O5; gejala

8.1K 764 15
                                    

Hari-hari berlalu gitu aja kayak biasa. Wilona pergi berangkat ke sekolah, ngajar anak-anak, pulangnya langsung pulang kerumah kalo engga diajak Rara keluar. Beneran balik monoton kayak sebelumnya sesudah kejadian itu.

Wilona juga gak ada tuh kontakan sama Naja. Sesuai omongan dia sendiri kalo anggep aja malem itu one night stand jadi gak ada pihak yang perlu ngerasa bersalah. Wilona tau diri kok kalo malem itu dia duluan yang ngegas. Naja kan cowok jadi normal kepancing.

Pagi itu Wilona ada jadwal ngajar di kelas 3A. Setelah upacara rutin yang biasanya selalu diadain tiap senin, Wilona dan guru-guru yang lain pada mencar tuh sekarang masuk ke kelas masing-masing.

Bedanya untuk hari ini Wilona bawa-bawa minyak angin, dihirupin mulu karena emang dari kemarin pagi Wilona ngerasa gak enak badan. Mual terus bawaannya, tapi yang aneh pas sampe siang udah hilang gitu aja kayak engga ada sakit aneh-aneh.

Gantinya lebih capek aja.

Selama ngajar juga Wilona agak gak fokus karena mendadak kadang mual gitu, murid-muridnya yang masih pada bocah juga peka sampe pada nanyain Ibu Guru mereka lagi sakit kah?

Jam pelajaran tetep dilanjutin aja sama Wilona, dikuat-kuatin sampe akhirnya jam setengah 10 bel istirahat bunyi. Karena udah gak tahan lagi, Wilona sampe minta tolong Axel salah satu muridnya buat bawain buku-buku dia ke ruang guru.

Orang yang punya sih udah ngebut duluan lari ke toilet. Mau muntah.

Semua isi sarapan yang dimakan sama Wilona tadi pagi keluar semua. Mulai dari lontong sayur sampe bakwan yang dibeliin Mang Edi semuanya dimuntahin, kelarnya kepala Wilona langsung kliyengan parah.

"Napa lu? Gak enak badan?" tanya Rara tepat Wilona mendudukkan bokongnya di kursi. Mukanya udah lesu banget.

Wilona menghela nafas pelan, "Iya anjir gue mual terus dari kemaren."

"Masuk angin kali lu."

"Kayaknya sih..."

"Udah dikerokin?" Wilona menggeleng. Ibu udah nawarin sih semalem tapi Wilona nya gak mau, siapa tau masih bisa sembuh abis ngirup aroma herbal-herbalan.

"Pulang aja ijin, istirahat dirumah entar lu ambruk di sekolah gak lucu nyuruh Mang Edi yang ngangkat."

Wilona seketika noyor kepalanya Rara, "Enak aja lo kalo ngomong." Rara cengengesan.

"Gue masih ada jadwal ngajar sampe pulang, jangan cemen ah masa sakit dikit pulang. Sayang kali potong gaji."

Rara tertawa, "Aduhhhh nih anak, tapi bener juga. Dulu kecil kan kita sehat pura-pura sakit biar gak sekolah, sekarang pas gede malah pura-pura sehat biar gak potong gaji."

Omongan Rara ngebuat Wilona ketawa juga, "Iyaaa woi lucu banget kalo diinget, dunia muter gitu yak?"

"Tapi beneran Wil, mending lu pulang ke rumah sakit atau apa, bpjs juga ada kan?" tanya Rara, Wilona ngangguk. "Nah periksain aja, atau gak pulangnya minta kerokin Ibu, biasanya manjur sih kalo Ibu yang ngerokin."

Mang Edi tetiba nongol bawa segelas teh anget yang Rara gak tau sejak kapan Wilona minta buatin.

"Ini neng tehnya," sahut si Mamang lalu melengos pergi setelah diucapin makasih sama Wilona.

Wilona meminum teh angetnya pelan, semoga bisa netralin rasa mual yang masih dateng dikit-dikit ini. Tapi baru kelar dua teguk, Wilona mendengus pelan. Dia mendelik ke arah Rara, "Ra lo ganti parfum ya? Gak enak banget baunya ih!"

Rara melotot dong, "Hah? Engga anjir ini parfum yang biasa gue pakek, idung lo aja itu masalah."

Wilona mengibas-ngibaskan buku ke mukanya, "Serius Ra gak enak banget, kayaknya lo gak usah pake parfum dulu deket gue."

"Aneh lo dih!" Rara gak terima lah. Si Wilona apa-apaan sihhh???? Biasanya juga gak gini.

Wilona yang gak tahan sama bau parfum Rara akhirnya memilih keluar ruang guru, balik lagi masuk toilet karena mendadak mualnya kembali naik. Muntah lagi dah tuh anak di toilet sekolah.

