▽Daimon
▫ Graiai
Para Graiai adalah tiga orang perempuan tua yang saling berbagi satu mata dan satu gigi. Mereka merupakan anak dari dewa laut Forkis dan Keto. Mereka memiliki rambut abu-abu dan memiliki usia yang sangat panjang. Ketiga Graiai adalah Denio, Enyo, dan Pemfredo. Mereka tinggal di sebuah gua di Libya.
Para Graiai pernah didatangi oleh Perseus yang ingin mengetahui tempat memperoleh senjata untuk membunuh Medusa, dan juga lokasi sarang Medusa. Perseus mengambil mata para Graiai supaya para Graiai mau memberitahunya. Setelah mendapat jawaban dari para Graiai, Perseus mengembalikan mata mereka.
▫ Ker
Ker adalah dewi kematian. Para Ker membawa kematian yang kejam, termasuk kematian dalam pertempuran, kecelakaan, pembunuhan atau penyakit. Para Ker berwujud sebagai makhluk gelap dengan cakar dan taring, serta haus darah. Para Ker adalah utusan dari para Moirai (dewi takdir), yang menentukan usia manusia, serta Moros, dewa kehancuran yang menggiring manusia menuju kematiannya.
Para Ker adalah makhluk yang haus darah dan secara kejam merobek jiwa dari tubuh yang sekarat lalu mengirimnya ke dunia bawah. Ribuan Ker berterbangan di atas area pertempuran, dan jika ada manusia yang mati, maka para Ker akan saling berebut seperti burung pemakan bangkai. Para Ker sebenarnya tidak berkuasa atas hidup dan mati manusia namun sifat haus darah mereka menjadikan para Ker berusaha membuat orang-orang mati. Zeus dan dewa-dewa lainnya bisa menghentikan atau mempercepat para Ker. Para dewa Olimpus sering berdiri di dekat pasukan yang mereka dukung untuk mencegah datangnya para Ker pada pasukan mereka. Para Ker juga menghantui daerah yang terkena wabah untuk mencari orang yang mati lalu mengambil jiwanya.
▫ Lamia
Lamia adalah putri dari Poseidon dan merupakan seorang ratu yang cantik di Libya. Zeus jatuh cinta padanya dan sering menidurinya. Hera marah dan menghukum lamia. Setiap Lamia melahirkan, maka Hera akan langsung membunuh bayi itu. Akibat bayi-bayinya terus-menerus mati, Lamia lama-lama menjadi gila. Lamia menjadi iri pada perempuan yang memiliki anak. Pada malam hari, Lamia menangkap anak orang lain lalu memakannya.
Seiring waktu, Lamia pun menjadi monster secara keseluruhan. Dia memiliki kemampuan untuk mencopot matanya ketika hendak tidur. Lamia merupakan vampir versi Yunani yang senang berburu anak kecil. Para orang tua biasanya menakut-nakuti anak mereka dengan cerita Lamia supaya sang anak patuh.
▫ Empusa
Empusa adalah setan wanita. Empusa merupakan anak dan pengikut Hekate, dewi sihir. Setap Empusa memiliki satu kaki keledai dan kaki lainnya terbuat dari perunggu, sedangkan rambutnya adalah api. Empusa tinggal di dunia bawah.
Empusa biasanya menyamar sebagai perempuan cantik untuk memikat lelaki. Jika sudah ada lelaki yang masuk perangkapnya, maka Empusa akan menghisap darah lelaki itu sampai mati. Empusa juga meminum darah para pria yang sedang tidur. Empusa bisa diusir dengan kata-kata hinaan dan makian. Jika sudah dimaki, maka Empusa akan langsung kabur sambil mengeluarkan suara melengking.
▽Hewan luar biasa
Hewan jinak
▫ Domba Emas
Domba emas adalah anak dari Poseidon dan Theofane dari Trakia.
Karena kecantikan Theofane, banyak lelaki yang meminatinya, termasuk sang dewa laut Poseidon. Poseidon membawanya ke pulau Krumissa namun para peminatnya juga mengikutinya. Poseidon mencoba menyembuyikannya dengan mengubahnya menjadi domba betina dan mengubah para penduduk pulau menjadi domba. Tetapi para pelamar malah mulai memakan domba-domba di sana sampai akhirnya para dewa mengubah para pelamar itu menjadi serigala.
KAMU SEDANG MEMBACA
Mitologi Yunani
Historical FictionSekumpulan mitos dan legenda yang berasal dari Yunani Kuno dan berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia, dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus orang Yunani Kuno.