13. Melepaskan

11 3 0
                                    


Perjalan ke Yunani membutuhkan waktu lebih dari 25 jam. Waktu yang cukup lama. Tapi Keanu harus bertemu Mikha. Dia ingin kejelasan tentang hubungan mereka. Keanu masih tidak bisa melepaskan Mikha dan dia tidak ingin Mikha sedih dengan gossipnya dengan Jasmine.

Keanu sampai di bandara Athena Yunani ke esokan harinya. Dia sudah menghubungi Mikha. Dia tahu Mikha ada di rumah Ayahnya. Tapi ketika tahu Keanu menyusul Mikha ke Yunani, Mikha tidak ingin Keanu menemui Ayahnya, dia ingin bertemu dengan Keanu di suatu tempat yang pernah menjadi tempat bersejarah bagi mereka. Tempat pertama kali Mikha menyampaikan perasaan suka dan kagumnya pada Keanu, dan tempat dimana Keanu meminta Mikha untuk menjadi kekasihnya. Keanu memang tipe laki-laki yang cukup pendiam. Dia menemani mikha menemui ayahnya karena Mikha memintanya. Keanu menurut. Dia juga menyukai Mikha, tapi dia tidak menyampaikan perasaannya hingga akhirnya Mika duluan lah yang mengatakan perasaannya, Keanu pun akhirnya mengajak Mikha untuk berpacaran.

Acropolis of Athens merupakan kota peninggalan bangsa Yunani kuno paling terkenal dan bersejarah di Yunani. Kota Athena merupakan tujuan wisata historis, kota ini berbukit-bukit dengan bukit tertingginya adalah Bukit Lykavittos dimana dari puncaknya kita dapat melihat pemandangan kota Athena 360 derajat. Bukit lainnya adalah bukit dimana terdapat bangunan paling terkenal di Yunani yaitu Acropolis of Athens. Di bukit inilah Mikha meminta Keanu untuk menemuinya.

Keanu berjalan dengan cepat. Dia tahu MIkha sudah ada di bukit ini lebih dulu. Keanu menuju ke puncak dengan sedikit terengah, perjalanan Jakarta - Athens cukup menyita waktu dan energinya, tapi dia harus bertemu Mikha sekarang. Dia ingin melihat wajah Mikha, dia rindu pada senyum Mikha. Dan Ingin rasanya Keanu langsung memeluk Mikha ketika mereka bertemu.

Keanu melihat Mikha yang sedang memandangi kota Athena dari atas bukit. Keanu berjalan pelan. Mikha kemudian berbalik. Tersenyum. Tapi..senyumnya tidak terlihat bahagia, dia seperti telah menangis sebelumnya. Wajah Keanu yang asalnya sumringah, berubah menjadi bingung.

"sorry, aku langsung ngajak Mas Kean Kesini.." Mikha berkata halus. Suara Mikha memang halus, dia juga kadang memiliki suara yang manja dan menggemaskan. Keanu menyukai sura Mikha yang manja. Tapi kali ini Mika berbicara dengan halus.

Keanu mendekati Mikha, dia berdiri di sebelah Mikha, ingin rasanya dia memeluk Mikha. Tapi ada tembok tak terlihat yang Mikha pasang diantara mereka,.

"Daddy sehat?" Tanya Keanu basa basi. Setelah Keanu berdiri di sebelah Mikha. Mikha malah kembali memandangi kota Athena.

"Sehat. Aku dengar beliau sempet sakit sebentar. Tapi sekarang sudah pulih, dan sudah beraktifitas seperti biasa." Mikha menjelaskan.

Keanu mengangguk, dia mengerti kenapa Mikha ingin ke Yunani untuk bertemu dengan Ayahnya, ternyata Ayahnya sempat sakit.

"Yasmin.." Keanu memanggil Mikha.

"Mikha, mulai sekarang Mas Kean bisa panggil aku Mikha. " Mikha membuat Keanu memalingkan wajahnya pada pemandangan kota Athena.

Mikha pun memandangi Keanu.

"Kamu marah dengan gossip yang terjadi sama aku?" Keanu bertanya serius.

Mikha menggeleng. "hubungan kita sudah berakhir Mas Kean.." Mikha menahan air matanya.

