"Hmmm San, kita deket udah lumayan lama kan? enam bulan gak sih?"
"Eh iya Mas Kun, kenapa ya?"
"Aku mau, aku mau hubungan kita lebih serius—"
"Uhukk uhukk eh gimana, gimana?" Sana yang lagi enak-enak makan ramen auto keselek dong denger omongannya Kun.
"—pelan-pelan makannya, sorry kalo mendadak gini" Kun dengan perhatian ambilin Sana minum sambil nepok-nepok punggung Sana lirih.
Sana sih seneng bukan main sebenernya, risih? engga-engga, Sana malah ngerasa beruntung Kun mau ajak dia ke jenjang yang lebih serius. Secara enam bulan deket tanpa ada kepastian, padahal sama-sama sayang. Belum lagi Kun tipenya Sana banget, ganteng, perhatian, orangnya soft, dan yang terpenting Kun udah mapan secara finansial. Tapi...
"Iya Mas Kun gak papa kok, cuman Mas Kun yakin sama aku?"
"Yakin San, aku udah pikirin ini baik-baik dari kemarin. Masalah keyakinan aku bisa ngomong ke orang tua ku kok" Kun megang tangan Sana lembut. Gimana ya Perasaan nyambung, obrolan nyambung, nyaman apa lagi, sayangnya yang satu kegereja yang satu ke musholah. Beda server.
"Tapi Mas, aku gak yakin bisa lancar-lancar aja tau sendiri kan bapak aku orangnya kaku. Belum lagi Mas Kun yang darah biru, apa gak masalah? Di umur Mas Kun segini pasti cari yang gak cuman jadi pacar aja kan?" Sana nunduk, mau nangis cuman dia tahan. Sana sayang banget kok sama Kun, tapi beda agama yang mereka alami bener-bener bikin hubungan mereka stuck di situ-situ aja.
"Sana..." Kun ngelus ujung rambut Sana, Kun tau perempuan di hadapannya ini lagi bingung juga sedih. Dia sekarang ngerasa egois, udah bikin suasana ngedate yang harusnya nyenengin malah canggung gini.
"Aku cuman gak mau nanti pas udah kita jalanin berakhir sia-sia. Mending Mas Kun cari yang beneran cocok aja sama Mas Kun, aku ikhlas kok" Sana cuman perempuan biasa, ngomong gitu air matanya auto netes. Di bibir doang ngomong ikhlas, hati mah udah remuk redam.
"Shhtt udah ya San, jangan nangis gini. Kenapa aku harus cari yang lain, kalo yang cocok ya yang di depanku ini—" Kun ngelap air mata Sana pake tisu, Kun sampe pindah tempat duduk biar nutupin Sana yang lagi nangis dari orang-orang. Kun emang cowok yang gantle. Ini juga yang selalu bisa bikin Sana ter Kuncoro-Kuncorokan.
"—Aku sayang San sama kamu, lagian kita bersatu karena perasaan bukan karena kita sama"
"Iya Mas, aku juga sayang. Cuman apa artinya kalo ujung-ujungnya luka" Sana boleh gak sih marah sebentar ke Tuhan? Kenapa dia harus mencintai orang yang menyembah Tuhan dengan satu huruf vokal yang berbeda.
"San... maaf kalo bikin kamu sedih gini, aku emang kelihatan egois, tapi aku bisa kok buat meyakinkan bapak kamu"
Beda agama dalam hubungan percintaan emang klise, dan kebanyakan berakhir sad ending. Secara udah banyak temen-temen Sana yang juga ngalamin. Sana paham, Kun bilang kejenjang yang lebih serius gak cuman buat pacaran seneng-seneng doang. Tapi Kun emang punya target menikah di usianya yang sekarang.
Nikah kan gak buat main-main, emang waktu belum jalanin masih bisa bilang "beda agama" bukan hal yang masalah. Tapi nikah gak cuman antara dua orang, tapi juga dua keluarga yang saling terhubung.
Bapak Sana adalah orang yang religius dan kaku, Sana gak yakin bapaknya bisa nerima Kun dengan keadaan seperti ini. Mau gimana lagi, Bapak Sana orang tua tunggal dengan anak cewek satu-satunya. Pasti beliau mau anaknya dapet yang terbaik.
Belum lagi Kun yang keturunan ningrat dari Kesultanan Surakarta yang notabennya kerajaan Islam. Apa boleh di keluarga mereka nikah sama orang yang beda keyakinan. Sana sebenernya udah sadar dari lama kalo hubungannya sama Kun mungkin gak akan berjalan mulus. Tapi Sana egois, dia seneng dan nyaman sama Kun. Harusnya Sana nolak aja waktu Kun ngajak dia kenalan pertama kali.
KAMU SEDANG MEMBACA
PONDOK TAMAN EDEN
HumorSekilas emang mirip nama sektenya Lia Eden sih. Eits! Tapi jangan salah dulu, ini cuman nama salah satu kos-kosan di Depok. Apa sih yang diharapkan dari kehidupan anak kos, selain foya-foya di awal bulan dan melarat di akhir bulan. Hmmm ternyata an...