Dewa Hephaestus

3.7K 189 5
                                    

Hephaestus (bahasa yunani: Ἥφαιστος, hēphaistos) dalam mitologi yunani merupakan dewa teknologi, pandai besi, pengrajin, pengukir, metal, metalurgi, api, dan gunung berapi. dalam mitologi Romawi ia diketahui sebagai Vulkanus. Hephaestus merupakan anak dari Zeus dan Hera. Ia merupakan dewa yang pincang. Ia beperan sebagai pandai besi untuk para dewa dan kerap menciptakan beragam alat dan senjata yang sangat berarti untuk para dewa. Hephaestus disembah di segala inti pabrik dan manufaktur di Yunani terutama di kota Athena. Bengkel dan inti pemujannya terdapat di Pulau Lemnos. Simbolnya yaitu martil, bantalan besi, dan penjepit. Ia pula kadang-kadang digambarkan tengah menggenggam kapak. Terdapat kuil Hephaestus yang berada di dekat Agora di kota Athena.

Hephaestus lahir dari ikatan Zeus dengan Hera. Dalam riwayat lainnya, Hera melahirkan Hephaestus seorang diri tanpa suami, Hera melakukannya karna Zeus pula melahirkan Athena seorang diri. Tapi pada lukisan-lukisan pot di Attika, Hephaestus digambarkan sudah ada sebelum kelahiran Athena. Hephaestus dilukiskan memegang kapak untuk memotong kepala Zeus dan melepaskan Athena. Hephaestus diceritakan dalam mitologi Yunani sebagai dewa yang pincang dan langkahnya terpenggal-penggal.

Hephaestus pincang dari lahir ataupun karna jatuh dari Olimpus. Hephaestus bergerak dengan mengenakan tongkat. Palaimonius, anak Hephaestus yang adalah seseorang pandai perunggu, juga pincang. Anak-anak Hephaestus yang lainnya, para Kabeiroi di pulau Samothrake, juga pincang. Tidak cuma itu, persamaan Hephaestus dalam mitologi Romawi, Vulkan, juga seseorang dewa yang pincang. Dalam sebagian sejarah, Hephaestus menciptakan satu buah kursi roda ataupun kereta perang demi membantunya bergerak.

Hephaestus banyak menciptakan barang-barang luar biasa buat para dewa bahkan beberapa besar barang berkemampuan khusus dalam mitologi Yunani diceritakan diciptakan oleh Hephaestus, di antaranya ialah helm dan sepatu bersayap Hermes, perisai Aegis, korset Aphrodite, tongkat Agamemnon, pakaian perang Achilles, bel perunggu Heracles, kereta perang Helios, pundak Pelops, busur dan anak panah Eros, Pandora dan kotaknya, dan Talos. Hephaestus bertugas dengan dibantu oleh para Cyclops di bengkelnya. Dirinya pula menciptakan perlengkapan mekanis demi membantu pekerjaannya, salah satunya ialah mesin kaki tiga yang dapat bergerak dari bengkelnya ke Olimpus. Hephaestus memberi muridnya, Kedalion, untuk membimbing Orion yang buta. Hephaestus pula ialah dewa yang menciptakan singgasana buat segala dewa di istana Olimpus.

Karna dia terlahir pincang, Hephaestus dilempar oleh Hera dari Olimpus. Dalam cerita lain Hephaestus jadi pincang karna jatuh dari Olimpus. Ataupun, dirinya dilempar oleh Zeus karna mendukung Hera yang tengah dihukum oleh Zeus. Hephaestus terguling di laut dan dirawat oleh Thetis dan seseorang Okeanid, Eurinome di gua dasar laut. Dalam cerita lainnya, Hephaestus terlempar selama satu hari penuh dan terguling di pulau Lemnos. Dirinya kemudian dirawat oleh kaum Sinties, masyarakat asli pulau Lemnos. Dalam segala sejarah, dirinya selamanya jadi pincang.

Mitologi YunaniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang