Chapter ini tempat memvalidasi, ini Mas Andre yang kita cari atau bukan wkwkkw
Major setting still in Waisai, Raja Ampat
***
Sepanjang hari, Jordy kepikiran soal kata-kata dari Albertus, sopir mobil lokal jemputan yang membawa mereka ke desa ini. Dahinya ngerut nggak jelas. Sementara tangannya masih sibuk ngebongkar perlengkapan seperti laptop, kamera, dan recoder yang harus dicek setelah turun dari pesawat."Wah, lengkap juga ini, udah kayak liburan," seru Pak Ari, dosen mereka pas liat pemandangan di jendela dapur belakang. Tepat menghadap ke laut. "Kita bisa cek ombak tiap pagi sebelum berangkat riset. Asik nih, harusnya ada anak Antropologi nih, bagus buat nulis etnografi,"
"Ya kan Bapak udah saya saranin waktu itu, tapi kata Bapak mau fokus sama mineral sini." Seru sih nonton Pak Ari didebat sama Mas Datu tiap hari, batin Jordy. "Eh iya, Jord. Jangan lupa ngabarin orang rumah,"
Mas Datu nepok bahu Jordy yang masih beberes. "Udah kok Mas, baru aja. Yang bersangkutan lagi beberes rumah soalnya hehe," Yap, Tantra tadi ditelpon pas lagi ngerendem cucian. Dia janji bakalan nelpon 2 jam lagi soalnya mau beberes sisa barang pindahan.
"Gausah formal-formal. Udah bukan senior-junior lagi." Mas Datu ngepalin tangannya, ngajak tos. "Udah temen kerja sekarang, bakal 3 bulan gue ketemu lo, udah jadi keluarga, liat aja nama grup udah diganti jadi 'Anak Bapak Ari' ama Lord," bisiknya pas ngomongin dosen yang lumayan nyentrik itu.
Emang sih, Jordy keliatan paling kikuk di antara mereka bertiga. Bahkan saat Mas Datu ngebantuin dia beberes, dia takut salah. Deg-degan, lebih serem dari diomelin Kala pokoknya. "Emang Mas Datu udah ngehubungin Angel?-- Btw, sinyal lumayan stabil dah,"
Mas Datu ngecek hp-nya. "Di Jogja jam 8, harusnya Angel masih sekolah minggu dan belum keluar gereja sih, nanti deh," kata Mas Datu. Dia ngeluarin rosario dari dalem tasnya dan naruh di meja kerjanya yang udah dibagi areanya sedemikian rupa. "Jord, gapapa kan gue naruh rosario di sini?"
"Kalo lo oke gue gelar sajadah di sini, gue mah santai, Mas. Humanity above religion gue mah, haha," canda Jordy. Dia tau kalo Mas Datu pasti takut dia ngerasa nggak nyaman karena beberapa gelombang isu yang beredar soal agama beberapa tahun terakhir ini. Dari kecil Jordy udah hidup di lingkungan yang beragam jadi nggak kaget. "Mas, Angel yang jagain siapa kalo lo dinas kayak gini?"
Jordy tau sih ini terlalu cepet. Tapi jujur aja, dia kehabisan topik pembicaraan. Tapi untungnya Mas Datu sekarang friendly, gak galak banget ke dulu.
"Sama nyokap gue, emang dari Angel lahir kita selalu bertiga sih, untung nyokap dikasih sehat sampe sekarang," Mas Datu cerita sambil ngelipetin ulang bajunya dan masukin ke lemari tua di kamar itu.
"Sorry, em... Ibunya Angel kemana Mas?" tanya Jordy.
Mas Datu nggak sekalipun ngehindarin pertanyaan itu. Udah biasa. "Ada kok, tapi di Belanda, nikah sama orang sana dan she will never comeback I think. 'Move on' things,"
Entah gimana ceritanya Mas Datu cerita kalo dulu dia bebas banget. Sampai pas kelulusan SMA-nya, dia sama temen-temennya main ke Vila dan akibat udah kepalang nafsu, dia having sex sama ceweknya. Yaudah sampai akhirnya si cewek hamil. Mas Datu mau tanggung jawab dan rela kerja part-time jadi content writer. Jujur dia sayang banget sama keluarga kecilnya sampai bayi perempuan bernama Angeline Romaria Agni.
Berat jadi bapak umur 18 tahun, dan untung Mamanya saat itu fully support dan sayang banget sama Angel. Bahkan sampe dikontrakin satu unit apartemen. Tapi setelah Angel umur 4 bulan, tiba-tiba Mas Datu nemuin rumahnya kosong dan cuma ada Angel yang waktu itu nangis di tempat tidur. Semua baju istrinya Mas Datu gaada dan cuma ninggalin secarik kertas yang menyatakan kalo dia pengen pisah dari Mas Datu. Pergi ke tempat yang dia mau. Bahkan keinginan ini sempet dipertanyakan sama keluarga si cewek. Tapi Mas Datu lebih milih buat fokus ngebesarin Angel dan nggak mau Angel punya kehidupan keluarga yang toxic. Bahkan Angel pun hanya sekadar tau yang mana ibunya soalnya dia nggak pernah dihubungi. Terakhir ya pas mau nikah sama si bule.
KAMU SEDANG MEMBACA
Muchas Gracias! [END]
Fanfic7 bulan setelah Andreas pergi hilang entah kemana. Band Teng udah nggak lagi sama. Apalagi semua udah mulai sibuk sama urusan masing-masing. Sam yang menata kehidupan tanpa Andreas, Martin dan Kala yang repot ngurus bayi yang lagi aktif-aktifnya dis...