"Jangan liat gua gitu, gua ga suka dikasihanin." Ujar Yathan datar selepas menceritakan semuanya pada Inggit. Inggit menggangguk paham, tapi tetap saja ia tidak bisa bersikap biasa saja. Bahkan sepertinya lapisan air pada sepasang matanya sebentar lagi akan runtuh.
"Gue... gue ga tau, than. Lu sebenernya punya banyak sosok yang bisa di andelin buat sekedar jaga cerita. Tapi kenapa lu justru malah diem aja?" Tanya Inggit dengan suara parau nya.
"Gua ga tau, gua juga bingung. Dari awal semua emang udah rumit, git. Gua salah udah nyembunyiin penyakit dari keluarga gua, gua salah ga pernah ngenalin Maritsa ke keluarga gua, gua juga salah udah nyembunyiin semua ini dari temen-temen gua. Karena sekarang lo udah tau, gua mohon tolong jaga ini ya." Jawab Yathan frustasi. Ia sedikit memohon agar Inggit bersedia menjaga rahasianya. Dan Inggit menagangguk.
"Lu baik banget, than. Gue... gue salut sama lu." Ucap Inggit pelan, bahkan sepertinya Yathan tidak dapat mendengarnya.
Inggit merasa sedih. Kenapa dunia sangat tidak adil dengan hidup Yathan? Yathan adalah anak yang baik dan yang bukan neko-neko, memang benar Yathan sedikit tengil tapi itu semua tidak bisa menutupi kebaikan Yathan. Yathan orang yang sangat tulus, Inggit tau itu.
Beberapa kali Inggit sering mendapat bantuan dari Yathan. Sejak awal mereka memang tidak pernah dekat, tapi Yathan selalu membantunya seakan mereka sangat dekat.
Inggit ingat bagaimana pertama kali ia bisa bertemu dengan Yathan. Dulu pada saat hari pertama dikelas 10, dengan jaket denim nya, Yathan menghampirinya yang sedang berjalan menyusuri lorong karena tujuan nya adalah toilet. Lalu ia berkata "Lu... Inggit kan? Kita temen sekelas loh." Inggit tampak bingung, lalu segera mengangguk.
"Git, boleh nitip jaket? Jaket gua agak ribet si, kalo lu ga mau ribet, jaket nya iket aja di pinggang lu. Maaf banget ya, gua buru-buru banget soalnya." Ucap Yathan, kemudian ia berjalan mendahului Inggit.
Inggit tidak peduli dengan ucapan Yathan mulanya. Tapi setelah keluar toilet, Inggit segera menuruti ucapan Yathan. Sebab sudah banyak bercak merah pada rok abu-abunya. Berulang kali Inggit mengucap bodoh pada dirinya. 'bodoh banget lo, git. Berarti tu cowo liat rok gue dong? Aish... malu banget!!!'
Setelah satu 3 jam di UKS, Yathan dan Inggit kembali kekelasnya. Diperjalanan menuju kelas Inggit mengeluh lantaran pelajaran sehabis ini adalah fisika. Inggit sangat benci fisika, terlebih guru mata pelajaran itu benar-benar memadatkan jam mereka. "Kenapa balik sekarang si, than? Balik nya nanti aja pas matpel keempat." Keluh Inggit.
"Kenapa emang?" Tanya Yathan.
"Ya karena sekarang jam fisika tau! Padahal dispen nya bisa sampe jam berapa aja, kenapa harus balik sekarang si?" Tanya Inggit dengan wajah sedikit cemberut.
"Ya karena sekarang jam fisika." Jawab Yathan.
"Oh ya, lu suka fisika ya. Salah besar gue bilang gitu ke elu. Gue kayaknya ga bakat sama MIPA deh, mau pindah juga udah telat." Ucap Inggit.
"Yaudah lu duduk sama gua aja, nanti kita sharing tentang fisika. Kebetulan Juan lagi ga masuk."
"Beneran?" Yathan mengangguki pertanyaan Inggit barusan. Inggit tersenyum.
..........
Bel istirahat kedua berbunyi. Yathan membuka kotak bekal yang disiapkan bude. Isinya tak ada yang istimewa, tapi menjadi istimewa lantaran makanan ini dibuatkan oleh bude untuknya. Bude jarang membuatkan bekal untuknya, lantaran melihat energinya yang kian lama termakan usia, Yathan menjadi tidak tega untuk menyuruh nya membuatkan bekal. Tapi tak jarang bude melanggar nya dan membuatkan bekal yang diam-diam ia letakan di tas Yathan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Under 10.000 Stars | Liu Yangyang
Fanfiction[#1 Liu yangyang 2022.09.10] Bukan tentang menyerah, hanya saja pilihanku jatuh untuk terus percaya pada takdir. Yathaniel Attalarick Haiden. Baru mencapai usia yang dianggap telah dewasa. Menurutnya keluarga adalah segalanya. Rela menukar semua ya...