Catatan: Glosarium/Footnote ada di bagian akhir cerita. Tulisan bold sekaligus italic menandakan kata tersebut ada di Glosarium/Footnote. Contohnya: Narapidana
Kunjungi versi webtoonnya: https://tinyurl.com/pesta-dalam-penjara
Apakah itu penjara? Bagi orang awam, penjara adalah tempat kelam yang tidak seorang pun ingin tinggal meski hanya sedetik saja. Suatu wilayah penghukuman, dimana para pelaku kriminal harus menebus setiap gurat simbahan dosa. Tempat bercahaya redup, bahkan seharusnya tidak ada semarak pesta. Narapidana di sangkar bui berparas suram, saling menjegal, berkelahi, meski ada orang baik yang terperangkap karena terperosok fitnah. Mereka dijerumuskan disini untuk dibina, ditanamkan benih-benih moral, berharap akan membuahkan kebaikan ketika keluar dari pintu akhir masa kurungan.
Berbeda dengan napi lainnya yang duduk menahan lapar di sudut ruang sel. Kuncoro Sutomo, koruptor yang menggelapkan uang pajak, duduk bersantai di sofa empuk sambil bermain kartu bersama teman-temannya. Tak lupa acapkali memasang kartu, ia menjilati lalu menyantap potongan pizza kesukaannya. Ruang selnya disulap bak apartemen. Ada AC, TV, kulkas, dan bisa memesan makanan enak setiap saat. Gores wajahnya tidak menggambarkan penyesalan apapun, walau ia telah merampas ratusan milyar dana negara dan menjadi lintah penghisap darah rakyat. Ini bukan terkekang di dalam penjara. Bukan hidup di hotel prodeo pula. Melainkan dia hidup di hotel sungguhan.
Di penjara yang disebut sebagai rumahnya, Kuncoro mengoperasikan anak buahnya yang berkeliaran di alam bebas. Kini tidak hanya uang pajak, kejahatannya juga merambah ke sektor penjualan gelap. Bisnis narkoba, perjudian, dan prostitusi, menjadi pundi-pundi uang yang terus mengucur ke kantung pribadinya. Membuat perutnya semakin buncit, berisi gumpalan kekayaan kotor.
Apakah hanya Kuncoro yang berpesta pora di ruang penjara? Atau masih banyak Kuncoro-Kuncoro di penjara lainnya? Disisi yang bertolak belakang, Yogas, seorang elit intel, secara rahasia menyusup ke jantung penjara tempat Kuncoro mendekam. Dia bersandiwara, menyamar menjadi penjahat yang mengikat tali pertemanan dengan sang koruptor. Mampukah Yogas menangkap tikus-tikus yang tengah berpesta? Atau justru dia akan mati digerogoti para tikus berdasi itu?
Glosarium/Footnote:
Narapidana: Orang-orang sedang menjalani sanksi kurungan atau sanksi lainnya, menurut perundang-undangan
Hotel Prodeo: Nama lain lembaga pemasyarakatan/penjara.
KAMU SEDANG MEMBACA
Pesta Dalam Penjara
Mystery / ThrillerSurga Biru, adalah organisasi yang menjual kemewahan di dalam penjara. Sehingga para koruptor dan napi berduit bisa menikmati fasilitas hotel di ruang selnya. Mereka bisa berjudi, menikmati narkoba, prostitusi, dan hal lainnya di balik jeruji besi...