•••

Wilona tertunduk lesu di meja belajar kamarnya, dia tuh heran sama kelakuannya belakangan ini. Sakit tapi kayak gak sakit, Ibu aja sampe khawatir karena Wilona beneran muntah-muntah terus sampe mukanya pucat pasi.

Udah hari ketiga ini Wilona mual terus.

Kemaren sore juga udah dikerokin Ibu ternyata gak mempan. Masih aja muntah-muntah gak jelas, mana sekali muntah beneran keluar semua isi perutnya. Ibarat kalo abis muntah tuh Wilona berasa kosong banget perutnya. Kadang kalo udah gak kuat, bisa sampe nangis-nangis anaknya.

"Wil, ini Ibu masakin sayur sop kesukaan kamu, di makan ya kalo perutnya udah enakan," kata si Ibu yang masuk ke kamar Wilona dan narok makanannya di atas meja nakas.

Wilona mengangguk, "Iya Ibu makasih ya."

Selepas Ibu keluar, Wilona gak langsung makan. Bisa langsung muntah dia, selama tiga hari ini aja Wilona nyemil buah apel atau gak gummy jelly, dua makanan aman yang dipastiin gak akan keluar dari lagi dari mulut Wilona.

Kalo makanan berat kayak nasi ini udah dijamin gak bertahan lama di perut Wilona. Selang semenit aja pasti udah dimuntahin.

Wilona selonjoran di atas kasurnya, dia ngambil laptop terus mendadak iseng mau search di google sebenernya penyakit apa aja yang gejalanya kayak dia sekarang.

Tapi bukannya dikasih nama penyakit, Wilona malah dibuat tercengang sama hasil pencariannya.

Hamil.

"Kehamilan pada trimester pertama memang mengakibatkan sang Ibu mengalami morning sickness seperti mual, nafsu makan berkurang atau bertambah, fisik mudah lelah, sensitif pada bau dan hal lainnya..." gumam Wilona membaca rentetan kata yang ada di laman web tersebut.

Wilona meneguk ludahnya pelan, semua gejala yang disebutkan mirip dengan yang dialaminya. Terlebih kemarin pagi Wilona memang protes ke Rara perihal bau parfumnya. Bisa jadi Rara memang pake parfum dia yang biasanya tapi Wilona aja yang kelewat sensitif?

Cewek itu keluar dari laman web itu, beralih mengetik hal lain di pencariannya.

'Ciri-ciri atau gejala awal kehamilan.'

Wilona meremas spreinya saat membaca kalimat pertama yang ada di hasil pencariannya saat ini.

"Telat datang bulan..." sontak Wilona melihat tanggal berapa ini, dan yang bener aja? Dia harusnya dapet tamu tanggal 10 kemarin, tapi sekarang udah tanggal 17! Kepala Wilona bagai dihantam batu. Kenapa dia bisa gak sadar???

Tapi yang makin buat Wilona panik adalah dia baru sadar kalo dia sama sekali gak pernah minum pil pencegah kehamilan setelah malam itu. Aduh gawat, ini kalo jadi beneran nasib Wilona gimana buseeeettt!!

"Masa sih gue hamil?" ucapnya pada diri sendiri.

Tangan Wilona memegang perutnya, kasur Wilona yang berhadapan langsung ke cermin itu ngebuat Wilona mudah melihat perutnya.

"Engga ah kecil gini masa ada bayinya?"

Wilona menggigit jari telunjuknya pelan, "Aduh tapi kalo misal beneran gimana ya?"

Bermenit-menit dari situ Wilona jadi semakin kepikiran, cewek itu sekarang mondar mandir cemas takut kalo dia beneran hamil. Masalahnya Wilona belom mau nikah, iya sih dia emang dipush nikah mulu sama lingkungan TAPI YA MASA HARUS HAMIL DULUAN????

Lagian Wilona pede banget ya, kayak udah yakin aja si Najarendra mau nikahin dia.

DUH KAN JADI GALAU SENDIRI.

Gimana kalo ternyata Najarendra udah ada pacarnya, gila sih Wilona jadi orang paling gak tau diri pasti! Argh PUSING!

Karena gak mau makin lama makin sinting sendiri, Wilona akhirnya mutusin pergi keluar. Pamitan sama Ibu sih mau beli susu ke supermarket, padahal nyamperin Apotek beli testpack. GAK KUAT KALO RASA PENASARAN DI TAHAN-TAHAN TERUS.

•••

a/n: tenang guyss cerita ini banyak manisnya kok, konfliknya kiciw ajaaa biar kita menikmati naja-wilona uwu uwu HEHEH

24 Februari 2023

RaharaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang