How Come?

59 5 0
                                    

Hari dimana nasib proposal gue ditentuin akhirnya dateng juga. Hari yang juga bakal ngasih gue kepastian antara ngelanjutin proposal itu atau ganti judul (lagi).

Sesuai jadwal yang udah diurus, pagi ini gue bakal ngepaparin proposal penelitian yang gue ajuin.

Dari semalem gue nggak henti-hentinya komat kamit kayak mbah dukun yang lagi baca mantra. Ya apalagi kalo bukan ngebaca ulang proposal yang udah gue tulis dengan susah payah selama empat bulan ini.

Seakan tau adeknya lagi spaneng, Bang Jojon selama tiga hari ini selalu nemenin dan nyemangatin gue. Nggak cuman dia, temen-temennya juga banyak yang ngasih semangat lewat chat. Perhatian yang mereka kasih bener-bener ngebantu gue nyiapin mental buat hari H sempro.

"Gimana dek? Udah siap?" Tanya Bang Joni yang udah siap di balik kursi kemudinya. Gue yang masih baca bab 4 buat mantepin persiapan nanti cuman ngehela nafas sebelum bales "Mau nggak mau, siap nggak siap, gue harus siap."

Setelah denger balesan gue, Bang Joni mulai ngelajuin mobil SUV-nya dan sekitar setengah jam kemudian, mobil putih abang udah sampe di gerbang depan fakultas. Gue yang semakin ansietas natep Bang Joni dengan tangan yang dari tadi udah sibuk megangin erat rok yang lagi gue pake kali ini.

"Dek, udah nggak usah gugup. Ada gue yang nemenin. Temen-temen gue katanya juga bakalan dateng nanti. Semangat dek! Udah disemangatin si Jepri juga kan?" Dan dengan ajaibnya, kata-kata Bang Jojon barusan ngebuat gue sedikit tenang. 

Setelah nenangin dan ngeyakinin diri sendiri, gue akhirnya turun dari mobil abang. Si Bagas yang udah nunggu langsung nyambut gue dengan senyuman yang gue tau apa maksudnya.

Setengah jam sebelum peperangan dimulai, gue dengan bantuan si Bagas langsung nyiapin amunisi. Mulai dari materi, ppt, daftar hadir sampe daftar nilai yang nanti bakal gue kasih ke dosen penguji. Akhirnya, gue bener-bener sempro hari ini!

Setelah 10 menit prepare dan dengan sisa waktu yang ada, gue ngebaca lagi beberapa bagian proposal yang kira-kira bakal ditanyain sama dosen penguji nanti. Disaat lagi fokus, suara Pak Tama yang udah di ruangan dari 5 menit yang lalu ngeinstrupsi gue.

"Kurang sepuluh menit lagi. Dosen pembimbing utama dan dosen penguji sudah diingatkan kalau hari ini kamu seminar proposal?"

"Sudah pak, tadi pagi dan setengah jam lalu sudah saya hubungi lagi." Nggak lama dari situ, dosen-dosen yang disebutin Pak Tama tadi masuk ruangan. Entah cuman perasaan gue aja atau gimana aura ruangan ini tiba-tiba lebih menegangkan daripada pas gue naik rollercoaster Dufan.

"Bagaimana Kana? Sudah siap?" Tanya dosen pembimbing utama dengan atensinya ke arah gue. "Sudah bu," Jawab gue singkat dan setelahnya beliau mulai buka acara sempro gue hari ini. 15 menit setelah gue maparin materi, waktu yang paling krusial dateng juga. Ya apalagi kalo bukan sesi tanya jawab.

Satu per satu pertanyaan dosen penguji gue simak bener-bener dan gue jawab semampunya. Meskipun nggak yakin 100% mereka puas sama jawaban yang gue kasih, seengaknya gue bisa jawab daripada enggak sama sekali.

Setelah sesi tanya jawab dan sesi lainnya yang berlangsung  hampir selama dua jam itu selesai, gue dipersilahkan untuk keluar ruangan dulu karena dospem dan dosen penguji mau diskusi apakah gue layak buat lanjut apa nggak.

"Udah.. Santuy Na. Lulus lulus, percaya deh sama gue." Kata bagas sambil nepuk-nepuk pundak gue. Gue cuman bisa bilang 'makasih' buat balesin Bagas.

Disaat lagi nunggu hasil sempro tadi, temen-temen sekelas gue yang lain pada dateng dan pada nanya hasil sempro gue hari ini. Gue yang ditanyain cuman geleng-geleng karena gue emang belum tau hasilnya apa. Nggak lama dari situ, gue disuruh buat masuk ruangan lagi.

Dospem | Kim DoyoungTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang