Setelah kejadian beberapa hari yang lalu. Yaitu,gue jatuh nyium trotoar karena Michael. Kaki gue keseleo hari ini. Otomatis,hari ini gua gak sholat idul fitri. Dan otomatis lagi gue sendirian di rumah,ketika semua keluarga gue ke masjid. Kayak sekarang,gue gak tau harus ngapain,palingan manasin opor ayam dan semacamnya.
Gue cuman takut tiba-tiba ada yang ngetok pintu kayak difilm horror gitu.Dan lebih ngeri lagi ketika air di dalam galon tiba-tiba menggelembung,padahal gue gak ngambil minum. Itu tuh serem banget.
"AMPOOOONNN GUE BOSENNN YATUHANNN"teriak gue.
Tok.. Tok..
Gue hening.
Tok.. Tok..
Gue was-was. Apa jangan-jangan yang ngetok itu maling?gue sering lihat berita,kian hari kian banyak maling di jakarta. Tapi mana mungkin maling ngetok pintu?itu maling terlalu sopan.
Gue pun menggeleng. Dengan kaki yang masih pincang,gue mendekati pintu ruang tamu. Jarak semakin menipis,jantung mulai berdetak lebih cepat,tangan mulai bergetar.
Apakah ini cinta?
Gue juga tidak tahu.
Yang jelas,gue mulai membuka pintu ruang tamu dengan keringat yang bercucuran.
Eh, bentar?
Kok ada yang anget-anget di kaki gue?
Lah?kok cair?
Ya ampun,warnanya kuning.
Gue pipis!
"Dek"bilang seseorang.
Gue pun mendongak,menatap orang yang manggil gue.
"Mamih!?"
Mamih gue hanya melihat anaknya yang sudah berumur 15 tahun ngompol di depan pintu rumah. Malu. Mungkin itu yang mamih rasakan. Mamih hanya melengos melewatiku,setelah itu menghampiriku lagi dengan membawa pel.
"Kamu ganti baju,bersihin dirikamu. Habis itu pel semua ini. Setelah itu,ikut mamih namu temen-temen mamih. GECE!"teriak mamih di akhir.
Sebelum pergi,gue memberi cengiran dan dijawab dengan tatapan tajam mamih.
***
"Kamu tuh ya,udah besar,SMA,OSIS,kok sikapnya kayak anak paud sih?malu mamih tau gak?kamu dibilangin selalu aja ngeyel. Dengerin kalo mamih ngomong"
"Ini udah di dengerin kok mih"bilang gue tanpa dosa.
"Mamih lagi ngomong!gak usah di potong-potong. Gak punya sopan santun! Masa mamih harus ajarin kamu kayak mana ngomong makasih,maaf dan lain-lain"
"Zia udah ngerti begituan. Yang Zia gak ngerti itu soal fisika Pak Dani"jelas gue sambil mengingat ulangan fisika minggu lalu dapet 40.
"Masih aja ngelawan. Sama kayak kejadian yang mamih bilang kalo telur asin itu warna coklat. Kamu bilang warna biru kehijauan. Kamu itu selalu ngeyel dikasih tau,dengerin sekali kali orang tua ngomong. Ngerti enggak?"
Lah bukannya telur asin itu warnanya biru kehijauan?
kok gue yang bener malah gue yang disalahin sih?
Gak adil nih si mamih.
"Ngerti kok mi,tapi mih—"
"Apa?"potong mami dengan tatapan tajam kayak mata elang.
Gue masih gak nyangka kenapa papih mau sama mamih yang galaknya se antero galaksi bima sakti?gue bingung dari zaman batu sampai sekarang. Karena gue gak mau bingung lebih lama. Gue membuka ponsel. Dan eggak ada yang ngechat. Sementara gue melihat mamih fokus nyetir mobil.
"Tupperware Zia udah di cuci?kemarin kan di pakai buat bekal"kata mamih yang membuka percakapan. Ini bukan buka percakapan,malahan membuka mulut buaya supaya magsanya cepet-cepet di makan. Asal kalian tahu,gue gak suka obrolan mengenai tupperware. Karena apa?pasti dimarahin kalo ketinggalan. Dan tupperware gue ketinggalan di kolong meja,untuk gak di kolong jembatan.
"Kenapa mih?tupperware?itu baju ya?"tanya gue yang dijawab mamih dengan tatapan tajam mamih.oke fix,ini nakutin.
"bejanda mih,heheh"bilang gue.
"Trus tupperware kamu?"tanya mamih masih dengan wajah datar.
"ketinggalan mih"
"Zia!kebiasaan banget sih kamuu itu!tupperware selalu ketinggalan. Capek mamih ngasih tau,kamu gak mau dengerin"bilang mamih garang.
Kali ini,gue dengerin ceramah pagi mamih dengan kidmat. Padahal enggak.
"Itu tupperware berharga. Kamu malah tinggalin,nanti di ambil orang kayak mana?"
Yaelah.
Kayaknya lebih sayang tupperware deh dari pada Zia.
Akutuh gakbisa di gini in mih.
"Maaf mih"
"Jangan tinggalin lagi!ini untuk terakhir kalinya"bilang mamih.
"iya mih"bilang gue mengangguk patuh. Walupun gue tau bakal tetep ngelakuin hal yang sama.
"gitu dong! Yang nurut"
Gue pun lega. Ternyata sebegini besar kekuatan mengangguk dan kata 'iya'. Harusnya gue gini dari dulu. Biar kuping gue masih sehat. Sekarang mah kuping gue kayak udah gak sehat gara-gara mamih sering marah gitu.
Pelajaran yang bisa diambil dari cerita Zia kali ini adalah jangan buat emak marah dengan menentang penjelasannya. Walapun kenyataanya salah,dan lo yang benar. Pokoknya dengerin aja,ngangguk aja kalaupun lo gak ngerti apa yang emak lu bilang,bilang 'iya' kalo emak lu minta jawaban. 98% ini ampuh banget.
a.n
kayak mana dengan bab yang ini?
KAMU SEDANG MEMBACA
Jambu Aer ● Calum Hood
Fanfic[SUDAH TAMAT] Hidung lo besar banget,kayak jambu aer depan rumah gue. Copyright,Jambu Aer,2017