Tahun ini Hari Raya Idul Adha terasa berbeda bukan? mau hari ini apa besok tinggal pilih aja. Perbedaan ngga jadi masalah, toh perbedaan udah ada, entah sejak kapan.Berhubung besok bakalan sholat eid di lapangan deket komplek makanya si Neng Aiyu sibuk prepare buat besok. Tengok nyok gimana serunya keluarga Lee menyambut Idul Adha.
"Nyaaaakkk.. mukena aku buat besok mana ya?". Neng Aiyu mupeng nyariin mukena ngga ketemu juga.
“...nyaaaaakkk.. baju koko Jihoon uda disetrika belom?". Giliran adenya yang treak. Ini kaka ade sama aja.
"Auah.. nyak puyeng ngeliat elu bedua muter kyak gasing gaje gitu, gua ini nyak elu, ibu elu yang ngelahirin elu pade, elu kira pembokat ape? asdfghjk.. ". Ngomyang gaje sendiri. Padahal yang diceramahin ngga tau pade melesat kemana.
"Woy.. ah elah kaga ada sopan-sopannya tu bocah bedua". Sambil kipas-kipas pake kipas sate(?). Tarik napas sambil ngelus dada ama benerin rollan rambut (bayangin juga pake daster kegedean).
“Aigoo.. bisa jantungan gue lama-lama”.
Ngga beda jauh tetangga sebelah kanan mereka, Ncang Hoseok ama ponakan gantengnya(?) Jungkook. Ceritanya Jungkook sekolah ditempat ncangnya yang merantau ke Jakarta, mereka asli Solo. Karena cuman Idul Adha jadi ngga mudik.
"Ncaaaanngg.. baju koko Kookie ada dimana sih?". Ngobrak-abrik tumpukan baju di kasur.
'...' . Kaga ada respon soalnya ncangnya lagi asik nonton Mozaik Islam di Trans tipi, karna saking terseponanya ama Zaskia Mecca.
"Ya Allah.. ncang.. tau baju koko Kookie ngga si.. aaaaarrrggghh..". Agak naikin tensi (?) dikit.
Ncangnya yang ngrasa keganggu langsung ngalihin perhatian bentaran buat ponakan gantengnya itu.
"Apa si.. tong, baju koko elu masi dijemuran noh", jawab ncangnya enteng.
"Kenapa kaga bilang dari tadi ncang?, aduh.. jadi berantakan ini aku acak-acak". Kesel ama ncangnya yang masa bodo, die langsung ngacir ke balkon ngambil jemuran.
Nyampe balkon yang kaga luas itu..
"Woaaahhh.. bulannya cakep banget deh". Ngeliatin bulan yang ada diatas sambil ngambilin jemuran.
"Eh.. tuh ember bekas cucian aernya kaga dibuang, kebiasaan nih ncang". Titiba liat ember yang dibawah tiang jemuran. Tangan kirinya megangin baju, nunduk dikit, tangan kanan ngambil gagang ember trus dibuang tuh aer bekas cucian ke bawah gang samping rumah.
'BYUUURRRRRR...’.
"YAAAKKKKK.. sape tuh yang nyiram gue?". Seseorang yang dibawah teriak. Jungkook pun nengok sumber suara, 'gelap..?'. Die lupa nyalain lampu samping gang, lalu dinyalainlah tuh lampu.
"Wooaahhh.. elu Cim..? mian.. gua kaga sengaja, beneran, sompret deh..". Cengar-cengir sambil ngode pake tangan 'PISS' ✌ dan langsung ngacir masuk rumah.
Iya.. itu yang kena apes siraman aer bekas cucian ternyata si Cim-cim, tetangga samping rumahnya yang kebetulan lewat. Biasa die anak soleh, baru pulang dari mushola.
"Jungkook.. awas lu ye, maen kabur aje.. sabar.. sabar.. ntar cepet tua lu cim, huuuh.. ". Sembari mengelus dada.
"Ngapa lu ngos-ngosan gitu?". Ncang Hoseok yang sedari tadi di depan tipi heran ngelihat ponakannya yang nongol gitu aja sambil ngos-ngosan megangin lutut.
"Ngga ape-ape cang". Masih ngatur napas sambil jalan masa bodo ama ncangnya yang sekarang uda nonton hitam putih Trans7.
"Eh.. ntu sarung gue sekalian setrikain ye, tong.. besok mau gue pake". Si ncang gintrupsi.