Materi Kesebelas
: 23 Agustus 2021
¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤
A. Pembukaan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saatnya materi dengan tema Prolog dan epilog
A. Prolog
Menurut Wikipedia, prolog; sebuah tulisan di awal sebuah karya sastra atau drama, biasanya digunakan untuk membuka cerita dan menarik perhatian.
Singkatnya, Prolog adalah sebuah istilah yang digunakan dalam karya sastra yang berfungsi sebagai kalimat atau peragaan pembuka.
Dilansir dari Wiki How, prolog adalah pengantar pengantar suatu naskah bisa berupa dialog atau kilas balik dari suatu peristiwa di dalam cerita.
Secara umum, prolog adalah penjelasan singkat mengenai alur dan karakter dalam sebuah cerita.
Prolog dibuat semenarik mungkin, agar pembaca berminat meneruskan bacaannya hingga akhir.
Prolog sendiri merupakan bagian yang sengaja ditampilkan di awal cerita untuk pengantar dari keseluruhan sebuah cerita.
Biasanya, prolog dalam dunia sastra banyak digunakan dalam novel, drama, film, dan lainnya.
📝 Jenis – jenis prolog
Berikut ini beberapa jenis prolog berdasarkan penyajian sebuah lakon:
🕰️ Tragedi
Tragedi merupakan salah satu jenis drama yang berisi cerita penuh kesedihan. Sepanjang jalannya cerita, pembaca akan disuguhkan kisah karakter yang penuh duka dan kesedihan.
🕰️ Komedi
Komedi merupakan jenis drama yang menggambarkan suasana suka cita yang biasanya berisi lelucon. Jenis drama ini menjadi salah satu yang cukup digemari semua kalangan karena akan menimbulkan tawa penonton.
🕰️ Melodrama
Melodrama merupakan jenis drama yang dialognya diucapkan dengan iringan melodi atau musik. Melodrama banyak dibuat pentas dimana para tokohnya juga ikut bernyanyi.
🕰️ Opera
️Opera adalah drama yang dialognya diiringi dengan musik. Adapun lagu yang dinyanyikan pemain satu biasanya berbeda dengan pemain lain.
Bentuk dari drama ini lebih mementingkan musik dan nyanyian, sementara para tokoh yang terlibat hanya sebagai sarana untuk menggambarkan suasana dalam cerita.
Fungsi Prolog
🐾 Sebagai kata pembuka atau pendahuluan suatu karya sastra.
🐾 Memperkenalkan para tokoh, pemeran, konflik, dan sinopsis lakon suatu cerita.
🐾 Menarik perhatian pembaca serta membuat mereka semakin penasaran dengan isi cerita.
🕰️ Perbedaan Prolog dan Pengantar
Prolog dan kata pengantar sama-sama kalimat pembuka. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan, yang dapat dilihat pada beberapa aspek, diantaranya:
💎 Pengertian
•Prolog adalah suatu bagian kata pengantar terpisah dari suatu karya sastra, musikal, maupun dramatis.
•Kata pengantar adalah pengantar dari suatu karya sastra yang ditulis oleh penulis karyanya tersebut (karya sendiri).
💎 Pengantar
•Prolog adalah pengantar suatu cerita.
•Kata pengantar merupakan pengantar karya sastra.
KAMU SEDANG MEMBACA
Yuk, Berbagi Ilmu! [SELESAI]
RastgeleTentang kami yang memiliki satu tujuan. Namun, berbeda-beda tempat tinggal, ras, agama, budaya, adat istiadat, bahasa dan rupa. Facebook menjadi awal pertemuan, hingga pada akhirnya bersatu dalam grup WhatsApp. 13 Desember 2020. Satu tahun telah be...