9. A Plan

269 51 23
                                    

"Happy birthday, Nazaara! Jangan cepet-cepet gede, soalnya biaya pendidikan sekarang mahal."

"Heh!"

Legina langsung nyikut Abian buat meralat kalimatnya. Ya mana ada doa bapak ke anak begitu. Harusnya kan yang baik-baik aja.

"Canda, Sayang." bela Abian sambil nyengir.

"Mau heran tapi dia Abian," tanggap Lila udah terbiasa. Kayaknya teman-teman mereka lainnya yang juga hadir di rumah kala itu pun akan berpikir demikian.

Jadi hari ini adalah hari spesialnya Ara. Dia ulang tahun! Legina sama Abian enggak bikin pesta besar-besaran banget juga. Cuma mereka memang mengundang beberapa temen dan tetangga di dekat rumah buat bantu ngeramein. Sebab Ara adalah tipikal anak yang senang keramaian.

Setelah acara tiup lilin dan potong kue, semua tamu lalu memberikan kado. Abian bagian ngumpulin di pojok ruangan, sedang Legina bagian ngucapin makasih.

"Ara selamat ya," kata Suhyun, "tadi wish nya apa? Coba dong kasih tau onty?"

"Hmm"

Ara padahal masih mikir-mikir, tau-tau Suhyun bisikin sesuatu ke bocil itu. Tapi bisikannya terlalu gede untuk kedengeran sama Legina maupun Abian.

"Bilang, Ra, mau adek bayi, gitu."

"Iya, Ra. Biar ada temen main di rumah," sambung Lila pula.

"Lo!" Legina auto mendelik, "gausah ngedoktrin anak gue deh lo bedua. Daripada nunggu gue isi lagi, mending nungguin anaknya Zefa aja tuh bentar lagi lahiran. Kan pas tetangga jadi cocok buat temen main Ara."

"Apaan, tiba-tiba ngelibatin gue," elak Zefa yang lagi makan bareng Rio. Kebetulan emang denger, "lagian gue gak bentar lagi juga ya, masih lama plis!"

Legina nyengir. Terus gara-gara udah nyinggung masalah kehamilan. Para ibu-ibu mendadak langsung rumpi ngepoin Zefa yang memang sedang hamil. Lupa soal pertanyaan Suhyun tadi perihal birthday wish nya Ara.

Tapi Ara inget sama pertanyaannya, jadi dia narik lengan Suhyun yang masih berdiri di dekat situ. Mencoba mendapatkan atensi lagi.

Suhyun auto berhenti ngobrol dan mandang Ara, "Kenapa, sayang?"

"wis tuh apa??"

"Wish itu harapan. Tadi kan Ara nutup mata dulu sebelom tiup lilin, nah harapan Ara apa tuh pas lagi nutup mata?" jelas Suhyun.

"hm mo mainn ama papah mamah."

"Ya itu mah gak wish dong, kan tiap hari Ara main sama Papa dan Mama," kata Lila, "Yang lain, Ra."

Ara menggelengkan kepalanya kuat, "gaakkk adaaa. papah ama mamah sibukkk muluu. ala mainnya sendiliii."

Eh...

Mendadak suasana langsung hening. Legina sama Abian terkesiap. Gak menduga kalimat itu keluar dari bibir mungil sang buah hati.

Merasa sikonnya mulai gak enak, Lila bergegas mengalihkan fokus dengan ngomong, "Eh, saatnya makan! Wih, asikkk mamam kueee! Yuk sini Ra, duduk sama Onty Ilaa!"

Katakanlah keadaan jadi terselamatkan karena tanggapan cepat Lila kala itu. Walau sejujurnya, Abian sama Legina lumayan agak kepikiran. Apalagi setelah acara selesai dan orang-orang pada pulang, yang tersisa hanya keluarga kecil mereka.

"Ra, Oma nelpon nih. Say hai yuk" ajak Legina, kebetulan memang orang tua dari Abian itu baru saja melakukan panggilan video via whatsapp, "alooo Oma!"

"Araaa ndeh udah gadang yo cucu wak, taragak bana," sapa sang mertua dalam bahasa daerahnya (yaampun udah besar ya cucu oma, kangen banget.)

"Apa kabar, Gina?" lanjut sang Ibu. Legina membalas sekenanya, "Baik Bu, Alhamdulillah. Ibu apa kabar? Sehat-sehat aja kan?"

[✔️] BlueberryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang