5. 🍬🍬

1.1K 223 96
                                    







"Sebelumnya kamu udah pernah puasa belum Gi?" Tanya Abi

"Hmm... Belum Bi..."

"Sama sekali?"

"Iya..."

"Kamu tau definisi puasa itu sendiri apa?"

"Nggak makan nggak minum... Tidurnya orang puasa adalah ibadah..."

"Kok bisa tau tidurnya orang puasa itu ibadah? Kata siapa?"

"Kata orang-orang Bi..." Jawabnya seraya  menggaruk kepalanya yang memang gatal.




"Assalamu'alaikum..." Tiba-tiba datanglah mas Yun bersama laki-laki yang Egi kenal.

"Wa'alaikumsalam...."

"Wahhh Wendy... Lo datang juga?" Egi berdiri dan memeluk Wendy mereka seperti teman yang lama tak berjumpa.

"Ish apaan sih lebay deh..."

Egi tertawa bahagia, entahlah ia cukup bahagia dengan kedatangan Wendy yang pastinya akan menjadi temannya disini dalam menuntut ilmu.

"Alhamdulillah nak Wendy mau bergabung bersama Egi..." Ucap syukur dari Abi

"Iya Bi... Maaf terlambat..."

"Tidak ada kata terlambat untuk belajar..."

"Iya Bi..."




"Ya sudah ayo kita lanjutkan... Kamu nggak capek kan Dy?"

"Nggak Bi... Nggak apa kita lanjutkan saja..."

"Alhamdulillah baiklah... Kita sampai mana Gi.." Tanya Abi menelisik

"Bab puasa Bi..."

"Iya puasa adalah rukun islam ketiga yang wajib kita jalankan, puasa berarti menahan, bukan hanya menahan haus dan lapar, tapi dengan berpuasa menjadikan kita bisa menahan amarah, menahan melakukan hal keji..."

"Terus Bi, tidurnya orang puasa gimana jadinya? Pahala nggak?" Tanya Egi yang masih penasaran.

Abi terkekeh "Semua amalan yang dilakukan oleh orang yang berpuasa itu dihitung pahala, tapi tetap saja ada kadarnya... Masa orang yang cuma tidur dapat pahala yang sama dengan orang yang tadarus?"



"Iya sih Bi, bener juga..."

"Dan hadits tentang tidurnya orang berpuasa itu haditsnya palsu... Banyak orang yang menjadikannya senjata untuk kemalasannya agar bisa tidur lama saat puasa..."

"Cuma ada kalanya tidur adalah pilihan terbaik dari pada kita ngomongin orang lain.. Itu bahkan bisa mengurangi pahala kita..."

"Iya Bi.. Kadang diam itu emas..."

"Nah kalau yang itu ada haditsnya... “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaknya dia berkata baik atau diam” (HR Muslim no 222)..."

"Kalau kita nggak bisa terkata baik, maka diam itu lebih baik..."

"Tapi kadang emosi yang menguasai Bi.."

"Iya, makanya kita harus bisa mengontrolnya... Terus beristighfar dan memohon ampun..."

Wendy, Egi dan mas Yun mengangguk mengerti.

"Silahkan tanyakan apa saja tentang puasa yang belum kalian pahami.."


"Bi, kalau orang puasa tapi nggak sholat itu gimana?" Tanya Wendy

"Ya kalau nggak sholat karena sengaja ya sia-sia, cuma dapat haus dan laparnya saja..." Jawab Abi dengan singkat dan jelas.





🍬🍬






Pesantren Rock & Roll  #JILID I 🔚Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang