12. Hidup diatas kertas

10 7 0
                                    

Pernahkan kamu berpikir, dunia ini seperti menuntut hal yang mutlak. Walau sepele, ketika kau tidak memilikinya, entah berbagai pandangan diarahkan padamu.

Hidup ini, seperti diatas kertas. Kita bagaikan bidak yang berjalan memutar, kembali ketitik awal, mendapat uang, menghabiskannya lalu kembali berputar lagi.

Atau diatas kertas ketika kau mengambil jalan beberapa langkah dan berharap menemukan tangga, berharap terhindar dari ular.

Atau kau bisa keluar dari atas kertas itu dan menjalani kehidupan yang tiap harinya kau laporkan pada kertas

Ketika kau lahir di dunia ini, mereka akan mencatat mu, menjadikannya sebuah identitasmu.

Ketika kau bersekolah, kertas yang kau coret akan menjadi bekalmu. Berisi semua yang kau pelajari.

Mereka juga memberikan kertas padamu, sebuah bukti kau berhasil menyelesaikan pendidikanmu. Padahal tidak selalu membutuhkan itu untuk membuktikanmu terpelajar.

Namun, untuk menafkahi hidupmu, kertas itu diperlukan. Membuktikan prestasi dan kompetensimu.

Semua yg kau pelajari pada mulanya ada diatas kertas. Terkadang kau tidak perlu menyaksikan langsung untuk mengetahui sains, sejarah ataupun seni.

Mungkin saja, kebebasan mu juga ada diatas kertas

28-08-2021

Mono StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang