MG 001

1.5K 122 13
                                    

"Apaa??"

Aku menatap Enyak tak percaya.

"Maafin Enyak Dena, Enyak kagak boong.."

Aku yang sudah siap rapi jali dengan hiasan pengantin wanita, langsung melorot jatuh ke lantai tak bisa tertahan lagi. Netraku mulai basah dan terisak kecil.

"Hiks, Dena. Lu sabar ye. Si Ojan lagi dicari ke pelabuhan ame sodaranye. Mudah-mudahan die belum pergi kapalnye. Asem bener tuh orang"

"Hiks, Dena maluu Nyak, masa kagak jadi nikah. Hikss.."

"Sabar, doa juga ye, lagi dicari. Penghulunye temen babeh lu jadi bakal ditungguin ampe jam berapa juge. Lu doa neng, jangan nangis gini.."

Enyak lalu menghambur dan memelukku erat. Tangannya mengusapi punggungku menenangkan. Perlahan ia mengajakku berdiri dan mengajakku duduk di kursi riasku.

Hiks hiks, kurang ajar si Ojan surojan itu. Nape mabur sekarang coba? Kenapa kagak kemaren aja? Sebelum aku pake baju pengantin gini, sebelum pesta kadung digelar dan para tamu dan sodara datang berombongan dari mana-mana.

"Pantesan hp-nya mati dari tadi pagi Nyak, hikss.. Dena ada kirim pesen tapi centang satu. Di telfon kagak aktif. Hikss.. Nyaakk.. hikss.. Dena maluu.."

Enyak memelukku erat dan airmatanya ikut menangis juga gak karuan.

"Sabar neng, sabaar.. orang sabar badannya lebar. Eehh.."

Kontan aku menangis kian keras dan memerangkap Enyak dalam pelukanku. Aku tak peduli riasanku kacau balau gak karuan karena tangisanku. Aku tak peduli tangisanku sekeras apa juga. Aku hanya tengah menangis, sedih bukan kepalang.

Hari ini, harusnya adalah janji suci itu diucapkan. Diikrarkan penuh hikmat didepan orangtuaku dan aku. Harusnya juga statusku resmi menjadi seorang istri Fauzan Surya alias Ojan teman masa kecilku dulu. Hikss, tapi kenapa sekarang jadi begini?

Mataku basah ketika Babeh datang dan mengusap kepalaku lembut. Beliau juga sepertinya terguncang karena pernikahanku yang tragis ini.

"Lu sabar ya neng, si Muroth ame si Jali lagi nyari ke dak kapal tempat kapal pesiarnye ade. Kurang ajar emang tuh bocah kelakuannye bikin gw naik darah aje ini. Awas aje kalo ketemu, gw bikin jadi ketimus ampe lengket trus gw bakar!!!"

Hiks, Kasian babeh. Enyak juga yang lagi memelukku kembali terisak sedih.

"Dena malu juga hiksss.., temen kantor pada datang semua noh. Gimane ngomongnye coba kalo nikahnye batal. Entu kado pegimane, ada yang udah transfer juge kemaren. Malu Beh.. hiksss"

Tangan babeh mengusap kepalaku lembut tapi bergetar. Duh, babeh. Maafin Dena karena pilihan ini menyakiti babeh ame Enyak.

Pintu kamarku di ketuk orang dan muncullah wajah Babah Hamid tetangga kami yang juga sodara sepupu dari Babeh.

"Sobari, lu ikut gw ke depan. Ade badamian bentar bakal anak lu, sekarang yee.."

"Iye, bentar.."

Babeh mengusap kepalaku kembali lalu beranjak dari kamarku dan keluar mengikuti ajakan Babah Hamid.

Aku sendiri masih bertangisan dengan Enyak yang masih erat memelukku. Aku sadar kejadian ini menyakiti orang tuaku karena aku adalah gadis semata wayangnya yang belum menikah. Usiaku sudah mau 30 tahun 6 bulan lagi. Tentu saja mereka semuanya prihatin dengan nasibku.

Tapi mau gimana lagi, namanye jodoh kan kagak ada yang tahu. Siapa yang menyangka di hari pernikahanku ini juga aku bakalan gagal menikah. Ya Tuhan, hikss, begini amat ya nasibku.

💕

Aku mengusap dadaku tak percaya. Keknya pernah akrab sama nama itu tapi kan itu kapan tahun dah.

"Bang Fawaz Beh?"

"Iye, solusinye entu dari keluarganye si Bangke. Pegimane, darimana kagak jadi kawin lu.."

"Tapi Beh.. aye kagak kenal die beh.."

"Ntar juga lu kenal. Yang penting die mau nikahin lu, walopun .."

"Ape Beh.."

"Ntarlah lu tanya diri pekerjaannye. Babeh kagak jelas juge apaan.."

"Lah babeh.. dena dikasih nafkah haram pegimane.."

"Ya elah Denong, bapak emaknye haji masa lu bilang anaknye kerja haram? Istighfar lu.."

Aku menatap babeh enyak ragu. Siapa entu bang Fawaz kakak sepupunya si Ojan? Napa kagak apal ye.. tapi apa iya karena si burik itu kabur, aku harus menikah sama sodaranye? Duh!

"Anaknye baek sholeh keknya, kate si Hamid gitu. Kagak banyak ningkah. Tadi waktu babeh ajak ngomong juga dia kagak keberatan nikahin lu. Dia juga jomblo abadi katanye. Dah ye, kalo ada ape-ape babeh tanggung jawab neng. Biar lu nikah dah, cinta mah bise dipupuk. Kalo perlu babeh beliin pupuk organik biar lu cepet pade doyan gitu. Gimane?"

Ya ampun, dikira sawah kali butuh dipupuk Beh. Ade-ade aja bahasanya bikin aku bingung luar biasa. Gimana ini? Masa iya nikah ame yang kagak kenal sama sekali?

"Lu ketemu dulu dah ya, noh anaknye diluar nungguin. Bentar gw suruh masuk kamar lu. Ngobrol dah bedua biar kenal. Tapi awas lu jangan mau diapa-apain, balon halal ngarti pan?"

Duh Babeh, sempet-sempetnya ngomong kek gitu. Amit dah! Aku mengusap air mataku yang masih menggenang di kelopak mataku. Belum lagi pipiku yang berantakan riasannya karena aliran deras yang muncul tadi.

Babeh keluar sebentar lalu mengajak Enyak ikut juga. Tak lama ada sosok tinggi tegap masuk ke dalam kamarku menggunakan jas hitam dan kemeja putih didalamnya.

"Assalaamu'alaikum Dena.." sapanya saat ia sudah berdiri tak jauh dari kursiku.

Aku mendongak pelan dan memicing menatap sosok didepanku.

Lho lho.. inikan?

"Masih ingat saya?"

Ya ampun, aduh.. kenapa jadi dia ya?

Tobaat Nyak..

Tobat Beeh..

Napa kudu orang ini?

💕

Hai hai, maafkan aku hadir lagi dengan kisah baru. Cerita sebelah aku offkan dulu karena lagi stuck ini kepala bebs. Lagi pengen yang lucu2 dulu karena dunia aja udah lucu banget menurutku. 😪

Enjoy ya, happy2 aja lah kita ya..

🤩😘

Mantan GacoanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang