Suatu ketika ada orang bertanya kepadanya, apakah hatinya membisikkan sesuatu ketika dalam shalat ataukah tidak.
"Ya aku diingatkan bahwa aku kini berdiri berhadapan dengan Allah swt, dan aku kelak bakal menuju akhirat."Mereka bertanya lagi, apakah terlintas dalam hatinya urusan dunia. Kali ini ia menjawab tegas,
"Seandainya tubuhku dicabik-cabik sejumlah tombak, itu lebih aku sukai daripada mengalami seperti yang kalian rasakan."..Bagi kita untuk sampai pada tingkatan konsentrasi penuh saja sudah memerlukan prakondisi sedemikian rupa, apalagi sampai khusyu'.
Untuk itu kita harus menjaga tempat-tempat shalat dari berbagai gangguan. Tak mungkin kita bisa khusyu' dalam shalat ketika di dalam rumah, sementara radio atau televisi sedang dalam posisi hidup.
Sulit kita bisa khusyu' bila situasi sedang gaduh..Itulah sebabnya Nabi membantu kita dengan cara membuatkan seperangkat aturan adab dan tata tertib selama di masjid..
Pertama, hendaknya jangan membuat gaduh. Jika terlambat tak usah lari, jika sudah berada di masjid tak boleh bicara. Bahkan jika ada yang shalat sebaiknya yang membaca al-Qur'an tidak mengeraskan suaranya. Lebih baik dibatin saja..
Kedua, soal pakaian juga ada ketentuannya, jangan berpakaian menyolok, baik warnanya, motifnya, gambar dan tulisannya. demikian juga bau pakaian dan bau badan, sebaiknya pakai harum-haruman. Minimal tidak membawa bau tak sedap ke dalam masjid. Yang demikian itu juga berlaku untuk bau mulut. Itulah sebabnya pelru dihindari makanan yang menimbulkan bau tak sedap. Dianjurkan memakai siwak atau gosok gigi sebelum berangkat ke masjid..
Ketiga, jangan membicarakan urusan dunia di masjid. Jangan mencari barang yang hilang di masjid. Jangan pula bicara bisnis di sini. Hal ini akan menjadikan kita tetap dalam keadaan mabuk dunia, lalai terhadap akhirat.
Dalam kaitan ini salah seorang ulama berkata, "Shalat adalah bagian dari akhirat. Jika aku sudah di dalamnya berarti aku keluar dari dunia."..Wallahu a’lam
KAMU SEDANG MEMBACA
Quotes (Religi)
PoetryIsi dari berbagai sumber. Hanya bertujuan untuk saling berbagi. Semoga bermanfaat.