13 Makluk Mitologi

8.7K 242 34
                                    

Ada banyak mitos di dunia, termasuk keberadaan makhluk mitologi dibelahan dunia lain. Konon, makhluk mitologi ini diceritakan secara turun temurun oleh para leluhur yang sampai kini masih dipercaya oleh generasi pewarisnya.
Berbagai perilaku pemujaan, tradisi aneh sampai ritual menyeramkan masih banyak dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat yang masih mengagungkan kekuatan para makhluk mitologi tersebut. Seperti 13 makluk mitologi cantik tapi sadis dan mematikan di dunia ini, dengan menggunakan paras wajahnya yang menarik, mereka akan memikat para manusia untuk dijadikan tumbal.

1. Alkonost

Alkonost merupakan makhluk yang ada dalam mitologi Slavia. Makhluk ini digambarkan sebagai burung yang kepala dan wajahnya manusia. Alkonost awalnya merupakan seorang dewi yaitu Dewi Alcyone yang dirubah menjadi burung. Alkonost bertelur di pantai yang kemudian telurnya hanyut ke laut.
Saat telur Alkonost menetas, badai akan datang. Konon, alkonost ini punya paras cantik yang memikat dan suaranya indah. Saat Alkonost menyanyi, orang-orang yang mendengarnya jadi terbuai dengan suaranya sampai lupa pada dunia.

2. Siren

Siren atau Seirenes adalah makhluk mitologi paling cantik menurut kisah legendaYunani. Menurut kabar burung yang beredar, entah burung siapa. Awalnya siren adalah para pelayan Persphone. Namun, ketika Persephone hilang karena diculik Hades, para pelayan tersebut diberi sayap oleh Demeter untuk mencari Persephone meskipun mereka kemudian menyerah.
Awalnya siren digambarkan sebagai wanita setengah burung. Tapi, dalam perkembangannya siren digambarkan dalam mitologi Yunani sebagai wanita cantik dengan tubuh setengah ikDunia
Nah, konon, siren ini tinggal di lautan dan bukan dipemancingan, tepatnya di tempat-tempat yang dikelilingi tebing dan juga batu karang.
Siren dipercaya punya suara yang amat bagus yang digunakannya untuk memikat para pelaut. Pelaut yang mendengar suara nyanyian siren konon menjadi terbuai sampai-sampai kapalnya menabrak karang lalu karam.

3. Succubus

Legenda makhluk mitologi Succubus terdapat dalam cerita abad pertengahan dari barat. Succubus ini digambarkan sebagai setan yang berwujud wanita berparas wajah cantik.
Succubus mendapatkan kekuatan untuk bertahan hidup dengan menghisap energi manusia yang terbuai oleh kecantikannya. Tentunya yang menjadi korbannya rata-rata pria.

4. Medusa

Medusa adalah salah satu "makhluk mitologi cantik" dalam legenda Yunani saudara dari Phorcys dan Ceto. Awalnya, Medusa adalah seorang pendeta cantik yang berasal dari Kuil Athena, ia selalu menjaga kesuciannya sebab itu ia sendiri seumur hidup dan gak mau mengenal laki-laki.
Tapi karena kecantikannya itu juga membawa malapetaka, Poseidon si Dewa penguasa laut jadi terpesona.
Anehnya, sudah jatuh tertimpa tangga pula, mengetahui Medusa sudah tidak suci akibat Poseidon, Dewi Athena marah besar lalu mengutuk medusa jadi wanita berambut ular yang pandangannya bisa membuat manusia jadi batu.

5. Ekhidna (Echidna) Ibu dari semua monster mitologi

Echidna adalah makhluk dari mitologi Yunani. Echidna digambarkan sebagai wanita cantik yang bagian tubuh bawahnya ular mirip seperti Medusa tapi dia mah gendut bangeet. Konon, Echidna bersarang di gua yang namanya Arima. Echidna ini punya paras yang cantik dan selalu awet muda, gak pernah mengalami keriput meskipun dia tambun.
Echidna bersama dengan pasangannya Tiphoeus, melahirkan banyak monster seram yang ada dalam mitologi Yunani seperti Cerberus, Hydra, Ladon, Sphinx, Orthrus, dan Scilla.
Dalam cerita mitologi Yunani, Echidna dan Tiphoeus diceritakan menyerang dewa-dewa Olimpus, namun dikalahkan oleh Dewa Zeus sang Raja Langit.
Tiphoeus akhirnya dikurung di bawah Gunung Etna namun Echidna dan anaknya diberikan pengampunan dan dibiarkan bebas hidup di dunia sebagai tantangan untuk para pahlawan. Akhir kehidupan Echinda dikabarkan ia mati terbunuh saat bertarung dengan Argus Panoptes, sang raksasa bermata seratus.

Mitologi YunaniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang