Di bawah ini disenaraikan beberapa dewa minor dalam mitologi Yunani. Para dewa minor dikelompokkan kepada empat kategori, iaitu langit, bumi, air, dan personifikasi.
Dewa langit
Dewa langit merupakan dewa-dewi yang berkuasa ke atas objek angkasa dan cuaca misalnya cahaya, matahari, bulan, dan angin. Terdapat banyak dewa matahari dan dewi bulan dalam mitologi Yunani antaranya Hyperion, Helios, Apollo dan Protogonos yang disebut sebagai dewa matahari manakala dewi-dewi bulan ialah Phoebe, Artemis, Selene, Hecate dan Nemesis.
▫ Helios
▫ Selene
▫ Eos
▫ Aeolos
▫ AstraeusDewa air
Dewa air meliputi dewa yang berkuasa ke atas lautan, sungai, dan danau.
▫ Proteus
▫ Triton
▫ Doris
▫ Amphitrite
▫ Thetis
▫ Dione
▫ Pontus
▫ Nereus
▫ Phorcys
▫ Oceanus
▫ Tethys
▫ StyxDewa bumi
Dewa-dewi bumi berkuasa ke atas tanah, kesuburan, dan pertanian.
▫ Demeter
▫ Persephone
▫ Hecate
▫ Dionysus
▫ Zagreus
▫ Pan
▫ Silenus
▫ Aristaeus
▫ Potnia TheronDewa Personifikasi
Dewa-dewi yang disenarikan di bawah ini memiliki beragam peranan. Terdapat beberapa dewa berkait dengan kecerdasan dan emosi manusia, takdir, kecantikan, masa muda, dan sebagainya. Ada juga yang merupakan dewa-dewi perubatan dan sihir. Ada pula dewa-dewi yang berkait dengan kebudayaan dan masyarakat, misalnya seni, ilmu, tatatertib, dan hukuman. Kebanyakan dewa-dewi ini tidak lebih dari personifikasi abstrak.
▫Metis
▫Hebe
▫Eileithyia
▫Iris
▫Eris
▫Muses
▫Charites
▫ Nemesis
▫ Horai
▫ Moirai
▫ Erinyes
▫ Thanatos
▫ Hypnos
▫ Morpheus
▫ Tyche
▫ Kirke
▫ Despoina
▫ Enyo
▫ Ate
▫ Deimos
▫ Phobos
▫ Ananke
KAMU SEDANG MEMBACA
Mitologi Yunani
Historical FictionSekumpulan mitos dan legenda yang berasal dari Yunani Kuno dan berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia, dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus orang Yunani Kuno.