Suasana hujan di malam hari seperti biasa terasa indah bagi Akmal. Ia duduk di balkon rumahnya dengan secangkir kopi hangat buatan ibunya.
"Ngopi, Bang?"
Akmal menoleh dan mendapati sang Ayah di belakangnya.
"Iya. Baru pulang, Yah? Cepet amat."
"Udah selesai semua, jadwal OK sepi hari ini gak kaya biasanya."
Akmal mengangguk lalu lanjut meminum kopinya. Keduanya kemudian diam satu sama lain. Tiba-tiba mereka melihat kedatangan Aya dan Bian baru pulang dengan hujan-hujanan. Sepertinya Aya baru pulang shift sore.
"Astaga si Bian kenapa gak pake mobil aja jemputnya? Jadi kehujanan gitu."
Ayah Akmal atau kerap disapa dr. Fauzi sangat menyayangkan melihat kedua tetangganya itu yang selalu berkendara dengan motor, apapun kondisinya.
"Ayah bukannya udah tau masalahnya malah ngomong begitu, aneh banget."
"Lah masih emangnya, Bang?"
"Kayanya. Tapi kelihatannya sih gitu."
"Besok udah lanjut residen lagi?"
"Iya, Yah. Udah abis masa cutinya."
Fauzi menepuk bahu Akmal, "Lagian ngapain ngambil cuti dah, udah kaya yang berkeluarga aja lu."
"Butuh refreshing gua mah. Berat masalah hidup di dunia, orang berduit mana paham."
"Busettt. Itu warkop lu udah rame begitu, masa masih kere aje? Jual dah itu mobil sport lu. Percuma juga tuh kursi penumpang kosong terus kaga ada cewenya. Cari pacar sana."
"Kaga minat pacaran juga gue."
Fauzi merangkul bahu Akmal, "Emang bener omongan orang-orang di rs ye, geng lu penganut Indonesia tanpa pacaran."
"Semerdeka orang-orang aja dah. Abang emang gak minat pacaran, Yah. Cuma yang naksir banyak tinggal milih aja nih mau yang mana."
"Iya dah anak Ayah paling cakep."
Fauzi mengacak rambut Akmal anak satu-satunya itu. Tak terasa, Akmal yang dulu hanya setinggi dengkulnya, sekarang tingginya hampir menyamai tingginya. Anaknya sudah dewasa.
"Ayah gak minta buru-buru juga santai aja.. Nikmatin masa muda lu, tar juga jodoh dateng sendiri." Kata Fauzi, "Mending sekarang Abang tidur, besok pagi berangkat bareng Ayah ke rs."
"Biar apa coba?"
"Biar orang-orang tau kalo bapak lu cakep."
Akmal ketawa, "Udah tua masih tebar pesona aja."
"Kaga mau gue kalah sama Reza. Masa Vano dibanggain mulu sama dia? Padahal gue juga punya nih anak residen cakep kaya lu. Terus itu lagi Josh, gak abis-abis si Bram di bawa mulu tiap visit. Tebar pesona dia tuh gue paham banget."
"Om Adrian kaga, Yah?"
"Kaga.. Dia mah anaknya badung begitu, si Dipta. Kerjaannya godain perawat mulu di ruang OK kata Bunda lu."
"Emang anying si Dipta."
"Makanya lu jangan badung begitu ye, tar gak bisa gue pamerin ke geng gue."
"Geng banget gak tuh. Iya siap dah, Yah."
"Dah ayo istirahat, udah malem."
Fauzi mengajak Akmal untuk masuk ke rumah. Ia menutup pintu balkon dan membawa cangkir kopi bekas Akmal minum tadi dan menaruhnya di wastafel. Diam-diam ia tersenyum mengingat Akmal besok sudah kembali ke masa residennya. Fauzi sebenarnya tau, tekanan apa yang membuat Akmal memutuskan untuk mengambil cuti selama seminggu.
KAMU SEDANG MEMBACA
It's Okay To Be A Nurse
FanfictionSemua orang punya impian masing-masing. Seperti aku dan impian hebatku jadi seorang perawat. Aya.