Materi Ke-limapuluh
: 15 Oktober 2021
¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤
A. Pembukaan
Feel dalam sebuah cerita
Faktor apa yang membuat kita tertarik dan hanyut saat membaca sebuah cerita? Lupakan plot, sudut pandang, diksi, dan hal-hal teknis lainnya. Jawabannya mungkin sederhana, “feel” begitu saya biasa menyebutnya, entah apa ada istilah lain yang lebih cocok dan bisa menggantikan istilah ini.
Feel di sini memegang peranan penting dalam sebuah cerita, ia bagaikan nyawa yang bisa menghidupkan cerita. Mungkin kata yang sedikit memiliki kesamaan arti adalah “chemistry”.
Berikut ini adalah penjelasan dari arti kata Feel berdasarkan Kamus Bahasa Inggris – Indonesia Online adalah:
Arti kata Feel dalam Kamus Bahasa Inggris – Indonesia adalah kb. rasa, rabaan, sentuhan. -kkt. (felt) 1 meraba. 2 merasa. -kki. 1 merasa. 2 kira, pikir. -feeling kb. 1 perasaan. 2 daya perasaan -feelings j. perasaan. -feelingly kk. dengan penuh perasaan/semangat
Feel bukan hanya dirasakan oleh pembaca buku atau novel. Penulis pun ternyata bisa merasakannya.
“Saya nggak dapet feelnya,” begitu kalimat andalan saya waktu mengomentari sebuah cerita atau film.Dan sekarang hal itu saya desahkan pada buku saya sendiri. Ya, saya nggak dapat feel cerita ini. Semuanya terasa hambar, mengambang.
Feel sendiri sangat penting bagi pembaca dan penulis. Kadangkalanya kita berusaha memaksa feel itu untuk datang, tetapi sama saja. Hambar.
Untuk itu kita perlu membangkitkan feel yang kita miliki, baik sebagai pembaca ataupun penulis. Salah satu caranya adalah mendengarkan lagu, oleh karena itu banyak penulis yang menambahkan lagu dimulmed part karya wattpad mereka.
Hal itu bertujuan menciptakan feel pembaca. Jika cerita sad, tambahkan lagu dengan nada sallow begitupun sebaliknya.
Untuk penulis sendiri, mendengarkan lagu berguna untuk membantu menciptakan rasa nyaman dan rileks.
Selain mendengarkan lagu, feel juga akan bisa dibangkitkan dengan memakan makanan yang manis, berada dalam tempat sunyi, mengunjungi tempat baru ataupun membayangkan tokoh adalah diri kita sendiri.
Anyway, feel tidak boleh dipaksakan, biarkan dia mengalir dengan semaunya. Istirahatlah, mungkin otakmu hanya sedang kelalahan.
Memaksakan feel akan berdampak besar untuk cerita bacaan ataupun cerita buatanmu.
So, menurutmu kapan feel itu hilang dan kapan feel itu muncul?
***
Semoga bermanfaat^-^
KAMU SEDANG MEMBACA
Yuk, Berbagi Ilmu! [SELESAI]
AléatoireTentang kami yang memiliki satu tujuan. Namun, berbeda-beda tempat tinggal, ras, agama, budaya, adat istiadat, bahasa dan rupa. Facebook menjadi awal pertemuan, hingga pada akhirnya bersatu dalam grup WhatsApp. 13 Desember 2020. Satu tahun telah be...