari nganterin Vita ke sekolahnya, Nyokap nyuruh gue membeli terigu sama pisang buat pisang goreng. Gak buang-buang waktu gue langsung pergi ke garasi setelah gue terima uang dari Nyokap. Seperti biasa, Nyokap minta gue gak berangkat sebelum gue memakai jaket!

Abis memakai jaket levis warna biru, Scoopy hitam manis kesayangan meluncur ke satu-satunya toko di Kompleks ini. Siapalagi kalo bukan warungnya Bu Bagyo. Tapi ternyata di warung yang sekelas mini market ini pisang buat pisang goreng lagi kehabisan stok.

Kata Bu Bagyo yang punya warung, gak tahu kenapa hari ini, pisang buat pisang goreng sama terigu mendadak kayak artis-artis dadakan yang viral. Semuanya ludes dalam hitungan jam setelah warung dibuka gak sampai 2 jam. Hadeeeuuuuh!

Akhirnya gue putar balik dan melaju lagi ke rumah. Tapi Scoopy berhenti mendadak saat inget perkataan Nyokap yang tegas, "Belikan pisang buat pisang goreng."

Kalo gue pulang ke rumah gak membawa terigu sama pisang, Nyokap pasti bakal nyuruh gue cari warung yang buka yang ada terigu sama pisang buat pisang goreng. Haaa mending gue langsung aja cari sekarang, sebelum gue disuruh Nyokap.

Akhirnya gue putar balik Scoopy dan melaju keluar kompleks, soalnya warung di kompleks segede ini cuma ada satu, warung Bu Bagyo. Di jalan raya yang lumayan ramai ini sesekali gue menengok ke kiri dan kanan jalan, mencari warung yang ada pisangnya ngegantung di depan warung, soalnya pisang itu selalu digantungin.

Setelah menembus keramaian gue melewati jembatan. Gak diduga gue lihat Aldo lagi jalan di atas jembatan. Hmm kalo dilihat-lihat...kayaknya nih dia lemes banget. Gue samperin si Aldo dari belakang, trus gue mencet klason berkali-kali, tapi Aldo gak menoleh, dan malah tetep jalan sambil menundukkan kepala.

"Eeeeh kenapa sih sama si Aldo, gue samperin gak noleh." Gue menggerutu pelan.

Gue gas lagi scoopy, trus gue rem tepat di sebelah Aldo. "He Aldo, lo kenapa sih? Gue samperin, lo malah jalan."

Aldo yang kaget banget bilang, "Deni, sejak kapan lo di situ? Eh mau ke mana lo?"

"Gue dari tadi di sini...kenapa sih lo lemes banget, pasti..."

"Ditolak lagi." Aldo memotong dan mendadak lemas.

"Ditolak siapa?"

"Ya siapa lagi, sama calon pekerjaan." Jawab Aldo gregetan sambil melotot.

"Udah...tenang aja. Bentar lagi pasti lo dapet kerjaan, yang penting jangan nyerah." Kata gue sambil menepuk-nepuk pundak Aldo.

"Tapi gue frustasi banget Den. Puluhan surat lamaran gue kirim, tapi gak ada akhir yang baik. Paling bagus gue bisa wawancara, tapi....ujung-ujungnya ditolak juga."

TUPAI ( TERUNTUK KAMU YANG TAK BISA KUGAPAI )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang