20. Enigma

3.4K 480 105
                                    

"Prince Vegas, saya sudah mencari beberapa informasi tentang Mr. Pierre dan saya menemukan beberapa kejanggalan."

Siang itu setelah pertemuan mingguan istana, dan setelah memastikan bahwa tidak ada seorangpun yang sedang bersama Vegas saat itu, Ken langsung melaporkan apa yang dia temukan tentang sesuatu yang diperintahkan oleh Vegas beberapa hari lalu. Yaitu ia yang harus mencari sesuatu terkait Pierre.

Beberapa kertas yang dikelompokkan satu persatu mulai Ken letakkan didepan Vegas. Dimana didepan kertas tersebut masing-masing terdapat tulisan tentang kelompok informasi berdasarkan kategorinya. Vegas membuka salah satu kertas tumpukan kertas tersebut, dan beberapa sudah ditandai oleh Ken untuk menjelaskan hal janggal yang dia temukan.

"Mr. Pierre berasal dari latar belakang keluarga nelayan, namun pekerjaan beliau adalah pengusaha. Dan disini adalah hal yang aneh, sejak pertama kali membangun usaha 35 tahun lalu, sudah belasan usaha beliau yang mengalami kebangkrutan. Termasuk usaha yang bekerjasama dengan pihak lain."

"Alasan kebangkrutannya apa?" Vegas bertanya, masih sambil memperhatikan deretan kalimat disana.

"Praktik keuangan yang buruk."

Satu dengusan diberikan Vegas. Tentu saja, orang serakah seperti itu tidak akan mungkin bisa mengelola keuangan mereka dengan baik.

"Tapi untuk usahanya yang terakhir, itu adalah usaha terlama yang bisa beliau jalankan."

"Oh ya?" Tanya Vegas "Usaha apa?"

"Perusahaan manufaktur, di bidang tekstil. Berjalan sekitar 3 tahun sebelum harus bangkrut juga di tahun lalu."

"Lalu sekarang?" Ken terlihat menggeleng ragu.

"Saya tidak menemukan informasi apapun tentang pekerjaan Mr. Pierre sekarang, kemungkinan besar beliau belum bekerja lagi hingga saat ini."

Lalu darimana Pak Tua itu mendapatkan uang untuk bertahan hidup?

"Ada informasi yang berhubungan dengan Pete?"

"Awalnya saya mengira semua informasi Mr.Pierre yang berhubungan dengan Tuan Pete adalah informasi yang wajar..."

"Okay?" Gumam Vegas.

"Tapi ternyata ada hal yang cukup mencurigakan. Di tahun 2000, beliau mengadopsi Tuan Pete, dari sebuah panti asuhan yang sangat jauh dari kota. Hampir di perbatasan, padahal di tahun itu Mr. Pierre sudah tinggal di kota bersama istrinya."

"Apa yang aneh dari itu?" Vegas memercingkan matanya, sedikit berpikir. Oke, memang itu tidak aneh kenapa mereka memilih tempat yang begitu jauh dari tempat tinggal mereka untuk mengadopsi anak. Tapi selalu ada jawaban yang cukup masuk akal untuk itu. Mungkin saja mereka mencari panti asuhan dengan regulasi adopsi yang lebih mudah, mungkin mereka sengaja mencari panti asuhan yang memiliki jumlah anak asuh yang berlebih, atau beberapa alasan lain yang masih bisa diterima.

Tapi kenapa Ken berpendapat bahwa itu adalah hal yang janggal?

"Prince Vegas, tahun 2000 adalah tahun dimana terjadi konflik besar di negeri Bulles." Jawab Ken "Di tahun itu, semua orang mengalami kesulitan, kondisi ekonomi terpuruk, konflik dimana-mana. Tapi di tahun tersebut, Mr. Pierre yang sedang mengalami kebangkrutan justru memilih untuk mengadopsi anak."

Ah, benar juga. Tahun 2000 adalah tahun kelam bagi negeri Bulles. Tahun itu adalah tahun dimana konflik besar yang dipicu oleh pemberontak yang ingin melengserkan Caesar pecah. Yang berujung pada berbagai gerakan bawah tanah dari seluruh penjuru negeri yang harus dibekukan oleh pihak militer dan kepolisian istana. Dan berakhir dengan ribuan nyawa yang juga melayang. Ekonomi dan sosial tentu sangat terpengaruh karena konflik tersebut, jadi Vegas cukup paham sekarang kenapa Ken menganggap itu adalah hal yang janggal.

SERENAY [VegasPete]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang