"Hei, bisakah kau bergerak?"
"Maaf. Tapi semakin lama aku merasa diriku semakin keras. Aku tidak bisa berputar sedikit pun."
"Baiklah, tak apa. Aku akan mencoba membantumu bergerak."
"Kau bisa apa? Lihat dirimu, kau begitu kecil."
"Tapi kau sangat besar. Mungkin jika aku berhasil membuatmu bergerak, kau akan menggerakkan semuanya."
"Baiklah, silakan mencoba."
Sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil. Begitulah apa yang sering dikatakan.
Tapi menurutku itu tidaklah masuk akal.
Kenapa? Bayangkan ketika kau mendapatkan sesuatu yang besar, menyelesaikan sesuatu yang berat dan menuntaskan sesuatu yang panjang tapi yang kau lakukan hanya hal kecil.
Apa itu adil?
Semua butuh pengorbanan, semua butuh semangat dan semua butuh kerja keras.
Lalu dimana bagian "hal kecil" nya?
Jika hal kecil itu tidak mengacu pada semangat, namun pada ukuran yang diremehkan, itu mungkin masuk akal.
Lihat dia disampingku. Dia begitu kecil, tapi semangat nya begitu besar dan memancar kemana-mana.
Bagaimana denganku? Aku besar. Seharusnya akulah yang mampu menggerakkan semuanya.
Tapi aku mulai berhenti mencoba. Aku berspekulasi aku tidak mampu bergerak lagi.
Jadi apa yang kusebut hal besar itu juga percuma jika kau tidak memiliki semangat.
Semangat, nak. Kau bisa, kau mencurahkan semuanya agar dirimu berguna untuk lainnya.
Dengan semangatmu itu, kami ingin kembali mencoba. Kami ingin kembali bergerak. Kami pasti bergerak.
Jika roda kehidupan kami berhenti bergerak. Maka kami ingin hidup sebagai roda yang bergerak.
"Aku pasti bisa!" Dia menggerutu dengan ambisinya sendiri.
Kami semua sebagai saksi melihatnya. Melihat betapa melimpah semangatnya.
Dia bergerak, aku bergerak, semuanya bergerak.
Tapi kami adalah bagian dari mesin yang mati.
Apa itu ada artinya?
25-03-2021
KAMU SEDANG MEMBACA
Mono Story
Short StoryCerita yang aneh Sebuah antologi tentang cerita yang beragam. tidak memikirkan plot, latar belakang dan karakter. hanya cerita yang akan berjalan sedemikian adanya. **Mono Story berasal dari kata Mono : monoton. Bisa juga berarti satu (1). Juga ber...