Bagian 4

5 3 0
                                    

Mongabay telah mengumpulkan beberapa fakta itu, diantaranya adalah :

1. Belalang mempunyai 22.000 species di seluruh dunia dengan berbagai macam variasi dan bentuk tubuhnya. (Martin Walters, The Illustrated World Encyclopaedia of Insects A Natural History and Identification Guide to Beetles, Flies, Bees Wasps, Springtails, Mayflies, Stoneflies, Dragonflies, Damselflies, Cockroaches, Mantids, Earwigs ... and Many More )

2. Belalang biasanya berwarna cokelat, hijau atau hitam. Mereka memiliki kaki belakang besar yang membantu mereka melompat jarak jauh dari rumput ke rumput, oleh karena itu dalam Bahasa Inggris belalang disebut Grasshoppers. Belalang dewasa juga memiliki dua pasang sayap, dengan sayap depan yang ramping dan belakang yang besar. Belalang diketahui mampu melompat sejauh 20 kali panjang tubuhnya.

3. Antena mereka mengandung struktur sensorik yang merespon sentuhan dan bau. Mata yang sederhana berfungsi untuk merasakan intensitas cahaya, mata belalang yang besar berfungsi untuk mencakup penglihatan yang luas.

4. Belalang betina biasanya memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada jantan karena ovipositornya. Setelah kawin dan siap untuk bertelur maka belalang betina akan menggunakan ovipositornya untuk menggali lubang di tanah, sehingga dia bisa bertelur. Ukuran, bentuk, dan jumlah telur berbeda tergantung pada spesiesnya. Belalang betina bertelur rata-rata 200 butir selama masa hidupnya.

5. Belalang bisa menjadi hama yang merusak bagi perkebunan atau pun persawahan. Kasus belalang menjadi hama sudah ada sejak jaman nabi musa. Indonesia pernah mengalami beberapa kali serangan hama belalang yang sangat luarbiasa. Diantaranya serangan belalang kembara di Sumba, pada tahun 2016, yang menyebabkan ratusan hektar tanaman rusak.

Pada fase soliter, belalang kembara hidup sendiri-sendiri dan tidak menimbulkan kerusakan bagi tanaman. Pada fase gregaria belalang kembara hidup bergerombol dalam kelompok-kelompok besar, berpindah-pindah tempat dan merusak tanaman secara besar-besaran. Perubahan fase dari soliter ke gregaria dan dari gregaria kembali ke soliter dipengaruhi oleh iklim yang disebut fase transien.

Gejala serangan yang ditimbulkan adalah terdapat robekan pada daun, dan pada serangan yang hebat dapat terlihat tinggal tulang-tulang daun saja. Gejala serangan belalang tidak spesifik, bergantung pada tipe tanaman yang diserang dan tingkat populasi. Serangan pada daun biasanya bagian daun pertama. Hampir keseluruhan daun habis termasuk tulang daun, jika serangannya parah. Spesies ini dapat pula memakan batang dan tongkol jagung jika populasinya sangat tinggi dengan sumber makanan terbatas. Belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting bagi manusia, seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral.

Setelah merasa informasi yang dikumpulkannya cukup Aunur langsung mencetak semua tulisan yang didapatkannya dari pencarian tercepat--Google. Aunur membawa kertas hasil pencariannya ke depan sebuah pintu. Dengan tangan bergetar Aunur mengetuk pintu didepannya. Tok! Tok!

"Belalang sialan!" Terdengar makian hingga umpatan dikeluarkan ibunya bersamaan dengan suara barang-barang berserakan.

Tak lama kemudian pintu terbuka memperlihatkan ibunya dengan raut wajah yang tak bersahabat yang mengambil jarak setelah membuka pintu. Aunur menyembunyikan kertas dibalik punggungnya, nyalinya menciut melihat keadaan ibunya.

"Ibu, aku sudah siapkan makanan untuk ayah." Aunur menunduk menatap lantai dengan tangan yang ditaruh dibelakang punggung, menyembunyikan kertas ditangannya.

"Baiklah. Ibu yang akan memberikan ayahmu obat dan makanan. Ingat Aunur kamu hanya boleh ke sini untuk memberikan makanan saja karena ibu tidak bisa menyiapkannya. Ibu harus berusaha mencari obat yang tepat untuk ayahmu. Segeralah kembali ke bawah," sahut Aynu.

Wajah Aunur semakin memucat. Ibunya tetaplah ibunya yang mengetahui jika Aunur akan menyampaikan hal lain. Aunur terus saja menatap lantai bawah. Hatinya bimbang, Aunur bingung harus menuruti ibunya atau hatinya.

"Aunur, ibu sudah bilang bukan. Jangan berlama-lama berada di sini. Jangan banyak berinteraksi dengan ayah dan ibu. Mengertilah nak jika ibu dan ayah hanya ingin menjaga kebahagiaan kami yang paling berharga yaitu kamu." Mendengar hal itu sontak Aunur memutuskan untuk melangkahkan kaki pergi menjauh. Kondisi sekarang tidak tepat.

Jumlah kata : 599 kata

BALGIOTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang