27; sarapan (ril)

6.9K 674 25
                                    

Seperti biasa di hari-hari minggu yang mereka lalui, pasangan suami-istri ini selalu beli sarapan nasi uduk atau lontong kuah opor jualanannya Bude Sumi. Udah pasti alasannya karena ini hari yang pas banget buat dipake males-malesan.

Contohnya dua orang ini yang baru keluar dari kamar sewaktu jam menunjukkan pukul 8 pagi.

Sengaja banget males-malesan berdua padahal udah bangun dari jam 6 tadi. Jangan kalian tanya ya apa kerjaan mereka sampe dua jam sesudahnya baru ada niatan keluar dari sana.

"Mau apa, Wil?" tanya Naja yang tengah meletakkan gelasnya--habis minum.

Wilona yang sekarang lagi nyuci satu buah apel di wastafel menoleh ke suaminya, "Mau lontong aja, sambelnya pisah jangan dicampur."

Naja mengangguk iya, cowok itu udah siap keluar dengan hoodie birunya. Setelah sempat berpamitan sebentar ke Wilona baru lah Naja keluar dari rumah mereka.

Gak butuh waktu lama buat sampe, rumah Bude Sumi itu ada di Blok C No. 1 alias rumah paling depan sekali di rentetan C geng. Dan emang dari sebelum nikah, Naja udah langganan banget sama sarapan Bude Sumi semisal dia engga pulang kerumah keluarganya di akhir pekan.

Tanpa was-wes-wos dan basa-basi, Naja langsung menghampiri etalase yang menyajikan banyak aneka sarapan pagi buatan Bude Sumi serta kue-kue jajanan pasarnya. Anehnya pagi ini rumah Bude Sumi lebih rame dari minggu biasanya.

Naja paham kalo jualanannya Bude Sumi selalu rame kok tiap minggu, tapi ini ramenya beda karena didominasi oleh cewek-cewek muda yang kalo Naja tebak adalah temen-temen anaknya Bude Sumi. Si Rani.

Sekitar 4-5 orang, mereka duduk di meja yang biasanya dipake sama pelanggan Bude Sumi buat makan. Di depan etalase juga ada tuh anaknya Bude Sumi berdiri lagi ngelayanin pesenan orang lain. Yang engga keliatan malah Bude Sumi nya sendiri.

"Eh, Nak Naja beli sarapan juga toh?" sapa Pak Sabar yang sedikit mengagetkan Naja lantaran lelaki paruh baya itu menepuk bahunya dari sisi kanan.

"Iya, Pak." Naja tersenyum ramah, "Biasaaa, pesenan istri."

Pak Sabar ikut tertawa kecil. Setelah salah satu pelanggan yang dilayani Rani pergi, keduanya melangkah maju. Otomatis Naja duluan yang dipersilahkan Pak Sabar buat pesen karena emang Naja duluan kan yang sampe sini.

"Nasi uduknya satu, lontong opornya juga satu porsi. Minta sambelnya dipisah ya?" ucap Naja yang dibalas anggukan Rani. Cewek itu langsung dengan cekatan mengambilkan pesenan Naja.

Sedangkan Naja yang menyimak tangan Rani membungkus pesanannya merasa agak aneh, entah perasaan dia doang atau apa--tapi Naja ngerasa diliatin sama rombongan cewek yang lagi duduk di meja makan itu.

"Ekhem! Cieee..." gelak tawa mereka yang seakan ditahan itu jelas masih terdengar di telinga Naja. Tapi Naja pura-pura gak peduli dan gak denger aja.

Rani juga sesekali menoleh ke teman-temannya itu, gak tau, mungkin sekedar memberi mereka tatapan tajam. Naja juga gak mau peduli.

"Oi Naja!" lagi dan lagi jantung Naja pagi ini dikagetkan. Kali ini lebih kaget lagi soalnya yang nyapa dia barusan langsung ngerangkul pundak Naja akrab banget.

Naja reflek menoleh dong, dan ternyata--Naja makin kaget dibuatnya.

Juan Aleksa Ginatra, kakak tingkat satu jurusan Naja sewaktu kuliah tiba-tiba ada disampingnya, menyapa, setelah sekian tahun mereka gak pernah ketemu lagi. Naja benar-benar jadi melotot kaget.

"Woi Bang Juan!" Naja sontak memeluk Juan singkat dan dibalas oleh pemuda itu. Kedua orang itu tertawa satu sama lain gak mempedulikan orang di sekitar mereka merhatiin.

RaharaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang