Cara Ciza menghindari teman-temannya terlihat begitu nyata dan jelas. Di mulai dari pagi dimana Ciza hanya kembali ke kamar untuk numpang mandi saja, lalu saat sarapan Ciza memilih bergabung dengan teman-teman lainnya. Mengobrol, bercanda, tertawa seolah tak ada sesuatu yang terjadi, begitupun ketika di dalam bis. Ciza memilih untuk duduk di kursi paling belakang yang masih terdapat kursi kosong. Membuat Celine harus duduk sendirian.
Di beberapa musium yang mereka kunjungi, hingga padar Sukawati semua tak ada beda. Ciza benar-benar menghindari mereka semua. Turun paling awal dari bis dan naik paling akhir.
Acara terakhir mereka di tutup dengan menikmati matahari tenggelam dan aneka seafood di pantai Jimbaran. Untuk ukuran studi tour bisa di katakan studi tour mereka cukup mewah. Hal ini tak terlepas dari para orang tua yang ikut menyumbang untuk perjalan ini. Terutama tentu saja orang tua Renzo.
Mereka semua baru kembali ke penginapan pada pukul setengah sembilan malam.
Celine menangkap tangan Ciza.
"Ciz.. dengerin gua dulu..."
"Ngga ada yang perlu gua denger.."
"Ciz, Demi Tuhan gua ngga ada maksud buat ngebohongin lu atau nyakitin lu" ucap Celine dan menggapai tangan Ciza lagi yang kembali di lepas oleh Ciza.
"Seno, emang nembak gua berkali-kali tapi seperti yang lu denger gua ngga pernah nerima dia"
Ciza tersenyum sinis. "Kenapa ngga di terima? Demi gua? Engga kan? Lu bilang apa ke dia waktu lu nolak dia? Bilang kalau gua suka? Atau apa?" Balas Ciza dengan masih terus berjalan.
"Ciz, dengerin gua dulu.."
Ciza yang sudah sangat kesal pun menampik tangan Celine benar-benar dengan kasar.
"Gua ngga mau denger. Apapun yang lu bilang ke gua sekarang. Cuma akan bikin gua makin marah."
Celine menatap Ciza dengan terluka. Ia terdiam tak tau harus mengatakan apa.
"Lu udah bilang ke seno alasan sebenarnya kenapa lu ngga bisa nerima dia? Udah? Belum kan? Terus lu mau apa sekarang? Mau gua ngeliat lu sebagai pahlawan karna nolak dia? Sebagai teman yang baik karna merelakan dia buat gua, iya?"
"Ciz..."
Ciza menggeleng. "Kalau keadaan lu ngga kaya sekarang, gua bahkan ngga yakin lu bakal nolak dia..."
"Gua bakal tetep ngelakuin itu" ucap Celine
Ciza mengangguk. "Kalau gitu bilang..bilang ke dia alesan lu ngga bisa nerima dia. Jangan jadiin gua sebagai tameng lu. Hanya agar lu bisa selalu terlihat baik."
"Ciza.. kita obrolin ini di kamar ya, banyak orang di sini" ucap Ayu
"Ayo Ciz... Masa kita mau ribut cuma karna cowok.." lanjut Riana
"Cuma? Lu bisa bilang cuma karna bukan lu yang ngerasain!" Bentak Ciza
Hati Ciza benar-benar terasa sangat sakit sekarang.
"Anak kecil? Cuma karna cowok? Yang di bohongin di sini gua.. gua.. kenapa kalian semua ngebela Celine.."
"Ya, karna Celine bisa apa lagi? Dia ngga bisa nyuruh orang buat ngga suka sama dia Ciz" balas Riana
Ciza tersenyum miris. Lalu menganggukan kepalanya.
"Bisa... Dia bisa. Kalau dia ngga egois. Dia bisa. Lu tau kenapa Ri?"
Celine menahan tangan Ciza. Lalu menggelengkan kepalanya.
"Ciz, please..."
Ciza tidak peduli dia sudah sangat marah, terluka juga kecewa.
KAMU SEDANG MEMBACA
You are Invited (Complete)
Storie d'amoreTiada masa paling indah, masa-masa di Sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah-kasih di Sekolah.