4. Perbandingan

407 61 0
                                    

"Naik." McGonagall menarik sikunya. "Apakah kau lapar? Apakah kau ingin sarapan?"

"Tidak terima kasih." Tapi Hermione mengikuti yang lain ke dapur dan duduk di kursi di samping Sirius. Dia tidak bisa tidak memperhatikan betapa tampannya dia bersandar di kursinya; dia masih duduk seperti itu, seolah-olah berpose pada kamera.

"Melihat sesuatu yang kau suka?" gerutunya, menyeringai padanya.

Dia mengejek dan memutar matanya, mengarahkan pandangan pada James dan Lily

sebagai gantinya. Dia telah mengantar istrinya ke kursi sejauh mungkin dari Hermione di dapur kecil. Dia duduk, tersenyum, saat dia membuatnya sepiring besar sarapan dan segelas susu. Dia mencium bagian atas kepalanya dan pergi untuk membuat piring sendiri. "Sekarang itu layak untuk ditonton."

Sirius mendengus, "Aku layak ditonton. Tanya saja penyihir mana pun yang kau lihat." 

"Kalau begitu, haruskah aku bertanya pada Profesor McGonagall?"

Dia mendengus ke sosisnya. "Jangan."

Dia tersenyum meskipun untuk dirinya sendiri. Dia lebih menyukai Sirius yang lebih tua dan sedikit dewasa yang tidak terlalu mementingkan dirinya sendiri, tapi dia harus mengakui, dia menyukai suasana hati yang ringan ini. Dia mengamati diam-diam ketika mereka semua duduk mengelilingi meja, menikmati sarapan bersama. Mereka semua ringan dan senang, seolah-olah mereka tidak mengerti apa yang mereka hadapi, dan mungkin mereka tidak mengerti; masih ada banyak wajah di sekitar yang akan segera hilang.

Perhatiannya ditangkap oleh Remus, saat dia duduk diam memperhatikan James merawat Lily. Dia juga, tampak sangat muda; belum ada uban di rambutnya, tidak ada garis yang menghiasi alisnya, pakaiannya ditambal, tapi tidak terlalu. Dia berharap dia bisa mengemas masa muda pria itu dan membawanya pulang untuknya ketika dia pergi.

Remus tidak menyadari bahwa dia sedang menatap, sampai dia melirik ke arahnya, menangkap matanya dan segera menjatuhkan pandangannya kembali ke piringnya, pipinya menjadi sedikit merah muda. Kepolosan itu membuatnya menyeringai dan membuang muka. Meskipun, di masanya, Remus masih tersipu pada kesempatan yang jarang, jika dia menarik perhatiannya, dia selalu bisa menahannya. Itu lucu baginya, bahwa sementara dia dan Sirius telah berubah sedikit, Minerva dan Dumbledore tampak sama, kurang terpengaruh oleh tahun-tahun; mungkin karena usia mereka. Dia menghela nafas dan mengembalikan pandangannya ke James dan Lily, tetapi James sekarang menatapnya, dengan lengan pelindung di sekeliling istrinya. Hermione terus melakukan kontak mata dengannya cukup lama untuk memberi tahu dia bahwa dia tidak terintimidasi, lalu beralih kembali ke Sirius, yang sekarang memetik jarinya di atas meja.

"Bosan?" Hermione bertanya, memecah keheningan yang lama.

"Kenapa? Apakah kau ingin menghiburku?" Dia menggoyangkan alisnya dengan sugestif.

"Hampir tidak," komentarnya dengan lembut. "Hanya ingin tahu agenda apa hari ini."

"Tidak ada yang mengundangmu," gerutu James.

"James," desis Lily, menyipitkan matanya ke arahnya. Tapi dia hanya mengabaikannya, memelototi Hermione.

"Tidak, tidak apa-apa. Dia hanya melakukan pekerjaannya." Hermione sepenuhnya bermaksud untuk hanya menceritakan kepada Harry betapa protektif dan penuh kasihnya James terhadap Lily dan anaknya yang belum lahir, dia akan mengabaikan bagaimana itu berarti dia bersikap jahat padanya. Lagi pula, dia tidak punya alasan untuk mempercayainya.

"Tidak biasanya dia seperti ini."

"Aku mengerti. Kita semua agak galak dalam hal orang yang kita cintai."

"Omong-omong," Lily memulai. "Putra kita... Harry, apakah kamu mencintainya?"

"Lily!" Minerva memperingatkan.

A Little Flip ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang