Happy Reading!!
Kupikir aku kuat berdiri tegak
Ternyata tidak
Aku hanya bersandar pada sebuah dinding kapal
Yang sewaktu-waktu biasa berlayar pergi
Meninggalkanku di dermaga sepi#Flashback 24 tahun yang lalu.
Kardiomiopati adalah kelainan fungsi otot jantung yang bukan diakibatkan oleh penyakit arteri koroner, kelainan jantung bawaan (congenital), hipertensi atau penyakit katup. Kardiomiopati ditandai dengan hilangnya kemampuan jantung untuk memompa darah dan berdenyut secara normal. Individu dengan kardiomiopati seringkali berisiko mengalami bentuk berbahaya dari detak jantung ireguler (aritmia) dan kematian jantung mendadak.
Kondisi penyakit semacam ini cenderung mulai dengan gejala ringan, selanjutnya memburuk dengan cepat. Pada keadaan ini terjadi kerusakan atau gangguan miokardium, sehingga jantung tidak mampu berkontraksi secara normal. Sebagai kompensasi, otot jantung menebal atau hipertrofi dan rongga jantung membesar. Pelemahan otot jantung juga dapat mengarah ke kelainan katup jantung.
Bersama dengan proses pembesaran ini, jaringan ikat berproliferasi dan menginfiltrasi otot jantung. Miosit jantung (kardiomiosit) mengalami kerusakan dan kematian, akibatnya dapat terjadi gagal jantung, aritmia dan kematian mendadak.
Dan yang dialami anak anda adalah Kardiomiopati dilatasi yaitu suatu kondisi dimana jantung membesar dan tidak dapat memompa darah secara efisien. Fungsi jantung yang menurun ini dapat mempengaruhi paru, hati (liver), dan sistem tubuh lainnya.
Kardiomiopati dilatasi juga penyebab paling umum ketiga dari gagal jantung dan alasan paling sering untuk transplantasi jantung.
Itulah yang di dengar oleh Liza yang masih kecil, usianya bahkan masih 4 tahun dan ia masih tidak bisa mencerna apa yang dokter katakan. Ia masih seperti anak kecil lainnya yang masih suka bermain, makan coklat, cengeng dan manja.
Tapi semua itu direnggut. Ia harus berkutat dengan obat, rumah sakit, kemoterapi, juga operasi. Hingga rasanya muak sekali, untuk mencium bau obat pun ia sangat benci.
2 tahun berlalu hingga seorang gadis seusiaku datang menawarkan sebuah jantung seperti malaikat. Kedua orang tuanya sangat bahagia mendengar berita itu. Waktu itu Liza kecil juga ikut sangat senang, karena ia bisa bebas dari belenggu yang mengikatnya saat itu. Tapi dilain pihak ia juga seperti orang jahat yang merampas hidup seseorang. Namun operasi transplantasi jantung tersebut tetap dilaksanakan.
Hingga berita buruk menimpanya. Pendonor jantung tersebut meninggal, sebelum operasi itu dilaksanakan. Liza sangat sedih mendengar hal tersebut, namun ia akan lebih sedih saat melihat wajah kedua orang tuanya mendengar berita tersebut. Ia tidak bisa membayangkan hal tersebut.
Ide gila muncul diotaknya, setelah berdiskusi dengan Dokter. Akhirnya ia memutuskan untuk berbohong kepada kedua orang tuanya, ia menutupi kejadian tersebut. Yang diketahui orang tuanya kini jantung anaknya telah digantikan oleh jantung baru yang lebih kuat dan juga sehat. Ia berhasil menutupi semua itu dan ia mampu bertahan hingga sekarang. Walaupun ia harus berkali-kali datang dan pergi kerumah sakit. Setidaknya ia masih bisa hidup, bernafas, dan bertahan hingga kini.
#flashback off
********
Liza Pov.
Aku bangun dengan keringat yang mengasahi dahiku, lagi-lagi mimpi itu datang. Mimpi dimasa laluku. Mimpi dimana aku harus menanggung beban sendiri, dan bertahan disaat semua orang berlomba-lomba ingin menghancurkan hidupku. Bodohlah aku terus bertahan? Salahkan aku? Adakah sesuatu, seseorang, sebuah atau apapun itu yang mampu menjadikan dirinya untuk menjadi alasanku tetap bertahan hidup? Jika tidak, apakah ini waktunya aku menyerah?
KAMU SEDANG MEMBACA
Indirection
Romance(Akan Direvisi setelah ceritanya selesai ) By: Aliza Valenzuela Kenapa kehidupan selalu mempermainkan diriku.. Awalnya pertunangan yang harus kubatalkan demi orang lain, lalu penikahan yang kugagalkan dan membiarkan calon suamiku pada orang lain...