If you guys, got something wrong tentang istilah yang mungkin kurang dipahami, just leave me a comment ya.
Enjoy!
Pagi ini Dion memulai hari pertamanya bekerja sebagai Head of PPC Department di Integra Utama. Perusahaan PMDN yang cukup besar di Indonesia. Mendapatkan predikat lulusan summa cumlaude membuatnya mudah saja dalam meniti karier. Sebab itu gak salah rasanya melihat dia menduduki posisi kepala departemen di usia yang terbilang masih muda. Belum genap dua puluh delapan tahun.
Layaknya pegawai baru lainnya Dion diajak berkeliling oleh bagian HR di hari pertama. Kemudian dia memulai bekerja di ruangan yang terpisah dengan para staf PPC lainnya. Sesuai dengan jabatan yang dimiliki. Di depan ruangan Dion, tepat berada meja-meja anggota tim PPC lainnya, ada Zeri dan juga Dimas yang lebih muda dua dan dan tiga tahun darinya.
Di hari pertamanya Dion masih mengamati bagaimana suasana kantor barunya. Sama seperti perusahaan manufaktur pada umumnya, tentu rekan cowok akan jauh lebih banyak. Sedangkan staf cewek hanya ada beberapa saja. Di bagian marketing ada dua cewek, Sabrina dan Dinda yang dari tadi sibuk dengan telepon masing-masing. Ada juga Sasa, salah satu anggota tim IT kantor dan Irine yang dari pengamatan Dion, cewek itu mondar-mandir dari mejanya ke meja Tim PPC.
Dion masih memeriksa berkas PO di departemennya, dan menemukan pertanyaan untuk beberapa bagian. Hal pertama yang dia lakukan, tentu saja menelepon Zeri.
"Ya, Zer ini kenapa S.E Paste Cylinder dari China datengnya telat banget dari rencana yang udah lo susun?"
"Gue dapetnya itu dari si Irine. Coba lo email atau telepon aja sih." Timpal Zeri sambil memeriksa layar komputer membaca detail yang dimaksud atasan langsungnya.
Dia sangat santai walaupun sedang berbicara dengan atasannya, karena jarak usia yang gak terlalu jauh. Selain itu di awal perkenalan, Dion pun meminta rekan satu timnya bersikap seperti itu agar lebih nyaman dalam koordinasi.
"Gue tunggu email lo, Zer. Thanks anyway." Tutup Dion dan kembali berkutat pada kotak masuk emailnya.
From : Zeri.aditya@integra-utama.com
To : Dion.birawa@integra-utama.com
cc : Irine.kinasih@integra-utama.com
Subject : PO145/SE Paste Cylinder/ShandongDear Pak Dion,
Tell your problem directly to Mbak Irine as the PICDear Mbak Irine,
Please assist Pak Dion immediately
Thanks.Regards
Aditya Zeri
PPC DepartmentFrom : Dion.birawa@integra-utama.com
To : Irine.kinasih@integra-utama.com
Subject : Re Reason behind Eta//PO145/SE Paste Cylinder/ShandongDear Mbak Irine,
Why does the cargo take too much time and it's really different with the first plan according the report I got?Thanks
Regards,
Bhirawa Dion
Head of PPC DepartmentFrom : Irine.kinasih@integra-utama.com
To : Dion.bhirawa@integra-utama.com
Subject : Re [Reason behind Eta//PO145/SE Paste Cylinder/Shandong]Dear Pak Dion,
After tracking the document,
Container shortage in China triggers this situation. Revert to you when I get the recent update. Sorry for the inconvenience caused.Thanks
Best Regards,
Kinasih Irine
Exim DepartmentBalasan email Irine yang gak lebih dari satu menit membuat Dion kagum. Dia tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab pertanyaan.
Bagaimanapun, dari planing yang sekilas dia baca terlihat banyak sekali raw material yang harus diimpor. Semua itu ada lebih dari lima negara di jadwal yang berdekatan. Irine ternyata mampu meng-handle semua shipment yang dirasa Dion cukup membingungkan.
**
PPC : Production Planing and Control
PMDN : Penanaman Modal Dalam Negeri
PO : Purchase Order
Raw material : Bahan mentah
Shipment : PengirimanThanks for reading.
Jangan lupa tinggalkan komentar atau apapun yang ingin ditanyakan. Just reach me instead! ◐.̃◐
KAMU SEDANG MEMBACA
LETTER OF INDEMNITY
ChickLitTerbiasa dalam menyelesaikan masalah ekspor impor walaupun terpentok regulasi antar negara nyatanya bukan jaminan hidup Irine jadi mulus-mulus saja. Apalagi ketika teman seangkatan di kantornya mulai menata kehidupan dengan memutuskan untuk switch c...