Materi Ke-empatpuluhsatu
: 4 Oktober 2021
¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤
A. Pembukaan
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh, selamat malam dan salam literasi.
Semalam kita telah membahas mengenai, ‘memahami sebelum melangkah’ salah satu yang dibahas berkaitan dengan alasan.
Nah, kali ini kita akan masuk ke materi ’Mengapa kita harus menulis?’
Menulis adalah suatu kegiatan yang sudah dikenal ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Dari tulisan-tulisan terdahulu manusia mengenal sejarah peradaban, melalui tulisan manusia mewariskan ilmu pengetahuan, melalui tulisan manusia membangun keabadian.
Menulis memiliki manfaat yang tidak terkira, dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita peroleh lalu kita bagikan pada manusia lain. Menulis juga mampu memperkaya pengetahuan kita, karena seseorang yang gemar menulis tentu wajib untuk banyak membaca agar bisa mengembangkan tulisannya.
Dengan menulis manusia menjelma menjadi sosok inspirator yang mampu memberikan energi positif bagi pembacanya, melalui tulisan kita dapat membangkitkan harapan untuk banyak orang dan memberi cahaya ilmu untuk jiwa-jiwa yang terjebak dalam gelapnya kebodohan.
Untuk melakukan hal penting seperti menulis terdapat banyak alasan yang menjadi acuan bagi para penulis
Salah satu bakat yang sebenarnya bisa dipelajari semua orang adalah menulis.Menulis bukan merupakan bakat bawaan lahir yang gak bisa kamu kembangkan di usia dewasa. Jika kamu memiliki pemikiran seperti ini, maka perlu banget bagi kamu semua untuk mencoba berlatih menulis.
Menulis apa saja bisa kamu latih dari sekarang, lho. Bahkan tulisan sesepele caption Instagram pun perlu dipelajari dan dipraktikkan. Karena, foto yang indah, akan semakin lengkap jika dibumbui dengan penjelasan yang menghibur.
Seperti yang saya katakana sebelumnnya ada banyak alas an mengapa kita perlu menulis.
Merangkai dari satu kata ke kata lainnya membentuk kalimat hingga paragraph utuh.Adapun beberapa alasan yang perlu diketahui yaitu :
1. Dikenal banyak orang
Alasan yang paling banyak digunakan adalah ketenaran. Seseorang menulis karena ingin dikenal oleh banyak orang.
Dari satu pulau ke pulau lain, dari satu orang ke orang lain. Tentu ada rasa bahagia dalam diri saat nama kita dikenal oleh orang banyak, contohnya boy candra, tere liye, dwitasari, asma nadia, dan banyak lagi.
Hal ini tentu dipengaruhi oleh tulisan yang bermanfaat dan berbobot. Menjadi terkenal bukan semata-mata bertujuan untuk menyombongkan diri, tapi hanya ingin menunjukkan pada dunia kalau ia adalah orang yang berkompeten di bidang kepenulisan.
Ketenaran bisa jadi alasan yang logis untuk jadi penulis. Kamu boleh banget memiliki keinginan untuk terkenal lewat dunia menulis. Namun, kamu juga harus sadar bahwa ketenaran dalam dunia menulis tidak bisa diraih dengan cara yang mudah.
Di dunia ini, atau bahkan di negara ini saja ada banyak yang bermimpi untuk jadi penulis terkenal, kamu harus berjuang keras supaya bisa memenangkan persaingan menjadi penulis tenar.
Sebagai sarana untuk eksistensi diri, maka tak jarang di era milenial banyak sekali penulis yang bermunculan. Salah satunya yang menjadi motivasi adalah ingin mengeksiskan dirinya di jagad dunia maya atau nyata.
Satu pertanyaan buat kamu, siap dikenali banyak orang? Mendapat pujiaan hinga disanjung secara objektif?
2. Mencari Penghasilan
KAMU SEDANG MEMBACA
Yuk, Berbagi Ilmu! [SELESAI]
RandomTentang kami yang memiliki satu tujuan. Namun, berbeda-beda tempat tinggal, ras, agama, budaya, adat istiadat, bahasa dan rupa. Facebook menjadi awal pertemuan, hingga pada akhirnya bersatu dalam grup WhatsApp. 13 Desember 2020. Satu tahun telah be...