"aku nggak pernah setuju untuk putus Yasmin." Keanu berkata tegas.

"Tapi aku nggak bisa terus bersama Mas Kean, prinsip kita beda Mas kean, dan kita nggak pernah bisa satu tujuan. Aku nggka mau menikah, aku nggak mau punya anak. Aku benci pernikahan." Mikha berkata dengan berurai air mata.

Keanu terdiam. Keanu sangat menyayangi Mikha. Mereka berpacaran sudah cukup lama. Dan keanu menuruti keinginan mikha untuk tidak menikah, Namun jauh di lubuk hati Keanu, keanu ingin memiliki keluarga, ia ingin menghabiskan waktu bersama seseorang sampai tua dan memiliki anak. Dan ia berharap orang itu adalah Mikha.

"Aku tahu, Mas Keanu ingin memiliki sebuah keluarga. Mas keanu suka anak kecil, Mas keanu pasti ingin memiliki anak. Aku sudah berusaha untuk bisa seperti itu. Tapi aku tetap nggak bisa, aku nggak bisa berbohong dengan diriku sendiri. Aku takut nanti keluarga kita malah hancur. Aku takut keluarga kita hancur seperti keluarga ku, Mas Kean.."

Mikha menangis. Keanu ingin sekali memeluknya, tapi dia menahan diri. akan sulit melepaskan Mikha nanti kalau seandainya mereka benar-benar putus.

Keanu tahu, Mikha memiliki sebuah trauma dengan keluarganya. Orang tua Mikha bercerai. Dan Mikha sempat diperebutkan. Tapi setelah itu Mikha dan ibunya bisa kembali ke Indonesia dengan selamat dan damai. Hanya saja ibu Mikha menjadi sangat berbeda. Beliau menjadi lebih ambisius, beliau juga sudah menikah beberapa kali. Dan tetap berakhir dengan perceraian. Sedangkan Ayah Mikha, beliau tetap tinggal di Yunani, Mikha tidak diperbolehkan bertemu dengan Ayahnya.Dan ketika berusia 20 tahun. Mikha sudah memiliki penghasilan sendiri sebagai Artis. Diapun baru bisa menemui Ayahnya. Ayahnya di Yunani hidup dengan baik. Dia tidak menikah lagi. Namun Mikha tahu bahwa ayahnya sering tinggal dengan wanita yang berbeda-beda selama beberapa tahun ini.

"Kamu nggak percaya sama aku?" tanya keanu Akhirnya. Keanu selalu berusaha untuk menjadi laki-laki yang baik dan bertanggung jawab untuk Mikha. Keanu juga selalu meneruti permintaan Mikha. Keanu ingin Mikha menilainya berbeda. Laki-laki tidak semuanya seperti Ayahnya atau mantan-mantan suami ibu nya.

"aku percaya sama Mas Kean yang bertanggung jawab dan sangat baik. Tapi aku tidak percaya pada diri aku sendiri. Aku takut.. Aku takut tidak bisa membahagiakan Mas Kean dan keluarga Mas kean."

"Aku akan bantu kamu untuk menghadapi rasa takut itu..aku bakalan nunggu kamu untuk siap, Yas.." Keanu memberitahu Mikha.

Mikha menggeleng. " enggak..aku nggka mau Mas Kean nunggu aku. Aku tidak pernah tahu kapan aku siap. Dan aku nggak mau Mas Kean terus menunggu aku. Tolong bahagiakan keluarga Mas kean, dan aku juga mau Mas Kean bahagia."

Keanu tidak bisa menahan untuk memeluk Mikha. Dia memeluk Mikha. Lalu Mikha menangis.

"Maafin aku, Mas kean..tapi ini waktunya Mas Kean untuk melepaskan aku. Dan aku juga akan melepaskan Mas kean. "


Keanu kembali ke bandara pada sore hari. Dia akan pulang ke Jakarta malam ini. Hatinya sakit. Benar-benar merasa sakit dan kosong. Dia putus dengan Mikha. Dia melepaskan Mikha. Keanu tahu itu jalan yang terbaik untuk mereka berdua.

Perfect Time To Love YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang