3. 🍏🍐

1.1K 229 80
                                    





Setelah selesai makan, Abi mengajak mereka ke Majlis untuk belajar sholat yang sesuai dengan sunah.

"Egi nggak keberatan kan belajar disini?" Tanya Abi karena ada segelintir santri yang wara-wiri dan tentu akan memperhatikan mereka.

"Nggak apa Bi, santai aja..."

"Abi hanya takut kamu malu..."

"Nggak kok..."

Abi Kim tersenyum, dia benar-benar bangga dengan sikap Egi yang bersungguh-sungguh dan tidak menghiraukan orang sekitar.

"Alhamdulillah... Baiklah kita mulai ya... Ayo baca basmalah dulu... Bismillahirrahmanirrahim..."

"Bismillahirrahmanirrahim...." Semua mengikuti

"Pertama Abi mau tanya, Rukun Islam itu ada berapa dan tolong sebutkan..."

Winta mengangkat tangannya "Ada 5 Bi..."

"Iya benar... Yang pertama apa Gi..."

"Syahadat Bi..." Jawab Egi mantap

Abi mengangguk-angguk "Alhamdulillah... Terus yang kedua apa Wendy.."

"Hmm sholat kan Bi?"

"Kok malah balik tanya, nggak yakin berarti?"

Wendy hanya terkekeh "Iya... Yakin Bi... Sholat..."

"Iya jangan ragu lagi, Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji bila mampu..." Abi menunjuk setiap jarinya saat menyebutkan setiap rukunnya sesuai urutan.

"Iya Bi..."

"Abi.. Kalau semua amalan udah kita lakukan, terus amalan apalagi yang paling besar pahalanya?" Tanya Egi seraya menyisir rambutnya yang sudah memanjang untuk ukuran laki-laki.

"Amalan yang paling besar pahalanya setelah rukun islam, hmm... Menurut Abi ya membangun bahtera rumah tangga..."

Egi tersenyum "Jadi kalau saya mau membangun bahtera rumah tangga, Abi mengijinkan?"

Abi mengerutkan dahinya "Iya tentu saja, tapi kenapa meminta ijin Abi..."

"Kan mau membangun bahtera rumah tangganya bersama Teteh Airin.." Ujar Egi dan terdengarlah tawa bahagia dari Umi.

"Haish bisa aje lo kang..." Wendy dan Winta menoyor kepada Egi dengan canda tentu saja.

"Hahaha...." Abi tertawa namun dengan cepat ia berhenti dan kembali serius "Baiklah kita lanjutkan..."

"Hehe maaf Bi... Kalau saya lancang... Cuma bercanda..." Egi meminta maaf dengan mengangguk beberapa kali.

Abi menggeleng "Iya nggak apa-apa, Abi juga suka bercanda kok..."

"Eh cuma bercanda...." Umi membuka suara dengan pertanyaan.

"Ih Umi.." Airin mencubit Uminya, padahal iapun tersenyum saat Egi berkata seperti itu, walaupun hanya bercanda sebagai kedoknya.




"Jadi amalan yang pertama akan dihisab adalah sholat, jadi kita harus benar-benar mengerjakannya secara khusyu dan lebih baiknya lagi diawal waktu..." Terang Abi

Egi dan yang lainpun mengangguk mengerti.

"Gerakannya pun harus kita perbaiki sesuatu sunah Rasulullah... Coba Egi maju sini..." Abi melambaikan tangan menyuruh Egi untuk maju kedepan.

Egi pun maju dan berdiri dihadapan Abi yang lebih pendek darinya "Kamu tinggi banget Gi ternyata..."

"Hehe iya Bi, bagus dong buat memperbaiki keturunan..." Lagi, Egi berceloteh dengan manisnya.



Pesantren Rock & Roll  #JILID I 🔚Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang