Bab 14 - Pendirian

5 2 0
                                    

Suasana di ruangan itu penuh dengan ketegangan, seolah-olah beban dari semua hal yang tak terucapkan itu menekan mereka semua. Allen bersandar di dinding yang dingin, kepalanya tertunduk. "Aku... tidak bisa menyelamatkannya..." gumamnya, suaranya nyaris tak terdengar. "Aku... gagal..." Rasa bersalah dalam nada suaranya terasa nyata, dan itu menembus keheningan seperti pisau.

"Hentikan." Leslie, yang berdiri di sampingnya, mencoba menenangkannya, meskipun rasa frustrasinya sendiri mulai menggelembung di bawah permukaan. "Itu bukan salahmu," Ujarnya lembut, berusaha tetap tenang. "Jika kau mencoba menyelamatkannya sendirian, justru bahaya."

Allen berbalik menghadapnya, matanya kosong, tanpa kekuatan yang pernah dimilikinya. "Mungkin... begitulah seharusnya," bisiknya. "Aku tidak memiliki pendirian yang kuat... Aku tidak stabil..." Suaranya bergetar, beban kata-katanya mencekiknya. Leslie hanya bisa menonton, rasa kasihan berkedip di matanya saat dia melihatnya hancur.

"Aku akan mencoba bicara dengan Ellan," imbuhnya pelan, tetapi sebelum Leslie bisa menjawab, Allen menghentikannya.

"Tidak. Jangan," Geleng Allen tegas. "Aku tidak ingin menimbulkan perpecahan di sini. Ini... beban pribadi yang harus kutanggung."

Tatapan Leslie melembut karena khawatir, suaranya rendah tetapi tajam, "Lalu bagaimana kau akan menangani situasi ini?" Dia bisa melihat betapa dalam perjuangannya, dan sebagian dari rasa takutnya akan hancur.

Sementara itu, di ruangan lain, Ellan duduk di seberang Paul. "Sejujurnya... aku juga tidak tahan menghadapi ini," Paul mengakui, menggelengkan kepalanya seolah mencoba memahami semuanya.

Ellan mengangguk setuju, ekspresinya lelah. "Tapi kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja," Jawabnya, memikirkan Allen. "Bagaimana dengan ini...?"

"Aku juga tidak ingin menciptakan keretakan," Sela Paul sebelum dia bisa menyelesaikannya. "Lagipula, kitalah yang bertanggung jawab untuk menyatukan kelompok ini." Ellan mendesah dalam, mengusap pelipisnya. "Kau benar..." Rasa frustrasi tampak jelas dalam suaranya. "Hari demi hari, rasanya keadaan semakin sulit, bukannya membaik." Ia mendongak, matanya berat karena kelelahan. "Apa yang sudah kita capai sejauh ini?"

Paul tidak mengatakan apa pun pada awalnya, hanya memperhatikannya. Ia bisa melihat beban yang membebani pundaknya. Ia selalu menjadi tulang punggung, tetapi sekarang jelas bahwa bahkan ia mulai gagal.

"Kita... kita sudah melakukan apa yang kita bisa," Kata Paul akhirnya, suaranya tidak meyakinkan. Ellan menundukkan kepalanya lagi, keputusasaan mulai terasa.

"Sejak aku terlibat di sini, aku selalu mempertanyakan mengapa aku ada di sini..." ia mengakui dengan lembut, suaranya nyaris seperti bisikan. "Tetapi... setelah semua yang terjadi, aku berhenti bertanya." Tatapnya ke arah lantai, pikirannya berputar-putar.

"Aku mendapati diriku bertanya-tanya... bagaimana aku bisa lolos dari ini?" Ia mengaku, suaranya dipenuhi dengan kepahitan.

Mata Paul membelalak mendengar kata-katanya. "Ellan... apakah selama ini kau merasa seperti ini?"

Ellan mengangguk pelan, tanpa mendongak. "Aku selalu memperhatikannya... dan sekarang, kurasa akhirnya aku menemukan jawabanku." Matanya terpejam sejenak, seolah bersiap untuk apa yang akan dikatakannya. "Jawabannya adalah... karena aku orang yang menyedihkan." Suaranya sedikit bergetar, tetapi dia melanjutkan. "Itulah sebabnya aku di sini... dan mungkin, alasan yang sama berlaku untuk kita semua."

Paul menatapnya, bingung. "Apa yang kau bicarakan? Kau tidak masuk akal. Kau pasti kelelahan..." Ellan menggelengkan kepalanya. "Tidak," jawabnya tegas, suaranya jelas. "Untuk pertama kalinya, aku mencoba berpikir jernih. Meskipun aku tidak bisa keluar dari tempat ini... aku menolak untuk membiarkan hidupku di sini sengsara." Dia berhenti sejenak, menatap mata Paul. "Tetapi, di satu sisi, ini hanyalah zona nyaman lainnya, bukan?" Suaranya menjadi lebih pelan, lebih merenung. "Kita semua tenggelam di dalamnya."

Paul terdiam sejenak, membiarkan kata-katanya meresap. Kemudian, perlahan, dia mengangguk. "Mungkin begitu..." Ellan tersenyum tipis, sedikit kesedihan di matanya. "Kalau begitu... mungkin mereka yang tenggelam dalam zona nyaman mereka... pantas tenggelam."

Sebelum Paul sempat menjawab, pintu terbuka tiba-tiba, dan Jun menyerbu masuk, kehadirannya langsung mengubah suasana di ruangan itu. Allen dan Leslie, terkejut, berbalik menghadapnya. "Ini dia," kata Jun, suaranya tenang namun mendesak. "Sudah waktunya."

Allen menegang, jantungnya berdebar kencang. "Jun... dengar, tentang tadi—"

"Lupakan saja," Sela Jun, melambaikan tangannya dengan acuh tak acuh. "Kita harus bergegas sekarang. Kita tidak punya waktu untuk disia-siakan."

"Bergegas? Ke mana?" Tanya Allen, kebingungan dan ketegangan memuncak di dadanya.

"Untuk menyelamatkan temanmu," Jawab Jun dengan lugas, matanya menatap Allen. "Tidak banyak waktu tersisa."

BERSAMBUNG...

Journey On Dieverthe (Book 1)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang